in: News | January 9, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Teknologi Intel Buat Jalan Jadi Lebih Aman

Salah satu topik yang menjadi bahan pembahasan Intel di CES 2019 adalah mobil otonom. Intel memang banyak terlibat di mobil otonom setelah mereka mengakuisisi Mobileye, salah satu perusahaan yang berkecimpung di pengembangan produk dan juga teknologi pendukung mobil otonom. Menariknya, di pameran teknologi yang digelar di Las Vegas, AS ini, bukan hanya perangkat dan teknologi baru pendukung mobil otonom yang lebih mutakhir saja yang dibahas, tetapi juga pemanfaatan teknologi yang ada untuk membuat jalan raya menjadi tempat yang lebih aman.

CEO Mobileye saat menunjukkan salah satu produk mereka untuk mobil otonom, EyeQ 5.

Dibuat untuk Mobil Otonom, Cocok untuk “Mengamankan Jalan”

Sudah banyak produk dan teknologi yang digarap oleh Mobileye untuk mobil otonom, yang memungkinkan mobil memiliki suatu sistem yang membantu pengemudi di jalan sampai yang benar-benar bisa menjalankan mobil tanpa campur tangan pengemudi, yang disebut sebagai L1 ~ L5, sesuai tingkat otomatisasi. Menariknya, berbagai produk dan teknologi yang ada itu, bisa dipakai untuk meningkatkan aspek keamanan di jalan raya. Penerapan produk dan teknologi itu ada dalam cakupan Advanced Driver Assistant System (ADAS) yang masuk ke ranah L1 & L2.

Salah satu bentuk penerapan teknologi pendukung mobil otonom untuk keamanan di jalan raya adalah terkait pemetaan objek di sekitar jalan, yang merupakan bagian dari Road Experience Management (REM). Selain bisa digunakan untuk mendukung mobil otonom, peta objek yang dihasilkan bisa digunakan di ADAS. Untuk hal yang satu ini, Mobileye sudah bekerja sama dengan satu badan di Inggris Raya, Ordnance Surveys, untuk melakukan pemetaan jalan raya di negara itu, dengan menggunakan Mobileye 8 Connect.

Satu hal yang perlu ditekankan, “peta” di sini bukanlah sebuah peta biasa, melainkan peta jalan yang sudah dilengkapi dengan info terkait objek-objek yang ada di jalan dan sekitarnya, seperti speed bump/polisi tidur, tiang listrik, papan petunjuk arah, dan lain sebagainya. Informasi di peta kompleks ini bisa dibaca oleh sistem mobil otonom, dan juga ADAS, dan digunakan sebagai petunjuk untuk berbagai hal. Termasuk, yang terkait dengan pengambilan keputusan pendukung keamanan di jalan raya.

Bantu Pengemudi Hindari Masalah di Jalan

Memanfaatkan sebuah sistem yang disebut sebagai Responsibility-Sensitive Safety (RSS), yang sebenarnya merupakan suatu sistem pengambilan keputusan di mobil otonom, yang diintegrasikan ke ADAS, hadirnya peta di REM bisa membantu, misalnya untuk mengurangi kecepatan mobil ke tingkat yang aman melalui sistem Automatic Emergency Braking (AEB) saat ada mobil mendekati polisi tidur. Atau, saat pengemudi kurang konsentrasi dan mengarahkan mobil ke suatu objek di sekitar jalan, sistem bisa juga digunakan untuk mencoba menghentikan mobil sebelum menabrak objek tersebut.

Professor Amnon Shashua, CEO Mobileye, juga menyebutkan beberapa skenario pemanfaatan teknologi-teknologi yang dibuat untuk mobil otonom itu di berbagai kondisi lain yang mendukung ADAS menhadirkan jalan raya yang lebih aman. Seiring makin banyaknya teknologi mobil otonom yang dikembangkan, akan makin banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat jalan menjadi makin aman, terlepas dari itu diterapkan di suatu mobil otonom atau mobil yang “hanya” dilengkapi ADAS. Aspek keamanan itu merupakan salah satu yang menjadi fokus dari Mobileye, yang menjadi dasar pemikiran dari beberapa teknologi yang mereka kembangkan untuk mobil otonom, dan juga ADAS.

Tags: