in: News | January 24, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Perkenalkan Panel OLED UHD untuk Laptop

Raksasa elektronik dari Korea Selatan, yang juga dikenal sebagai produsen panel display, Samsung, beberapa waktu lalu mengumumkan produk panel display terbaru mereka untuk laptop. Satu hal yang menarik, panel tersebut merupakan panel OLED, yang merupakan salah satu spesialisasi Samsung, dan banyak digunakan di produk smartphone mereka. Panel baru ini disebut Samsung akan mulai diproduksi massal di bulan Febuari 2019 ini, dan akan hadir di laptop-laptop premium berbagai merek dalam tahun 2019 ini.

Pertama Tawarkan OLED UHD untuk Laptop

Samsung menyebut panel OLED baru ini sebagai yang pertama di dunia yang menawarkan resolusi UHD (4K) untuk laptop, dengan ukuran 15.6″. Hadirnya panel OLED UHD ini disebut Samsung akan menghadirkan pengalaman baru bagi pengguna laptop, karena tingkat tampilan yang akan ditawarkan belum bisa ditandingi oleh panel-panel lain yang ada. Sebelumnya, panel OLED lebih banyak digunakan di smartphone, dan di TV untuk era beberapa tahun lalu. Kini, Samsung juga membawanya ke dunia laptop, dengan menawarkan resolusi tinggi, UHD, yang memang makin banyak dicari saat ini, terutama di kelas premium.

Fitur Cocok untuk Laptop Premium

Panel baru dari Samsung ini memang didesain untuk laptop premium, sehingga oleh Samsung juga dibekali dengan fitur yang membuatnya cocok digunakan di kelas tersebut. Salah satu fitur itu adalah HDR (High Dynamic Range). Selain itu, seperti panel OLED pada umumnya, panel 15.6″ baru ini juga menawarkan contrast ratio tinggi serta wide-color gamut, disebut Samsung sesuai dengan standar DCI-P3.

Penggunaan panel baru Samsung ini di laptop juga disebut akan membuat pengguna dapat melihat tampilan di layar dengan lebih jelas, dibandingkan panel LCD di laptop yang ada selama ini. Hal itu memang bisa ditawarkan oleh panel OLED. Selain itu, panel OLED juga lebih tipis dari LCD, sehingga membantu produsen laptop menghasilkan laptop yang lebih tipis, cocok untuk segmen kelas premium.

Akan Diadopsi Beberapa Produsen Laptop Ternama

Beberapa produsen laptop ternama disebut Samsung sudah siap menggunakan panel OLED UHD 15.6″ ini untuk produk mereka. Sayangnya, Samsung tidak menyebutkan secara rinci produsen mana saja yang akan menawarkan laptop dengan panel ini di tahun 2019 ini. Samsung menyebutkan, bahwa dengan panel OLED UHD ini, laptop premium besutan produsen-produsen itu akan cocok untuk digunakan berbagai kalangan pengguna, mulai dari gamer, desainer, hingga pengguna kantoran pada umumnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES