Direct Release: VMware Hadirkan Infrastruktur Cloud Telko ‘Siap 5G’ Dukung Penyedia Layanan Komunikasi Makin Digdaya

Reading time:
February 28, 2019
Image 1

Perusahaan-perusahaan penyedia layanan komunikasi global kian gencar menggunakan solusi-solusi dari VMware agar terus menjadi yang terdepan di kancah ekonomi cloud

BARCELONA, Spanyol, 2Februari 2019 – MOBILE WORLD CONGRESS 2019 –VMware, Inc. (NYSE: VMW) menggelar beragam inovasi mutakhir yang siap mendukung perusahaan penyedia layanan komunikasi atau communications services providers (CSP) dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dihadirkan oleh 5G. Beragam inovasi canggih tersebut juga dapat mendukung CSP untuk terus melaju dan menjadi yang terunggul di kancah persaingan ekonomi cloud yang sudah ada di depan mata.

Dalam kesempatan yang sama, VMware juga mengumumkan sejumlah kesepakatan baru untuk menjalin kerja sama yang lebih luas bersama AT&T dan Vodafone, serta mengumumkan aliansi baru bersama Ericsson dan T-Systems. Kesepakatan tersebut kian menguatkan posisi VMware sebagai mitra strategis yang telah teruji dalam mendukung terwujudnya transformasi cloud di sektor telekomunikasi.

Penyedia layanan komunikasi dituntut untuk melakukan transisi ke cloud telko yang tervirtualisasikan dengan cakupan hingga ke jaringan. Begitu pula dengan tim IT. Mereka juga dituntut untuk memiliki keandalan dan kapabilitas yang mumpuni dalam mengoptimalkan seluruh keunggulan 5G, sekaligus mampu mengantisipasi dan mengatasi munculnya potensi risiko.

VMware menghadirkan platform 5G Telco Cloud yang merupakan salah satu solusi paling komprehensif di industri saat ini. Platform VMware Telco Cloud juga telah dioptimalisasikan agar tetap mumpuni dalam mendukung 3G dan 4G. VMware Telco Cloud menjadi satu-satunya arsitektur yang sekaligus mampu menyokong kedua jenis jaringan tersebut, guna membekali para penyedia layanan komunikasi dalam menyongsong kehadiran infrastruktur yang telah “Siap 5G” secara lebih cepat.

“5G saat ini tengah berada di titik balik paling signifikan bagi CSP, dan strategi-strategi perencanaan yang di lakukan sekarang, di masa depan bisa punya dampak finansial dan kompleksitas operasional bagi CSP,” tutur Shekar Ayyar, executive vice president, strategy and corporate development and general manager, Telco NFV Group, VMware.

Shekar melanjutkan, “Diharapkan, dengan ditinggalkannya model arsitektur kaku dan hanya bertumpu pada peranti keras saja dan beralih ke arsitektur tervirtualisasi penuh, telko akan dapat menghadirkan layanan bernilai tambah dengan performa yang meningkat, serta efisiensi operasional jaringan yang makin baik. Hal ini menjadi modal utama bagi mereka dalam memenangkan persaingan di kancah industri tersebut. VMware menghadirkan fondasi terbaik untuk cloud telko yang siap 5G.”

Inovasi Mutakhir di Portofolio Solusi VMware, Dukung Migrasi ke 5G dengan Mulus

VMware juga mengumumkan serangkaian solusi mutakhir yang mencakup seluruh portofolio telko yang dimiliki oleh VMware. Solusi-solusi tersebut mendukung operator dalam melakukan migrasi ke 5G tanpa menimbulkan gangguan pada performa dan strategi monetisasi pada jaringan yang telah ada.

Solusi-solusi mutakhir yang diusung oleh VMware tersebut difokuskan pada peningkatan jaminan layanan dan virtualisasi jaringan, sebagai bentuk komitmen dari VMware terhadap operator dalam mendorong kesiapan 5G dan memperkokoh infrastruktur cloudtelko di lingkungan mereka.

  • Peluncuran VMware Smart Assurance: VMware Smart Assurance 10 mengusung solusi terintegrasi dengan VMware vCloud Network Function Virtualization (NFV)secara penuh, beserta VMware NSX-T Data Center mutakhir yang diorientasikan untuk carrier, sebagai fondasi platform NFV yang kokoh bagi CSP. Solusi-solusi tersebut telah dilengkapi dengan fitur-figur canggih, dengan mengusung performadata plane yang lebih tinggi, fitur intent-based assurance, serta mendukung aplikasi-aplikasi VNF yang telah tersertifikasi. Operator diharapkan akan mampu menghadirkan beragam layanan dan aplikasi masa kini, sekaligus mampu menjembatani kesenjangan jaringan 5G di masa depan dengan ditunjang oleh solusi-solusi tersebut.
  • Evolusi Jaringan pada vCloud NFV: VMware NSX-T 2.4 mutakhir menyuguhkancloud-scale tingkat tinggi, kemudahan dalam operasi, resiliensi, serta performa tinggi. Solusi tersebut juga telah mendukung IPv6, kecepatan stabil nyaris sempurna, ketersediaan serta skalabilits tinggi untuk puluhan ribu jaringan unik per NSX-T Data Center instance. Rantai layanan berbasis Network Service Header (NSH) hadirkan layanan mutakhir yang kian cepat, sekaligus mampu memangkas CapEx dan OpEx secara signifikan.
  • Pengembangan Program Sertifikasi NFV yang Siap VMware : VMware berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah mitra yang telah mengantongi sertifikasi melalui program NFV Certification program. Bagi CSP, program tersebut membantu mereka dalam merealisasikan komitmen bahwa solusi-solusi VNF dari mitra- mitra VMware akan dapat digelar, dijalankan, serta dioperasikan pada VMware vCloud NFV secara mudah dan efektif.  VMware telah memberikan sertifikasi kepada lebih dari 105 Virtual Network Functions dari 85 vendor di seluruh dunia. Luasnya ekosistem mitra-mitra VMware yang telah tersertifikasi menjadi jaminan bagi CSP dalam menghapus kendala pada proses pengimplementasian NFV.

Momentum bagi Pelanggan dan Mitra Optimalkan Portofolio Jaringan dan Cloud dari VMware

Tak sedikit organisasi di dunia, pelanggan, serta mitra yang kini beralih ke portofolio VMware. VMware muncul sebagai pemimpin di kancah portofolio solusi untuk telko. Hal ini tergambar dari gencarnya pengadopsian yang dilakukan oleh CSP untuk penyeragaman jaringan, hingga proses penggelaran solusi-solusi VMware SD-WAN oleh berbagai entitas.

AT&T, contohnya. AT&T saat ini tengah berkutat dengan VMware SD-WAN by VeloCloud untuk menyuntikkan seluruh kapabilitas 5G ke dalam SD-WAN milik VMware guna menghadirkan kontrol jaringan yang lebih baik. Ini merupakan solusi ideal bagi bisnis yang berencana menggunakan SD-WAN plus jaringan 5G berkecepatan tinggi dan rendah latensi sebagai jalur koneksi primer maupun sekunder untuk WAN, maupun jalur koneksi yang dikombinasikan dengan model koneksi transport yang lain.

Dalam kesempatan yang lain, Ericsson bersama VMware juga menandatangani kesepakatan global yang akan mendukung terwujudnya simplifikasi pada proses penggelaran dan operasi aplikasi-aplikasi dari Ericsson secara terpadu dengan platform vCloud NFV untuk CSP yang diusung oleh VMware.

Dilaporkan pula, T-System juga akan mengimplementasikan VMware Cloud on AWS untuk layanan cloud hybrid terkelola miliknya. Selain itu, ada Vodafone yang juga dikabarkan tengah memperluas footprint infrastruktur cloud VMware di lingkungannya guna menghasilkan performa jaringan yang makin prima, meningkatkan agilitas, serta pemangkasan biaya di setiap skala bisnis mereka.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…