in: News | February 15, 2019 | by: Yufianto Gunawan

EK Hadirkan Heatsink untuk SSD Intel

EK, yang selama ini mungkin lebih dikenal melalui produk komponen watercooling mereka, baru saja mengumumkan produk baru mereka. Produk baru ini bukan merupakan komponen watercooling, tetapi masih masuk ke ranah perangkat pendingin komponen komputer. Secara spesifik, produk baru itu adalah sebuah heatsink khusus untuk salah satu SSD Intel.

Untuk Jinakkan Intel Optane 905P M.2

Sesuai dengan nama yang diusungnya, EK-M.2 Intel Optane 905P Heatsink, produk baru ini ditujukan khusus untuk Intel Optane 905P dengan form factor M.2. SSD Intel ini disebut memang membutuhkan solusi pendingin khusus, karena menghasilkan panas yang cukup tinggi saat beroperasi. EK menyebutkan bahwa SSD itu menggunakan daya sekitar 9.35 Watt.

EK menggunakan thermal pad untuk membantu transfer panas dari SSD ke heatsink, yang membuat panas yang dihasilkan disebar ke permukaan yang lebih luas untuk pelepasan panas yang lebih baik. Hal ini membuat suhu operasi dari Intel Optane 905P M.2 lebih terjaga. Hasilnya, performa SSD tidak akan terganggu suhu operasi yang terlalu tinggi (thermal throttle).

Ukuran: Sesuai dengan Intel Optane 905P M.2

Heatsink untuk Intel Optane 905P ini disesuaikan dengan ukuran dari SSD itu sendiri, yaitu dengan form factor M.2 22110. Form factor 22110 ini menunjukkan lebar 22 mm dan panjang 110 mm, lebih panjang dari M.2 yang umum dijumpai saat ini, yang umumnya menggunakan form factor 2280. Produk ini disebut EK dipasarkan dengan harga sekitar EUR 19.90, atau sekitar USD 22.50. EK menyebutkan bahwa heatsink ini dapat dengan mudah dilepas dan digunakan lagi di SSD M.2 lain.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES