in: Audio | February 18, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Headset: Sennheiser Momentum True Wireless

Headset dengan konektivitas Bluetooth saat ini sudah semakin banyak ditemukan di pasaran. Beragam model telah dijajakan dari berbagai brand, bahkan termasuk dari para brand ternama dunia di industri audio. Sennheiser yang merupakan salah satu produsen ternama dan pemain cukup lama di dunia audio, tentu saja memiliki headset yang didukung dengan konektivitas Bluetooth. Produsen asal Jerman ini kembali berinovasi dengan menghadirkan sebuah headset Bluetooth terbaru dari salah satu seri andalannya yaitu Momentum dan headset ini pun diberi nama Sennheiser Momentum True Wireless. Tentu saja headset ini menawarkan model dan fitur yang berbeda dari para pesaingnya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai headset milik Sennheiser ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda.

Spesifikasi

  • Dynamic Driver Size: 7mm
  • Frequency Response: 5 Hz – 21 kHz
  • Sensitivity: 107 dB
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0, Qualcomm aptX
  • Baterai: 4 jam (+8 jam with charging case)
  • Microphone
  • Touch control
  • Dukungan aplikasi Smart Control
  • Kabel USB-C charger 20 cm

Paket Penjualan

Bersama unit headset-nya, Sennheiser menyertakan beberapa paket penjualan di antaranya

  • Buku penggunaan
  • Buku garansi
  • Charging case dock
  • 4 ukuran ear tip

Unit sampel Sennheiser Momentum True Wireless yang kami terima ini tidak dilengkapi dengan kabel charger USB-C. Akan tetapi, pihak Astrindo, selaku distributor resmi Sennheiser menyatakan bahwa dalam paket penjualan Sennheiser Momentum True Wireless ini menjamin akan dilengkapi dengan kabel charger USB-C.

Desain & Fitur

Sennheiser Momentum Series boleh dibilang kini memiliki model yang lengkap, mulai dari headphone model over-ear, on-ear, in-ear dan tentu saja ada yang ditawarkan dengan pilihan konektivitas wireless. Desain dari Sennheiser Momentum True Wireless ini hadir dengan tipe IEM (In-ear Monitor). Sepintas, headset ini terlihat cukup “bulky” jika dibandingkan dengan headset model IEM pada umumnya. Namun hal tersebut cukup wajar mengingat di dalam headset tersebut tertanam berbagai fitur mulai dari baterai, Bluetooth, microphone MEMS, touch control dan driver 7mm.

Oleh karena Sennheiser Momentum True Wireless dirancang full-wireless, headset ini sama sekali tidak dilengkapi kabel sebagai penghubung antar driver. Masing-masing driver telah dilengkapi Bluetooth dan Sennheiser juga turut melengkapi headset barunya ini dengan touch control intuitive. Touch control tersebut dilapisi dengan material metal dengan motif spin ring. Tidak lupa, Masing-masing pada headset Sennheiser Momentum True Wireless juga terdapat gold plated yang berfungsi sebagai konektor pengisian baterai saat diletakkan pada charger case.

Sennheiser Momentum True Wireless ini juga datang dengan sebuah charger case berbentuk kotak mungil. Bentuknya yang kecil membuat pengguna dapat membawa Sennheiser Momentum True Wireless ini kemana pun dengan mudah. Anda tak perlu khawatir akan keamanannya, charger case headset ini menggunakan bahan material plastik yang sangat solid dan mampu melindungi headset. Pada bagian penutupnya terdapat magnet yang berfungsi sebagai pengunci agar tutup tidak mudah terbuka.

Sennheiser melapisi charger case headset barunya ini dengan material kain berwarna abu-abu yang mampu memberi kesan eksklusif. Charger case ini memiliki baterai berkapasitas 650 mAh yang mampu menyuplai daya ke headset hingga 8 jam saat terisi penuh. Di bagian belakang charger case terdapat lampu indikator kecil. Untuk mengetahui kapasitas baterai pada charger case, Anda hanya cukup menekan tombol kecil di samping port USB-C. Bila lampu indikator menyala berwarna hijau, baterai dalam kondisi >50%. Apabila berwarna kuning, kondisi baterai berada <50%.

Penggunaan

Saat pertama kali melihat Sennheiser Momentum True Wireless ini, kami merasa bahwa penggunaan headset ini akan terasa kurang aman dan nyaman, atau lebih tepatnya muncul rasa kekhawatiran akan mudah terlepas. Akan tetapi, prasangka kami langsung berubah saat kami mencobanya. Dengan menggunakan eartip ukuran M, Sennheiser Momentum True Wireless ternyata begitu nyaman dan aman saat hinggap di lubang telinga. Bagi Anda yang memiliki ukuran lubang telinga kecil atau besar, Sennheiser menyediakan beberapa ukuran eartip, mulai dari XS, S, M dan L.

Saat ingin menghubungkan Sennheiser Momentum True Wireless ke smartphone atau tablet, sentuh touch control pada masing-masing headset secara bersamaan, tahan hingga beberapa detik hingga muncul suara notifikasi bahwa headset menyala dan siap melakukan pairing. Pada touch control tersebut juga Anda bisa melakukan beberapa pengaturan lainnya, seperti touch control bagian kanan, Anda dapat melakukan pengaturan menerima panggilan telepon dengan menyentuhnya sekali serta meningkatkan volume dengan menyentuh dan tahan jari Anda hingga nantinya volume akan meningkat.

Ada hal yang cukup unik dari teknologi yang diusung Sennheiser Momentum True Wireless ini. Ketika kami sedang mengujinya dan memutar lagu, headset ini akan secara otomatis melakukan pause pada lagu yang sedang diputar ketika Anda melepas salah satu headset dari telinga. Musik akan otomatis berputar kembali apabila headset kembali dipasang ke telinga. Sehingga Anda dapat berkomunikasi atau mengobrol dengan teman di sebelah Anda tanpa harus melewatkan lagu favorit yang sedang diputar.

Apabila ingin menurunkan volume, Anda cukup menyentuh dan tahan jari pada touch control di headset bagian kiri. Pada touch control bagian kiri juga Anda bisa melakukan pengaturan musik seperti “play/pause” dengan menyentuhnya sekali, 2x sentuh untuk “next” dan 3x sentuh untuk “previous”.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES