in: News | February 6, 2019 | by: Tim Jagat Review

Google Chrome Hadirkan Fitur Khusus Untuk Perangi Situs Palsu

Google Chrome merupakan browser yang paling banyak dipakai saat ini baik di PC maupun perangkat mobile. Belum lama ini, Google telah merilis update Google Chrome versi 72 terbaru yang menghadirkan optimalisasi performa serta fitur terbaru lookalike URLs protection yang digunakan untuk memerangi situs palsu yang beredar di internet.

Saat ini kita dihadapkan dengan maraknya situs berita palsu yang beredar di dunia maya. Para oknum penyebar berita palsu sering kali menggunakan berbagai cara untuk mengelabui masyarakat agar mau mengikuti berita palsu tersebut, mulai dari melalui akun jejaring sosial palsu hingga membuat situs berita palsu yang mirip dengan situs berita ternama.

Google Chrome 72 kini dilengkapi dengan fitur lookalike URLs protection yang berfungsi menyarankan pengguna yang sudah terjebak di situs palsu tersebut untuk menuju ke situs yang sesungguhnya. Fitur ini hadir dikarenakan para oknum tersebut sering kali membuat url yang mirip dengan situs yang asli, sebagai contoh Google.com bisa dibuat G00gle.com.

Fitur lookalike URLs protection sementara tidak aktif secara default. Agar bisa digunakan pengguna cukup lakukan copas “chrome://flags/#enable-lookalike-url-navigation-suggestions” di kolom url (tanpa tanda kutip), setelah itu pengguna ubah menu Navigation suggestions for lookalike URLs  menjadi aktif. Fitur terbaru ini akan melengkapi fitur keamanan lainya seperti Google Safe Browsing yang melindungi Google Chrome dari situs malware dan Phising, sehingga membuat proteksi pengguna menjadi lebih baik lagi.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES