in: News | February 7, 2019 | by: Tim Jagat Review

Google Siapkan Fitur untuk Kurangi Pemakaian RAM dan Kuota Untuk Chrome

Google Chrome bisa dikatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan saat ini. Browser besutan Google ini menguasai lebih dari 70% pasar browser di PC Desktop. Kecepatan dan tampilan yang sederhana menjadi alasan utama pengguna untuk memilihnya. Meski menawarkan akses browsing yang cepat, Chrome ternyata tak lepas dari kritik seperti penggunaan RAM dan kuota internet yang besar.

Pihak Google tampaknya ingin menjawab kritik yang muncul dari  pengguna. Kabar belum lama ini Google tengah menyiapkan dua fitur terbaru yang difokuskan untuk pengurangan pemakaian kuota internet di jaringan yang lambat dan fitur lainnya memiliki fokus di pengurangan penggunaan memory.

Fitur pertama yakni “Best Effort Tasks,” berfungsi menunda beberapa tugas browser seperti proses penyimpanan data pengguna, proses pembersihan cache, update komponen (plugin/add-ons) dan laporan saat browser crash. Proses ini akan ditunda saat browser dijalankan hingga nantinya proses tersebut akan dijalankan kembali saat browser ditutup oleh pengguna.

“Never Slow Mode” merupakan fitur kedua yang telah dipersiapkan oleh Google Chrome bagi pengguna yang memiliki koneksi lambat. Fitur ini bekerja dengan cara memprediksi kecepatan koneksi internet pengguna dan menyesuaikan ukuran komponen web seperti dokumen, gambar, scripts dan font agar bisa membuat lebih hemat kuota saat pemakaian membuat browsing menjadi lebih cepat. Kedua fitur ini masih dalam tahap ujicoba, belum diketahui kapan akan hadir di versi final.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES