in: Graphics Card | February 28, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Review Graphics Card Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC

Graphics Card (Part 2)

Di sisi samping graphics card, terdapat panel yang disebut iGame Status Monitor. Panel ini bisa membantu menampilkan kondisi aktual graphics card, untuk clock, memory usage, suhu operasi, serta kecepatan putar kipas. Icon di sisi kiri akan menunjukkan status apa yang tampil, sementara lingkaran di sekitar icon-icon tersebut menunjukkan GPU load.

iGame Status Monitor

Satu hal yang perlu diketahui, panel ini hanya bekerja bila kita telah meng-install aplikasi iGame Zone II di sistem. Tanpa aplikasi itu, panel hanya akan menampilkan model GPU yang digunakan saja (dalam hal ini “RTX 2060”), beserta semua icon di sisi kiri menyala. Setelah aplikasi di-install, barulah panel tersebut menampilkan kondisi aktual graphics card.

Tanpa iGame Zone II, inilah yang tampil di iGame Status Monitor

Aplikasi iGame Zone II ini sendiri bisa dilakukan untuk mengatur iGame Status Monitor, tetapi sebatas hanya untuk jeda waktu sebelum tampilan berubah atau apakah pengguna ingin melakukan pengubahan secara manual, dengan shortcut tertentu. Selain itu, tidak ada opsi pengaturan apapun untuk tampilan di panel. Perlu diingat, panel di graphics card hanya berfungsi selama aplikasi iGame Zone II terbuka. Bila aplikasi tidak terbuka, panel hanya akan menampilkan tampilan standarnya saja.

iGame Status Monitor saat menampilkan informasi penggunaan memori (300 MB/6 GB)

Masih terkait iGame Zone II ini, cukup disayangkan aplikasi ini terkesan kurang diperhatikan dengan serius oleh Colorful. Kami mendapati informasi terkait graphics card yang ada di dashboard aplikasi ini masih ada yang menggunakan tulisan China. Selain itu, penjelasan mengenai fungsi di aplikasi juga masih kurang detail, termasuk salah satu tombol yang tampaknya digunakan untuk stability test. di mana penjelasan dari Colorful tidak benar-benar menggambarkan apa yang bisa diharapkan dari tombol itu.

Tampilan utama dari iGame Zone II. Sayang sekali, aplikasi ini tampaknya masih belum sempurna. Kami masih menjumpai tulisan China di dashboard, sementara bahasa sudah diatur ke Inggris.

Fungsi tuning juga tersedia di aplikasi ini.

Opsi pengaturan untuk iGame Status Monitor hanya sekadar apakah info yang ditampilkan otomatis berubah atau harus diubah manual dengan shortcut.

Secara keseluruhan, graphics card ini membutuhkan ruang lebih dari tinggi dua slot ekspansi. Hal ini menyebabkan slot PCIe di bawah slot yang digunakan oleh graphics card ini, 1-2 slot tergantung dari layout motherboard, praktis tidak bisa digunakan. Hal ini harus diperhatikan oleh calon pengguna graphics card ini, terutama yang menggunakan motherboard Micro-ATX, dan butuh menggunakan card PCIe lain, misalnya capture card, di sistem yang digunakan.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, graphics card ini dilengkapi dengan dua mode/preset clock. Kedua mode itu bisa diakses melalui switch yang diletakkan di area I/O graphics card. Saat switch tersebut dalam posisi “terbuka”, preset default akan aktif, sementara saat switch tertutup, preset OC akan aktif.

Untuk I/O, graphics card ini dilengkapi dengan konfigurasi display output yang berbeda dari GeForce RTX 2060 FE. Colorful memilih untuk tidak menyertakan DVI-DL. I/O yang tersedia di graphics card ini adalah:

  • 3x DisplayPort 1.4
  • 1x HDMI 2.0b
  • 1x USB Type

Konektor NVLink tidak tersedia di graphics card ini, karena secara umum GeForce RTX 2060 memang tidak mendukung fitur tersebut. Untuk pasokan daya, graphics card iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC memiliki dua konektor PCIe 8-pin. Ini berbeda dari GeForce RTX 2060 FE, di mana graphics card tersebut hanya memiliki 1 konektor PCIe 8-pin.

Di ujung belakang graphics card, terlihat terdapat beberapa konektor khusus yang ditempatkan Colorful. Tidak ada penjelasan detail mengenai fungsi konektor-konektor tersebut. Namun, melihat kabel-kabel yang terpasang ke konektor tersebut mengarah ke “armor” dari graphics card ini, bisa disimpulkan bahwa konektor-konektor tersebut terkait dengan fungsi kontrol RGB, sensor suhu operasi, serta panel iGame Status Monitor.

Colorful menyebutkan, untuk menjamin pasokan daya yang stabil ke GPU dan komponen lain di graphics card ini, mereka menawarkan 16+3 I.P.P (iGame Pure Power). Hal ini merujuk ke induktor yang digunakan di graphics card. Mereka juga memberikan klaim bahwa desain power phase dari graphics card ini menawarkan efisiensi penggunaan daya yang baik.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES