in: Storage Devices | January 19, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: Seagate BarraCuda Pro 14 TB

Seperti kita ketahui bersama, perkembangan storage di pasaran saat ini tengah diramaikan oleh para produsen SSD (Solid State Drive). SSD yang hadir di pasaran saat ini bisa dikatakan cukup beragam, mulai dari performa, form factor serta pilihan kapasitas yang kini telah mencapai 2 TB untuk segmen SSD consumer. Kendati demikian, persaingan HDD (Hard Disk Drive) tak luput dari perhatian bagi para produsen storage. Beberapa produsen HDD ternama pun berlomba-lomba menawarkan solusi media penyimpanannya yang memiliki kapasitas semakin lapang, dan salah satunya adalah Seagate. Produsen storage yang satu ini bisa dibilang cukup aktif dalam menawarkan beragam solusi HDD berkapasitas lapang, mulai dari 10 TB dan 12 TB. Namun kini, Seagate kembali menawarkan HDD terbaru dari salah satu seri andalannya dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Adalah BarraCuda Pro yang ditawarkan oleh Seagate dari salah satu seri andalannya. HDD terbaru dari Seagate ini datang dengan menawarkan kapasitas sangat lapang, yaitu 14 TB. Dengan kapasitas tersebut, sang produsen mengklaim bahwa Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini lebih ditujukan untuk para profesional yang memiliki sistem PC Desktop berperforma tinggi, seperti PC Gaming. Seagate juga menyatakan kalau BarraCuda Pro 14 TB ini juga cocok untuk pengguna yang berkecimpung di industri kreatif yang membutuhkan kapasitas masif, misalnya video 4K, foto dalam format RAW dan lain sebagainya. Ingin tahu lebih lengkap tentang HDD Seagate yang satu ini? Berikut pembahasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Stiker Hologram MFI (Made For Indonesia)

Seagate BarraCuda Pro 14 TB yang datang ke meja pengujian kami hadir dalam paket yang sangat sederhana. HDD ini miliki masa garansi selama 5 tahun. Akan tetapi, Seagate menawarkan paket perlindungan optimal berupa “Rescue Data Revovery Services” selama 2 tahun apabila HDD mengalami kerusakan mekanis, ketidaksengajaan atau bencana alam. Dan pastikan bahwa produk HDD Seagate memiliki stker hologram MFI (Made For Indonesia).

The Storage

Sebagai perangkat penyimpanan yang ditujukan untuk PC Desktop, Seagate BarraCuda Pro memiliki form factor 3.5 inch. Untuk Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini merupakan kapasitas yang paling tinggi di kelasnya. Seagate merancang BarraCuda Pro 14 TB ini menggunakan 8 platter (piringan) tipe PMR yang terpasang secara rapat dan tertutup serta mengusung teknologi Helium. Oleh karenanya, Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini pun diklaim menawarkan performa yang cukup tinggi.

Dengan memiliki kecepatan rotasi 7200 RPM, Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini diklaim menawarkan kecepatan transfer mencapai 250 MB/s. Kecepatan performa tersebut juga dengan memanfaatkan interface SATA III 6 Gbps yang diusungnya. Seagate juga melengkapi BarraCuda Pro 14 TB ini dengan DRAM Cache sebesar 256 MB. Konsumsi daya yang dibutuhkan Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini pada mode operasi hanya membutuhkan daya 6.9 W saja. Pada waktu idle hanya memakan daya 4.9 W. Mau tahu seperti apa hasil performa yang kami uji pada Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini? Simak hasil pengujiannya lebih lanjut pada halaman berikut.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Motherboard Z270
  • RAM DDR4 16GB (4x 4GB)
  • SSD NVMe
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU 550 watt
  • Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES