in: News | January 25, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Siap Jadi Taksi Terbang, Boeing Uji Coba Pesawat Otonom

Para produsen otomotif hingga saat ini masih terus berupaya mengembangkan kendaraan otonom (tanpa supir) terbaiknya. Berbagai teknologi disematkan agar mobil dapat bergerak sendiri dan tahu bagaimana caranya bernavigasi dengan aman di sepanjang jalan. Seolah tak mau kalah dengan produsen otomotif dan lainnya, Boeing yang merupakan salah satu perusahaan raksasa pesawat komersil asal Amerika Serikat, ternyata sedang mengembangkan sebuah pesawat otonom. Bahkan pesawat otonom ini siap akan dijadikan sebagai taksi terbang.

Aurora Flight Science yang merupakan anak perusahaan Boeing yang mengembangkan pesawat otonom dari awal, belum lama ini dilaporkan telah menguji pesawat otonom hasil pengembangannya. Pesawat yang masih dalam bentuk prototype itu berhasil diterbangkan secara VTOL (Vertical Take Off and Landing) dan tidak mengalami kendala yang berarti.

Secara desain, pesawat otonom buatan Boeing ini sudah sangat memenuhi syarat akan kelayakan terbang dengan sayap melintang lebar. Saat di uji coba, pesawat ini mengandalkan total 6 baling-baling dengan masing-masing tiga baling-baling yang terpasang di sisi kanan dan kiri. Kemudian ada satu baling-baling utama yang terpasang di bagian ekor pesawat.

Meski baru hanya diuji terbang secara VTOL, hal ini dianggap sudah menjadi kemajuan. Setidaknya, Boeing telah berhasil menciptakan sebuah pesawat berpenumpang yang sepenuhnya dirancang secara otonom. Pengembangan pesawat otonom tentunya masih akan terus berlanjut. Kabarnya, Aurora mengklaim kalau pesawat otonom ini mampu melakukan perjalanan hingga 50 mil untuk satu kali pengisian daya. Jarak tersebut seharusnya sudah mampu untuk menjangkau banyak kota.

Pada 2017 lalu, Boeing bermitra dengan Uber dengan harapan kerjasama tersebut dapat menghadirkan kendaraan taksi udara perkotaan. Harapan mereka, taksi udara ini dapat mengudara pada tahun 2023 dan menjadi moda transportasi yang praktis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES