in: Storage Devices | January 19, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: Seagate BarraCuda Pro 14 TB

Pengujian

HD Tune

Pada hasil pengujian pertama yang kami tampilkan adalah HD Tune. Melalui software pengujian ini kami mendapatkan hasil pengujian yang sangat baik. Bahkan bisa dikatakan bahwa Seagate BarraCuda Pro 14 TB menawarkan performa sesuai dengan janjianya.

CrystalDisk Mark

Begitu pula pada hasil pengujian CrystalDisk Mark, baik pada performa Read dan Write, Seagate BarraCuda Pro 14 TB masing-masing menyajikan kecepatan performa up to 250 MB/s. Hasil pengujian tersebut juga sangat jauh dari HDD pembanding yang sama-sama memiliki kecepatan rotasi 7200 RPM.

Tes Transfer File 40GB

Pada pengujian tes real world, kami mencoba melakukan proses transfer dua file besar dan kecil yang masing-masing berkapasitas 40GB. Untuk file besar berisi satu file utuh dan file kecil berisikan ribuan file foto yang totalnya 40GB. Berdasarkan hasil pengujian pada tabel di atas, Seagate BarraCuda Pro 14 TB kembali membuktikan mampu menawarkan performa yang lebih baik dibanding HDD pembanding.

Kesimpulan

Sebagai salah satu produsen storage ternama dunia, harus kami akui bahwa Seagate mencoba menawarkan sebuah produk terbaik, khususnya di ranah industri HDD. Di tengah lebih maraknya persaingan SSD, Seagate meyakini bahwa tentu masih banyak pengguna PC yang mendambakan sebuah media penyimpanan internal dengan kapasitas yang sangat lapang. Oleh sebab itu, Seagate BarraCuda Pro 14 TB diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan komputasi masa kini. Apalagi bagi para pengguna yang memiliki banyak koleksi game favorit yang berkapasitas hingga puluhan GB, tentu akan sangat membutuhkan media penyimpanan yang lapang.

Jika dilihat dari hasil performa yang ditawarkan, Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini memiliki kombinasi antara kapasitas yang lapang serta kemampuan performa yang cukup baik. Bahkan lebih baik dibanding HDD lain yang sama dengan kecepatan rotas 7200 RPM. Selain itu, Seagate BarraCuda Pro 14 TB ini juga datang dengan ditawarkan jaminan garansi 5 tahun serta paket perlindungan optimal berupa “Rescue Data Revovery Services” selama 2 tahun apabila HDD mengalami kerusakan mekanis, ketidaksengajaan atau bencana alam. Mengenai harga, Seagate BarraCuda Pro 14 TB dapat Anda boyong dengan harga Rp 9.784.000.

Kelebihan

+ Performa cukup kencang

+ Kapasitas sangat besar

+ Tersedia dukungan perlindungan Rescue Data Recovery Services selama 2 tahun

Kekurangan

– Tidak tahan benturan dan guncangan

 

Data Teknis

Produsen Seagate
Info http://www.seagate.com
Harga Rp. 9.784.000
Distributor PT. Jayacom Alpha Electronics & PT. Synnex Metrodata Indonesia
Kompatibel Windows 7, 8, 10 dan Mac OS
Kapasitas 14 TB
Interface SATA III 6 Gbps
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES