in: Audio | February 18, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Headset: Sennheiser Momentum True Wireless

Smart Control Apps

Sennheiser Momentum True Wireless ini tentunya juga datang dengan dukungan aplikasi Smart Control Apps. Aplikasi tersebut dapat diperoleh di Google Play Store dan App Store secara gratis. Saat aplikasi terhubung dengan headset, Anda akan menemukan beberapa informasi seperti perangkat model yang digunakan, kapasitas baterai headset kiri dan kanan dan pengaturan seperti Transparent Hearing dan Equalizer.

Transparent Hearing saat diaktifkan akan membantu pengguna tetap mendengarkan musik favorit, namun suara dari luar akan tetap masuk, seperti klakson mobil, kereta dan suara lainnya. Hal ini tampaknya ditujukan saat pengguna menggunakan Sennheiser Momentum True Wireless ini sedang di jalan atau di suatu tempat keramaian, seperti mall atau bandara.

Sementara untuk pengaturan Equalizer-nya terasa cukup mudah. Bagi Anda yang menyukai karakter suara bass, Anda hanya cukup menggeser simbol tombol yang berada di tengah ke kiri. Namun apabila karakter suara bass ingin ditingkatkan lagi, Anda bisa menggesernya simbol tombol tersebut ke kiri lalu ke atas.Begitu pula bila Anda mengingkan karakter suara Treble, Anda hanya perlu menggeser simbol tombol ke kanan.

Performa Suara

Untuk performa suaranya, kami menguji Sennheiser Momentum True Wireless dengan memutar lagu dari smartphone yang sudah mendukung Qualcomm aptX. Impresi suara yang kami dapatkan akan kami bagi-bagi dalam beberapa bagian lagu, baik itu di frekeunsi low, mid dan high. Selain itu, kami menguji headset ini dengan file musik di beberapa genre dengan bit rate 320kbps maupun file FLAC (Lossless).

Pada frekuensi low, tingkat bass yang dihasilkan terasa cukup asyik namun tidak terlalu menghentak dan dominan saat menguji dengan musik bergenre EDM. Kami sangat menyukai karakter bass yang dihasilkan karena memiliki porsi yang pas dan tentunya headset ini mampu membuat kami langsung “menggoyangkan” kepala kami.

Untuk frekuensi mid, suara yang dihasilkan pada frekuensi terasa agak muddy. Kami mampu mendengar suara gangguan di awal saat memutar lagu yang menonjolkan suara vokal seperti Adele dan Utada Hikaru. Namun suara gangguan tersebut berhasil diredam dengan munculnya suara pengiring instrumen musik. Detail pada bagian mid terasa kurang clear, akan tetapi kami merasakan suara vokal yang cukup bertenaga.

Sedangkan pada frekuensi high bisa dikatakan sebagai salah satu favorit kami. Suara high yang dihasilkan sangat menggambarkan suara “airy”. Petikan gitar saat mendengarkan lagu dari Amber Rubarth – Strive sangat terdengar jelas dan ekstensi dari treble-nya sendiri tergolong baik.

Kesimpulan

Sennheiser kembali meramaikan pasar persaingan headset bluetooth yang mengusung konsep True Wireless dan ditujukan para pengguna, khususnya audiophile yang memiliki mobilitas tinggi. Sennheiser Momentum True Wireless bisa dikatakan sebagai teman yang asyik untuk menemani perjalanan Anda sambil mendengarkan musik favorit. Sebagai headset yang mendukung mobilitas penggunanya, Sennheiser Momentum True Wireless sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan charger case yang sudah dilengkapi dengan baterai. Ketahanan baterai yang dimiliki Sennheiser Momentum True Wireless ini cukup tinggi hingga mencapai 12 jam, sehingga dipastikan perjalanan Anda selama di dalam kendaraan tidak akan merasa bosan.

Soal kualitas suara, Sennheiser Momentum True Wireless mampu mereproduksi suara dengan baik, terutama pada frekuensi bass dan high. Saat ini, Sennheiser Momentum True Wireless belum tersedia di Indonesia. Namun bagi Anda yang berminat ingin memilikinya, dapat melakukan pre-order pada 21 Februari – 3 Maret 2019. Headset ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 5.999.000. Namun untuk pembelian selama pre-order, pembeli akan mendapatkan bonus 1x Sennheiser HD 206.

Kelebihan

  • Bass yang rapi dan terkontrol
  • Treble baik
  • Pengaturan mudah dengan touch control
  • Paket penjualan lengkap
  • Ketahanan baterai lama
  • Terdapat microphone
  • Tersedia dukungan aplikasi

Kekurangan

  • Harga cukup tinggi
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This: