in: Graphics Card | February 28, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Review Graphics Card Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC

Graphics Card (Part 1)

Mari kita mulai membahas graphics card ini secara fisik. Graphics card ini memiliki ukuran layaknya sebuah graphics card dengan GPU kelas paling atas dari era sebelumnya. Ya, ukuran graphics card ini terbilang sangat besar untuk kelasnya! Informasi di situs resmi Colorful menunjukkan dimensi dari graphics card ini mencapai 315 mm x 136 mm x 53 mm.

Hal paling menonjol dari graphics card ini adalah sistem pendingin yang digunakannya. Colorful menyebut sistem pendingin itu sebagai Updated Sworizer 2.0 Cooler. Sistem pendingin ini menggunakan 5 heatpipe yang terhubung ke 2 segmen fin, yang terbilang cukup rapat. Pelepasan panas dibantu dengan 3 buah Saw Sickle Fan, dengan diameter 8 mm, yang oleh Colorful disebut bisa memberikan efisiensi pendinginan yang baik.

Sistem pendingin itu ditutup oleh shroud, atau yang disebut Colorful sebagai “armor” dengan corak “Outer Space Texture”. Fungsi utama dari shroud ini tentu saja adalah untuk meningkatkan aspek tampilan dari graphics card ini. Untuk itu, Colorful memasang RGB LED di bagian tengah shroud tersebut, mengarah ke kipas yang terletak di tengah.

Di sisi depan, RGB LED ditempatkan di frame “Armor”, mengarah ke tengah.

Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC ini juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan kipas tidak berputar saat load graphics card berada di tingkat rendah. Terdapat juga sensor suhu operasi di balik “armor” yang bisa memberikan informasi suhu ke sistem. Bila beban load atau suhu meningkat, maka kipas akan secara otomatis berputar.

Sementara di sisi belakang graphics card ini, Colorful menempatkan backplate, yang tentu saja membantu meningkatkan lagi aspek tampilan, serta menjaga agar graphics card tidak bengkok karena bobotnya sendiri. Backplate ini dihias oleh logo iGame dan juga area dengan RGB LED. Warna dari RGB LED ini sengaja diatur agar sama dengan di bagian depan. Pengaturan RGB LED itu bisa dilakukan melalui aplikasi.

Terkait aplikasi untuk RGB di iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC, di kemasan paket penjualan, terdapat informasi bahwa aplikasi yang dibutuhkan adalah iGame Zone II. Namun, ketika menginstall aplikasi itu, kami tidak menemukan opsi pengaturan untuk RGB. Setelah menghubungi pihak Colorful, mereka memberitahu bahwa aplikasi yang digunakan adalah iGame Dynamik Light.

Ya, akhirnya kami berhasil mendapatkan fungsi pengaturan RGB tersebut. Pengaturan RGB bisa dilakukan bahkan hingga untuk setiap RGB LED yang ada. Secara keseluruhan, graphics card ini memiliki 40 RGB LED, yang terbagi menjadi 24 di sisi depan dan 16 di backplate. Selain mengatur warna untuk masing-masing RGB LED, kita juga bisa memilih efek yang ditampilkan. Hanya saja, tidak semua efek mendukung opsi pengaturan warna.

LED RGB di backplate. Satu hal yang perlu diperhatikan, LED RGB untuk logo iGame akan selalu diatur ke warna merah.

RGB LED di sisi depan.

Pengaturan efek untuk sisi depan dan backplate bisa dilakukan secara terpisah. Menariknya, kami justru tidak bisa mengatur agar kedua bagian itu menampilkan efek yang sama, sekalipun kami mengaktifkan opsi “Effect Sync”. Jadi, bila kita ingin agar kedua sisi graphics card menampilkan efek dan warna serupa, kita harus mengaturnya secara manual. Pengaturan warna untuk setiap RGB LED juga mungkin dilakukan.

Efek yang tersedia di iGame Dynamik Light.

Untuk jumlah efek, tidak banyak preset efek yang disediakan oleh Colorful. Namun, menurut kami, preset efek yang tersedia sudah cukup untuk mendukung kustomisasi tampilan graphics card ini. Colorful juga masih menyediakan opsi untuk tuning masing-masing efek, berupa kecepatan efek serta arah gerak efek, bila memang ada efek gerakan ke efek tersebut.

Suhu Operasi Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC

  • Default – Idle: 45°C (Fan: AUTO ~ 0%)
  • Default – Full Load: 64°C (Fan: AUTO ~ 44%)
  • OC – Idle: 46°C (Fan: AUTO ~ 0%)
  • OC – Full Load: 66°C (Fan: AUTO ~ 46%)

Catatan: pengujian suhu operasi dilakukan dengan GPU-Z ketika sistem menjalankan benchmark game Metro Exodus, dengan preset Ultra, tanpa RTX dan DLSS, yang kami loop sebanyak 5x. 

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, sistem pendingin dari Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC ini terlihat mumpuni, mampu menjaga suhu operasi GPU TU106-200 yang digunakan di kisaran 65°C saja di kondisi full load. Memang, secara ukuran, Updated Sworizer 2.0 Cooler ini cukup besar, dan tampaknya didesain untuk digunakan juga di varian iGame Vulcan dengan GPU yang lebih tinggi (iGame GeForce RTX 2070 Vulcan X OC). Tidak heran bila sistem pendingin tersebut mampu menunjukkan performa yang baik graphics card ini.

Selama pengujian suhu, kami tidak merasa kipas di sistem pendingin iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC menghasilkan suara yang mengganggu. Hal tersebut menurut kami wajar, karena kipas hanya berputar di kisaran 45% saja. Suara memang meningkat jauh, dan terasa mengganggu, ketika kami mencoba meningkatkan putaran kipas secara manual ke 100%. Namun, kecepatan putaran 100% itu seharusnya tidak akan pernah dijumpai ketika kipas diatur untuk beroperasi secara otomatis. Di kondisi load rendah, atau suhu operasi rendah, kipas sama sekali tidak menghasilkan suara berkat fitur yang disebut sebagai Auto Stop Technology.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES