in: Graphics Card | February 28, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Review Graphics Card Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC

Hasil Pengujian – GPU Boost Clock

Seperti yang sudah kami bahas secara singkat di halaman pertama artikel ini, clock yang tertera di spesifikasi graphics card terkadang tidak menggambarkan clock sebenarnya yang bisa dicapai oleh GPU. Ada beberapa hal yang membuat clock GPU terkadang bahkan bisa meningkat di atas yang tertera di spesifikasi. Karena itu, kami mencoba untuk memeriksa boost clock di GPU TU106-200 di Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC.

Pengujian boost clock kami lakukan dengan menggunakan tool GPU-Z, dengan fitur log ketika sistem menjalankan 3DMark Fire Strike Stress Test. Dengan asumsi pencatatan clock secara digital dari aplikasi seperti GPU-Z ini akurat, akan didapatkan bacaan clock selama pengujian berlangsung. Berikut ini adalah hasil yang didapatkan Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC, baik dalam mode Default maupun OC, yang kami bandingkan dengan hasil yang dicapai GeForce RTX 2060 Founders Edition:

Terlihat bahwa iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC ini berjalan di clock di atas yang tertera di spesifikasi. Sebagai catatan, Colorful memberikan informasi bahwa boost clock dari graphics card ini ada di 1680 MHz untuk mode Default dan 1830 MHz untuk mode OC. Berikul ini adalah rata-rata clock yang dicapai selama pengujian berlangsung:

  • iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC (Default): 1841 MHz
  • iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC (OC): 1952 MHz
  • GeForce RTX 2060 Founders Edition: 1868 MHz

Mari kita lihat seperti apa efek dari clock tersebut ke hasil pengujian!

Hasil Pengujian – 3DMark

Benchmark populer, 3DMark, kami gunakan untuk mendapatkan gambaran terkait performa yang ditawarkan graphics card yang digunakan dalam pengujian kali ini. 3DMark sendiri berisi berbagai set benchmark, yang bisa memberikan gambaran performa di kondisi tertentu. Set benchmark yang kami gunakan kali ini adalah Fire Strike, Fire Strike Ultra, Time Spy, dan Time Spy Extreme. Selain itu, kami juga menjalankan tes Port Royal untuk mendapatkan skor terkait fitur ray-tracing.

Catatan: kami hanya menampilkan Graphics Score dari masing-masing graphics card di grafik pengujian 3DMark

Fire Strike

Fire Strike Ultra

Time Spy

Time Spy Extreme

Melalui hasil beberapa set benchmark 3DMark di atas, GeForce RTX 2060 terlihat menawarkan performa yang terbilang tinggi, bahkan mencapai tingkat performa GeForce GTX 1070 Ti. Terlihat juga, clock yang lebih tinggi di mode OC dari Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC membuatnya menawarkan performa yang juga relatif lebih tinggi dari mode Default. Sementara bila dibandingkan dengan GeForce RTX 2060 Founders Edition, sesuai dengan rata-rata clock yang kami bahas di atas, performa graphics card ini berada di antara mode Default dan OC dari iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC.

Port Royal

3DMark Port Royal hanya bisa dijalankan di graphics card yang mendukung ray-tracing, sehingga untuk saat ini tidak bisa dijalankan di GeForce GTX 1070 Ti yang digunakan sebagai pembanding di artikel ini. Oleh karena itu kami hanya menampilkan hasil dari GeForce RTX 2060 saja. Set benchmark itu memang ditujukan khusus untuk ray-tracing.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES