in: News | February 25, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Microsoft Perkenalkan HoloLens 2

Kurang lebih 3 tahun setelah merilis HoloLens, smartglasses untuk mixed reality, Microsoft akhirnya mengumumkan penerus perangkat itu. Microsoft memberi nama perangkat baru itu HoloLens 2, menunjukkan bahwa perangkat itu memang benar-benar penerus HoloLens pertama. Mereka juga menyebutkan bahwa perangkat ini akan menawarkan beberapa hal yang belum dijumpai di pendahulunya.

Peningkatan di Beberapa Hal

Sejak perilisan HoloLens, tahun 2016 lalu, Microsoft disebut sudah menerima banyak masukan terkait produk tersebut. Mereka menyimpulkan bahwa untuk penerus dari produk tersebut, pengguna ingin perangkat yang lebih nyaman digunakan, menawarkan pengalaman yang lebih immersive, serta memiliki efektivitas lebih tinggi terkait dengan fungsinya untuk mendukung berbagai bidang. Hal-hal itu coba diakomodasi dalam HoloLens 2 ini.

Aspek kenyamanan dicoba ditingkatkan dengan melakukan pengubahan desain, membuat HoloLens 2 lebih nyaman digunakan, bahkan hingga penggunaan beberapa jam. Microsoft juga membuat perangkat baru ini lebih ringan serta tidak menimbulkan panas yang mengganggu. Sementara aspek “immersive” ditingkatkan dengan menghadirkan visual display system baru, dengan hologram yang terlihat lebih nyata, penggunaan sensor time-of-flight untuk mendukung interaksi yang lebih baik dengan objek di sekitar pengguna. HoloLens 2 juga dilengkapi dengan sistem eye-tracking dan fitur iris recognition.

Terakhir, untuk menjamin efektivitas tinggi, Microsoft menawarkan paket aplikasi mereka. Terdapat 3 aplikasi pendukung mixed reality yang bisa dipakai, dengan sistem langganan, untuk pengguna HoloLens 2, yaitu Dynamics 365 Remote Assist, Dynamics 365 Layout, dan Dynamics 365 Guides. Integrasi dengan Azure, cloud service Microsoft, yang lebih baik juga ditawarkan di perangkat baru ini.

Gunakan Snapdragon 850

Sebagai motor dari HoloLens 2, Microsoft menggunakan SoC dari Qualcomm, Snapdragon 850. Hal ini cukup berbeda dari sebelumnya, di mana di HoloLens Microsoft memilih prosesor 32-bit dari Intel. HPU (unit pemroses khusus untuk tampilan hologram) juga disertakan, dan merupakan desain baru yang memberikan kemampuan lebih untuk mengakomodasi kebutuhan peningkatan yang disebutkan di atas. HoloLens 2 dibekali juga dengan konektivitas WiFi AC dan Bluetooth 5.

Sebagai pendukung fungsionalitas headset mixed reality ini, selain eye tracking dan iris recognition yang sudah disebut di atas, Microsoft menghadirkan kemampuan hand tracking, 6DoF tracking untuk mendukung pergerakan di bidang 6-dimensi, serta sensor accelerometer, gyroscope, magnetometer, serta Azure Kinect sensor untuk depth sensing. “Layar” yang digunakan mengusung resolusi 2K, dengan rasio 3:2. Fitur optimasi untuk tampilan di “layar” sesuai posisi mata juga dihadirkan.

Sudah Siap Dipesan

Microsoft menyebutkan bahwa HoloLens 2 ini sudah siap dipesan, melalui situs resmi mereka. Harga untuk unit HoloLens 2 ini mencapai USD 3500, tetapi masih terbilang wajar untuk kelasnya sebagai headset pendukung industri. Untuk paket dengan Dynamics 365 Remote Assist, Microsoft menyebutkan biaya langganan mulai dari USD 125 per bulan. Perangkat headset mixed reality ini hanya disiapkan dalam satu ukuran saja.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES