in: News | February 1, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Intel Stop Lini Prosesor 64-bit Mereka!

Beberapa waktu lalu, Intel disebut telah mengumumkan bahwa mereka akan segera menghentikan lini prosesor 64-bit mereka. Namun, prosesor yang akan dihentikan itu bukanlah yang umum kita kenal selama ini, seperti lini Celeron, Pentium, atau Core, yang juga merupakan prosesor 64-bit. Prosesor yang akan dihentikan oleh Intel adalah lini Itanium, yang selama ini ditujukan untuk ranah HPC (High Performance Computing) di server dan supercomputer.

Hentikan Penjualan di 2021

Intel disebut telah menginformasikan penghentian pengiriman prosesor Itanium mulai pertengahan tahun 2021 mendatang. Pesanan untuk prosesor Itanium dan sistem pendukungnya harus dilakukan sebelum akhir Januari 2020 mendatang. Sementara untuk produk yang menggunakan Intel Itanium, yaitu salah satu produk server HP Enterprise, bisa saja dihentikan penjualannya lebih awal, karena HP Enterprise masih harus menyediakan stok produk untuk kebutuhan maintenance server-server mereka yang menggunakan Itanium.

Tidak Banyak Digunakan

Saat ini, Intel masih memasarkan satu keluarga prosesor Itanium, yaitu Itanium 9700 Series, atau dikenal dengan kode “Kittson”. Prosesor itu masih digunakan oleh HP Enterprise, sebagai prosesor di dalam sistem high-end server mereka, Superdome. Namun, karena popularitas prosesor dengan arsitektur IA-64 yang tidak terlalu tinggi, tingkat penggunaan prosesor Itanium juga tidak terlalu tinggi. Itulah yang tampaknya jadi alasan Intel menghentikan pengembangan prosesor dengan arsitektur IA-64, sejak tahun 2017 lalu, dan menghentikan penjualan prosesor itu dalam 2 tahun ke depan.

Arsitektur IA-64 yang digunakan di Itanium semula dikembangkan untuk pasar enterprise, dengan harapan untuk menghadirkan suatu hal yang baru untuk server dan supercomputer yang akan digunakan oleh enterprise. Namun, IA-64 kurang mendapatkan sambutan positif karena sulitnya implementasi, dan pada akhirnya tertutup oleh adopsi x86-64, yang juga digunakan Intel di lini Xeon mereka. Karena tidak pernah berhasil menjadi produk dengan tingkat penjualan tinggi, intel akhirnya menghentikan pengembangan IA-64/Itanium, dan kini akhirnya menghentikan penjualan prosesor Itanium.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES