in: News | February 12, 2019 | by: Tim Jagat Review

Google Rilis Ekstensi Khusus Untuk Lindungi Akun Pengguna

Google, salah satu perusahaan raksasa dibidang teknologi dikabarkan telah ikut serta dalam perayaan acara Safer Internet Day. Berbeda dengan sebelumnya dimana Google hanya merilis beberapa tips dalam berselancar dengan aman di dunia maya, kali ini Google merilis dua alat keamanan yang membantu melindungi informasi akun masyarakat di dunia maya.

Seperti yang kami kutip dari blog resmi Google, dimana untuk masalah keamanan data pengguna, Google selalu terdepan dalam melindungi data. Pada acara tersebut, Google merilis ekstensi bernama Password Checkup yang bekerja dengan cara memeriksa keamanan data username dan password pengguna dan membandingkan dengan data keamanan yang dimiliki oleh Google.

Ekstensi ini nantinya akan memberitahukan kepada penggunanya, apabila ditemukan informasi bahwa data pengguna seperti username atau password yang dimilikinya pernah digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dalam kegiatan pembocoran data. Ekstensi ini juga nantinya akan memberikan informasi kepada pengguna untuk segera mengubah password agar kejadian sama tidak terulang.

Tidak hanya itu, bagi para developer (pengembang) yang ingin memanfaatkan fitur keamanan ini untuk aplikasinya, Google telah merilis Cross Account Protection API, bekerja dengan memberitahukan kepada developer apabila ditemukan data login pengguna telah digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Kedua fitur keamanan ini sebelumnya sudah diaplikasikan di produk Google sendiri, namun Google ingin membagikan fitur ini ke lebih banyak orang, agar menjadikan pengalaman browsing di internet menjadi lebih aman.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES