in: News | February 14, 2019 | by: Tim Jagat Review

Google Uji Coba Navigasi Google Maps Berbasis Augmented Reality

Google Maps merupakan salah satu aplikasi peta yang menjadi andalan banyak pengguna smartphone android saat ini. Keakuratan peta serta kehadiran fitur tambahan seperti fitur navigasi dan Google Street View membantu banyak pengguna dalam bernavigasi. Kabarnya Google Maps akan kedatangan fitur terbaru lagi yakni navigasi berbasis augmented reality (AR).

Cara kerja fitur ini sederhana. Saat pengguna ingin bernavigasi, cukup arahkan kamera smartphone berdasarkan petunjuk navigasi yang tersedia. Pada saat kamera diarahkan saat bernavigasi, nantinya tampilan petunjuk arah, nama jalan, nama gedung dan fasilitas umum akan muncul langsung secara real-time berkat didukung teknologi augmented reality.

Fitur ini sebenarnya sudah diumumkan oleh Google pada ajang Google I/O 2018 sebelumnya, namun baru pada tahun 2019 ini proses pengerjaanya telah rampung. Sayangnya pengguna belum bisa mencobanya untuk saat ini dikarenakan fitur ini butuh pengujian lebih lanjut, sehingga Google hanya merilis fitur ini kepada komunitas “Local Guide” yang sebagian besar berisikan pengguna Google Maps terpilih seperti para traveler dan tour guide.

Walaupun fitur navigasi ini terlihat sangat futuristik sayangnya beberapa masalah mungkin akan terjadi saat pengguna tidak menggunakannya secara hati-hati, karena fokus pengguna hanya tertuju ke arah layar smartphone saja.

Kasus yang sama juga pernah terjadi pada pemain game Pokomen Go yang terjadi beberapa tahun yang lalu, belum diketahui bagaimana nantinya cara Google menyelesaikan masalah keamanan pengguna tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES