in: News | February 5, 2019 | by: Tim Jagat Review

Bermasalah dengan Antivirus, Mozilla Tarik Update Firefox 65 Terbaru

Mozilla sebagaimana kita ketahui terkenal akan browsernya, Mozilla Firefox yang digunakan oleh banyak pengguna PC saat ini. Sama seperti produsen browser lainnya, Mozilla juga secara rutin melakukan update browsernya untuk menghadirkan fitur terbaru dan memperbaiki masalah yang ada di versi sebelumnya.

Sayangnya belum lama ini, Mozilla menemukan masalah di Firefox versi 65. Browser terbaru tersebut seharusnya sudah dirilis kemarin, namun Mozilla memilih menariknya kembali dari peredaran dengan menghentikan update otomatis sementara. Hal tersebut dikarenakan, Firefox versi 65 dilaporkan memiliki masalah serius dengan perangkat lunak antivirus terutama bagi pengguna antivirus Avast dan AVG.

Berita ini telah diamini oleh perwakilan teknisi Mozilla, Ryan VanderMeulen. Mozilla telah menerima berbagai laporan tentang pengguna yang menggunakan perangkat lunak antivirus terutama AVG dan Avast yang mengalami masalah tidak bisa diaksesnya website secara normal. Pengguna akan melihat tampilan SEC_ERROR_UNKNOWN_ISSUER yang normalnya hanya terjadi di website yang memiliki masalah keamanan sertifikat HTTPS/SSL.

Penyebabnya berdasarkan penyelidikan Mozilla adalah dikarenakan adanya Bug di fitur  scanning HTTPS/SSL yang hadir di antivirus Avast dan AVG. Pihak Mozilla dikabarkan tengah berusaha dan berjanji akan memperbaiki masalahnya di update keamanan berikutnya. Apabila Anda termasuk salah satu pengguna antivirus AVG atau Avast yang sudah terlanjur untuk update ke browser Firefox versi 65 terbaru, kabar baiknya beberapa media seperti Softpedia, sudah menemukan solusi sementara dengan mematikan fitur HTTPS/SSL Scanning.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES