in: News | February 11, 2019 | by: Tim Jagat Review

Perketat Keamanan, Mozilla Akan Blokir Cryptominer di Firefox

Pada saat menjelajah di internet kita dihadapkan dengan berbagai masalah yang menyangkut privasi dan keamanan. Salah satunya adalah masalah cryptominer yang memanfaatkan kinerja PC pengguna untuk “menambang” keuntungan dari mata uang digital secara diam-diam, serta website fingerprinting yang melacak website apa saja yang diakses pengguna.

Mozilla, organisasi dibalik browser ternama Firefox, kabarnya tidak tinggal diam atas kejadian ini. Mozilla belum lama ini diketahui telah merilis fitur terbaru di Firefox versi 67 beta yang digunakan untuk memblokir aksi cryptominer dan fingerprinting yang terjadi saat pengguna sedang browsing di internet. Fitur ini direncanakan akan digunakan secara default di Firefox versi 67 final yang dirilis di bulan Mei 2019.

Walaupun fitur ini telah aktif secara default, namun pengguna diberi kebebasan untuk menonaktifkan fitur ini via icon keamanan yang berada di url-bar apabila ditemukan masalah pada website tertentu. Mozilla sebelumnya juga telah menghadirkan fitur blokir tracker yang biasa digunakan para pengiklan untuk memanfaatkan data pribadi pengguna secara diam-diam.

Mozilla bukanlah yang pertama akan ide blokir cryptominer ini, mengingat sebelumnya Opera sudah semenjak setahun yang lalu menghadirkan fitur yang memblokir aksi cryptominer. Opera memanfaatkan database no-coin yang berisikan berbagai list website yang diduga memanfaatkan aksi cryptominer untuk meraih keuntungan di dalamnya. Saat ini belum diketahui apakah Mozilla menggunakan metode serupa atau tidak untuk browser Mozilla Firefox mendatang.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES