Review RAM Corsair Dominator Platinum RGB DDR4-3200 32GB Kit (4x 8GB)

Reading time:
February 21, 2019

Hasil Pengujian: Game

Ashes of the Singularity: Escalation (Vulkan – Extreme Preset – 1080p)

AotSE Corsair Dominator Platinum RGB AotSE

Far Cry 5 (Ultra – 1080p)

FarCry5 2019 01 27 07 42 07 851s Corsair Dominator Platinum RGB Far Cry 5 Avg Corsair Dominator Platinum RGB Far Cry 5 Min

Final Fantasy XV Benchmark (Standard – 1080p)

Final Fantasy XV jagatplay 71 600x338 1 600x338 Corsair Dominator Platinum RGB FFXV Score Corsair Dominator Platinum RGB FFXV Avg Corsair Dominator Platinum RGB FFXV Min

Kesimpulan

Corsair menawarkan RAM premium mereka dalam wujud yang lebih kekinian melalui Dominator Platinum RGB ini. Desain fisik dari lini RAM baru ini memang sepintas masih menggambarkan ciri khas dari Dominator Platinum, yang selama ini menjadi andalan Corsair di kelas premium, serta tetap hadir dengan menawarkan kecepatan tinggi, mulai dari DDR4-3000 hingga DDR4-4800. Kit yang kami terima untuk review ini adalah salah satu kit berkapasitas total 32 GB (4x 8 GB) dengan rating kecepatan DDR4-3200 CL14.

Corsair Dominator Platinum RGB 10
Corsair Dominator Platinum RGB

Kit yang kami terima ini memang bukan yang tertinggi untuk Dominator Platinum RGB, tetapi ini mungkin akan menjadi salah satu yang banyak dicari karena DDR4-3200 terbilang kecepatan yang “ramah” dengan berbagai platform yang ada saat ini. Ditambah lagi, untuk kit yang kami terima ini, Corsair menggunakan IC Samsung “B-Die” yang dikenal memiliki kompatibilitas tinggi. Sementara isi kit, 4x 8 GB, akan cocok untuk sistem dengan dukungan memori quad-channel maupun dual-channel dengan 4-DIMM.

Corsair Dominator Platinum RGB Synthetic Benchmark SummaryCorsair Dominator Platinum RGB Game Benchmark Summary

Bicara mengenai performa, Corsair Dominator Platinum RGB DDR4-3200 CL14 ini bisa dikatakan menawarkan performa sesuai dengan yang diharapkan ketika berjalan di XMP. Bila dibandingkan dengan kondisi default, RAM ini menawarkan rata-rata performance gain sekitar 19% dari berbagai benchmark sintetik yang kami gunakan. Sementara untuk game, rata-rata performance gain yang didapatkan ada di sekitar 9%.

Melihat performance gain dari XMP, untuk pengguna memori ini, sangat disarankan untuk mengaktifkan XMP dari Dominator Platinum RGB ini. Tanpa mengaktifkan XMP, pengguna akan kehilangan performa yang cukup sinifikan, karena Corsair hanya menawarkan SPD DDR4-2133 15-15-15-36 1T sebagai standar di kit RAM ini. Sementara untuk XMP, sayangnya, Corsair hanya menghadirkan 1 profil saja, tanpa ada profil ekstra untuk dukungan kompatibilitas yang lebih tinggi. Namun, di rating DDR4-3200, hal itu bisa jadi memang tidak terlalu dibutuhkan.

Masih terkait performa, kami yakin Dominator Platinum RGB ini masih memiliki headroom untuk performa lebih. Kami sempat melakukan praktik overclocking ringan di kit yang kami terima, yang sayangnya tidak sempat kami dokumentasikan, sehingga hasilnya tidak bisa kami tampilkan di artikel ini. Namun, bila Anda ingin mencoba menarik performa lebih tinggi lagi dari kit RAM ini, hal itu dipastikan dapat dilakukan.

Corsair Dominator Platinum RGB 20

Beralih ke heatspreader, sebagai produk premium, sudah sewajarnya Dominator Platinum RGB ini dibekali dengan heatspreader yang mumpuni. Heatspreader yang ada di modul RAM ini terbilang kokoh, dan disebut Corsair terbuat dari aluminium. Namun, karena heatspreader yang digunakan tersebut, modul RAM ini memiliki ketebalan yang membuat jarak antar modul menjadi sangat rapat sekali bila digunakan di dua slot DIMM yang bersebelahan. Hal ini harus menjadi perhatian tersendiri, karena fungsi heatspreader bisa saja terganggu.

Untuk RGB lighting, kami merasa apa yang ditawarkan Corsair di RAM ini tidak terlalu berlebihan. RGB lighting yang ditawarkan bisa mempercantik tampilan dari RAM, membuatnya terlihat lebih kekinian, dan itu juga tidak merusak ciri khas Dominator Platinum sebagai lini RAM premium Corsair. Dengan didukung Corsair iCUE yang menurut kami bisa memberikan fungsi pengaturan yang lengkap, serta preset efek yang memadai, RGB justru menjadi salah satu daya tarik di Dominator Platinum RGB ini.

Corsair Dominator Platinum RGB 21
Suka dengan efek-efek RGB, Anda bisa mendapatkan banyak preset yang siap ditampilkan oleh Dominator Platinum RGB di iCUE. Namun bila Anda lebih suka tampilan RGB LED “klasik”, Anda juga tetap bisa menemukannya di RAM ini.

Bila Anda memang tengah mencari RAM premium berkemampuan tinggi, dengan tampilan yang kekinian, Corsair Dominator Platinum ini bisa jadi pilihan menarik. Terlebih lagi, bila di sistem ada beberapa produk dari Corsair yang juga mendukung iCUE, Anda bisa mendapatkan efek RGB lighting yang menarik, dengan opsi Lightning Link. Bisa dikatakan, Dominator Platinum RGB ini menunjukkan bahwa Corsair bisa mendorong RAM premium mereka menjadi lebih “modern” tanpa perlu mengorbankan hal-hal premium yang telah mereka tawarkan sebelumnya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…