in: News | January 21, 2019 | by: Tim Jagat Review

Standar PCIe 5.0 Dikabarkan Telah Rampung

Bagi sebagian besar pengguna PC, standar jalur interkoneksi (bus) PCIe sudah tidak asing lagi terdengar. Hal ini mengingat sebagian besar perangkat tambahan, baik itu kartu grafis, sound-card maupun SSD, sekarang ini memanfaatkan jalur tersebut via slot yang tersedia di PC.

Kabarnya belum lama ini, PCI-SIG sebuah organisasi yang mengatur standar PCIe telah rampung dalam menyiapkan standar PCIe 5.0 versi 0.9. Berdasarkan proses perancangan sebelumnya, perancangan dimulai di versi 0.4 dan diakhiri di versi 0.9. Hal ini menandakan bahwa proses perancangan standar PCIe 5.0 sudah siap rampung dan versi final 1.0 akan siap di adopsi di kuartal tahun ini.

Berbicara tentang spesifikasi diberitakan tidak ada yang berubah pada standar PCIe 5.0. PCI-SIG menargetkan kecepatan maksimal sebesar 32 GT/s serta bandwidth maksimal sebesar 128 GB/s. Terdapat beberapa peningkatan lainnya seperti tingkat latensi yang lebih rendah serta dukungan koneksi multi-GPU NVLink yang lebih baik.

Menariknya, perilisan PCIe 5.0 ini memakan waktu hanya berjarak dua tahun. Hal ini berbeda dibandingkan PCIe 3.0 dengan jarak 7 tahun lamanya. Banyak analis memprediksi kedua standar tersebut akan berjalan beriringan. PCIe 4.0 di prediksi akan mengisi untuk segmen konsumer sedangkan PCIe 5.0 akan mengisi segmen data center/ AI. Hal ini sudah mulai terlihat dengan perilisan AMD Ryzen 3rd Gen beberapa waktu lalu yang mendukung standar PCIe 4.0.

Sumber: Toms Hardware

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES