in: News | February 21, 2019 | by: Tim Jagat Review

JEDEC Perbarui Standar RAM LPDDR5 Untuk Perangkat Mobile

JEDEC sebagai lembaga standarisasi memori belum lama ini mengumumkan spesifikasi terbaru dari standar RAM yang umumnya digunakan untuk perangkat mobile yakni LPDDR5. Tidak hanya mengumumkan perubahan spesifikasi saja, JEDEC juga perbarui desain RAM LPDDR5 agar nantinya juga bisa diaplikasikan dengan baik di segmen otomotif.

Berbicara masalah performa RAM LPDDR5, ditargetkan akan memiliki performa hingga 50% lebih cepat dibandingkan RAM LPDDR4.  JEDEC telah melakukan perubahan rancangan dasar yang besar agar target tersebut tercapai di LPDDR5, dengan hasil data-rate sebesar 6400 MT/s lebih kencang hingga 50% dibandingkan rilis awal LPDDR4 yakni 3200 MT/s.

Tidak hanya kecepatan saja yang diutamakan, JEDEC juga telah menurunkan konsumsi daya RAM LPDDR5 dibandingkan generasi LPDDR4 dengan menghadirkan banyak cara. Mulai dari menghadirkan fitur DFVS (Dynamic Frequency & Voltage Scaling) hingga meminimalkan data transmisi agar bisa lebih dioptimalkan untuk berjalan di satu jalur I/O.

Perkembangan riset sistem mobil otonom saat ini yang didominasi SoC low power berbasis ARM, membuat JEDEC ikut turun tangan dengan menambahkan fitur Link Error Correcting Code (ECC) yang membuat keamanan data menjadi lebih baik. Fitur ini hadir secara optional sehingga hanya segmen otomotif saja yang akan didukung.

Sayangnya kita mungkin tidak akan melihat produk jadi yang menggunakan RAM LPDDR5 tersebut dalam waktu dekat, mengingat standar baru ini akan tersedia di tahun 2020/2021.

Sumber: Guru3D

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES