in: Graphics Card | February 28, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Review Graphics Card Colorful iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC

Ray-Tracing di Metro Exodus

Untuk ray-tracing, kami menggunakan game Metro Exodus. Kali ini, pengujian yang kami lakukan adalah dengan menggunakan tool benchmark internal dari Metro Exodus, dengan preset Ultra, tanpa fitur Gameworks, di resolusi 1920 x 1080 piksel. Pengujian kami lakukan dengan konfigurasi ray-tracing High dan Ultra, serta fitur DLSS aktif dan tidak aktif untuk masing-masing konfigurasi. Berikut ini hasil pengujian kami:

Terlihat, ray-tracing memang membuat Avg. FPS yang didapatkan menurun, hingga 22% di ray-tracing High dan 33% di ray-tracing Ultra. 1% Min. FPS pun juga turun. Sementara ketika DLSS diaktifkan, sesuai janji dari NVIDIA, penurunan yang didapatkan tidak sejauh ray-tracing tanpa DLSS. Menariknya lagi, di iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC, yang kami jalankan dalam mode OC, hasil yang didapatkan dengan DLSS membuat game ini seharusnya tetap bisa dinikmati dengan nyaman.

Konsumsi Daya

Catatan: hasil yang ditampilkan merupakan daya yang dibutuhkan oleh keseluruhan sistem, minus monitor. Pengukuran dilakukan dengan Watts Up Pro.

Kesimpulan

(+)

  • Performa tinggi untuk gaming di resolusi Full HD
  • Mode “OC” yang bisa diakses dengan mudah
  • Sistem pendingin mumpuni dengan fitur Auto Stop Technology
  • Built quality keseluruhan terbilang baik

 

(+/-)

  • Siap menjalankan ray-tracing, tetapi performanya akan “pas-pasan”
  • Kebutuhan 2x konektor 8-pin PCIe, tetapi PSU 550 Watt saat ini sudah banyak yang menawarkan konektor itu
  • iGame Status Monitor menarik, tetapi hanya berfungsi saat aplikasi iGame Zone II terbuka

 

(-)

  • Software pendukung kurang “matang”
  • Dokumentasi terkait produk sangat minim
  • Ukuran besar, memakan lebih dari 2 slot ekspansi di PC

Apa yang ditawarkan Colorful dari iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC ini bisa dikatakan sesuai dengan apa yang diharapkan dari sebuah GeForce RTX 2060. Performa yang dihasilkan sangatlah memadai untuk penggunaan di resolusi Full HD, sementara untuk 4K, performanya memang belum terlalu tinggi, yang membuat kita mungkin harus sedikit mengorbankan kualitas grafis untuk menikmati game dengan nyaman. Untuk ray-tracing, performa yang ditawarkan GeForce RTX 2060 memang belum benar-benar bisa menawarkan pengalaman terbaik, tetapi fitur itu tersedia dan bisa digunakan dengan baik.

Mode “OC” yang disediakan membuat performa graphics card ini meningkat di kisaran 4% dibandingkan dengan ketika berjalan di mode Default. Namun, perlu diketahui, konsumsi daya di mode OC juga meningkat, dengan power efficiency sekitar 7% di bawah mode Default. Bila memang performa ekstra itu dirasa dibutuhkan, memang tidak ada salahnya bila mode itu diaktifkan.

Graphics card ini dibekali Colorful dengan pendingin berukuran besar yang terbilang mumpuni. Memang, ukuran besar itu akhirnya membuatnya membutuhkan tempat lebih dari dua slot ekspansi di PC. Fitur Auto Stop Technology untuk kipas menjadi nilai lebih, sementara RGB yang ditawarkan juga tidak terlalu berlebihan.

Terkait RGB, kami sempat kebingungan karena aplikasi iGame Zone II yang sudah kami install ternyata tidak bisa digunakan untuk mengatur RGB LED. Setelah menghubungi pihak Colorful, kami mendapatkan info bahwa aplikasi yang seharusnya digunakan adalah iGame Dynamik Light. Aplikasi ini tidak kami jumpai di halaman produk iGame GeForce RTX 2060 Vulcan X OC di situs resmi Colorful. Memang, perlu diakui, situs resmi Colorful memang tidak banyak memberikan informasi dan dokumentasi terkait produk pun memang minim. Selain itu, kami juga sempat mendapati kesulitan ketika mendownload iGame Zone II, di mana link dari situs Colorful malah membawa kami ke halaman “404 Page Not Found”. Hal ini tampaknya harus diperhatikan oleh Colorful.

Secara keseluruhan, graphics card ini merupakan produk yang menarik, bisa memenuhi harapan terkait suatu graphics card dengan GeForce RTX 2060 dari sisi performa. Secara tampilan, graphics card ini juga terbilang menarik, dengan RGB LED yang tidak berlebihan. Terlepas dari dukungan aplikasi yang belum matang dan situs yang kurang informatif, produk iGame yang satu ini tetaplah layak dipertimbangkan untuk yang tengah mencari GeForce RTX 2060.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES