Review RAM Corsair Dominator Platinum RGB DDR4-3200 32GB Kit (4x 8GB)

Reading time:
February 21, 2019

Bicara mengenai RAM kelas premium, nama “Dominator Platinum” tentu saja bukan suatu hal yang asing. Lini RAM dari Corsair itu memang sejak lama dikenal sebagai RAM kelas premium, yang hadir dengan desain yang membuatnya terlihat gagah dan elegan, yang dipadukan dengan tawaran kemampuan tinggi. Kini, Corsair mencoba menghadirkan Dominator Platinum yang lebih kekinian, bukan hanya tetap terlihat gagah dan elegan, dengan kemampuan tinggi, tetapi juga dipadukan dengan hal yang banyak dicari berbagai kalangan saat ini, yaitu RGB lighting. Ya, Corsair baru saja merilis Dominator Platinum RGB!

Untitled

Masih terkait dengan Dominator Platinum RGB ini, beberapa waktu lalu Corsair mengirimkan sample salah satu kit RAM tersebut untuk kami coba. Kit yang dipinjamkan untuk kami coba itu adalah varian 32 GB (4x 8GB) dengan rating kecepatan DDR4-3200 CL14. Di artikel review ini, kami akan coba memberikan gambaran terkait apa yang ditawarkan Corsair lewat lini Dominator Platinum RGB ini berdasarkan kit tersebut.

Sepintas Mengenai Dominator Platinum RGB

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai RAM Dominator Platinum RGB ini, kami akan terlebih dahulu menjelaskan beberapa hal terkait lini RAM ini, sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Corsair. Lini RAM ini disebut Corsair tetap mempertahankan garis besar desain iconic dari lini Dominator Platinum, dengan heatspreader berbahan aluminium, top-bar berbahan zinc alloy dengan microarc oxidation. Sepintas, Dominator Platinum RGB ini memang masih terlihat mirip dengan Dominator Platinum.

Corsair Dominator Series
Tidak benar-benar sama, tapi Dominator Platinum RGB (bawah) terlihat masih mengusung gaya serupa dengan Dominator Platinum (atas).

Satu hal yang membedakan Dominator Platnium RGB dengan Dominator Platinum adalah lightbar, yang diposisikan Corsair di area fin heatspreader, di balik top-bar. Corsair memasang 12 buah Capellix RGB LED di lightbar tersebut, yang disebut bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang dari RGB LED yang digunakan Corsair di lini RAM mereka sebelumnya. Ke-12 RGB LED tersebut juga diposisikan sedemikian rupa, dalam area separasi khusus di dalam lightbar, sehingga nyala masing-masing RGB LED tidak akan “bocor berlebihan” ke sekitarnya, membuat lightbar bisa menghasilkan warna yang akurat, sesuai keinginan pengguna, bahkan untuk masing-masing RGB LED.

Beralih ke sisi performa, Corsair menyebutkan bahwa Dominator Platinum RGB ini hadir dengan PCB 10-layer yang dipadukan dengan IC DRAM yang disortir secara khusus untuk menawarkan performa tinggi. Untuk memastikan performa terjaga, heatspreader di lini RAM ini bukan hanya bertujuan untuk mendukung penampilan, tetapi juga menjaga suhu operasi modul RAM. Seperti di lini Dominator Platinum, heatspreader di lini RAM ini juga mengusung teknologi Dual-Channel DHX-Cooling, teknologi yang memang sudah lama digunakan Corsair di lini RAM kelas premium mereka.

DOMINATOR PLAT RGB 02 8UP
Dominator Platinum RGB ini tersedia dalam kit berisi 2 modul, 4 modul, dan 8 modul.

Terkait varian RAM Dominator Platinum RGB ini, Corsair menyebutkan bahwa ada beberapa varian dengan kapasitas per modul/keping 8 GB atau 16 GB. Opsi kapasitas untuk Dominator Platinum RGB ini mulai dari 2x 8 GB, 4x 8 GB, 8x 8 GB, 2x 16 GB, 4x 16 GB, hingga 8x 16 GB, dalam paket kit dual-channel dan quad-channel. Sementara untuk opsi kecepatan, Corsair menyediakan RAM ini dalam kecepatan DDR4-3000 ~ DDR4-4800, rentang yang terbilang tinggi, tetapi sesuai dengan kelas dari Dominator Platinum RGB ini.

Spesifikasi

Kini, kita beralih ke kit yang hadir di lab. pengujian kami, yang menjadi topik dari review ini. Seperti yang kami sebutkan di atas, kit yang kami terima adalah Dominator Platinum RGB 32 GB (4x 8GB) dengan rating kecepatan DDR4-3200 CL14. Berikut ini adalah tabel spesifikasi dari RAM tersebut:

Corsair Dominator Platinum RGB
ModelCMT32GX4M4C3200C14
XMP Speed RatingDDR4-3200
XMP Timings
14-14-14-34
Capacity32GB (4x 8GB)
XMP Voltage1.35v
Memory TypeUnbuffered
Form Factor288-pin DIMM

 

DOMINATOR PLAT RGB 03 4UP

Sementara untuk detail dari RAM tersebut, kami menggunakan aplikasi Thaiphoon Burner. Berikut ini data yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut untuk RAM Dominator Platinum RGB ini:

Screenshot 4R

Thaiphoon Burner menunjukkan bahwa Dominator Platinum RGB ini menggunakan IC DRAM dari Samsung, yaitu K4A8G085WB-BCPB. IC ini sendiri banyak dikenal sebagai “Samsung B-Die”, dan terbukti memiliki kompatibilitas yang sangat baik dengan platform berbasis prosesor Intel maupun AMD. Tentunya, penggunaan IC ini merupakan nilai positif tersendiri. Bila Anda penasaran dengan IC tersebut, Anda bisa mencoba mencari informasi lebih banyak di datasheet ini.

Konfigurasi IC di setiap keping modul RAM ini adalah 1Rx8, yang menunjukkan konfigurasi single-sided/single-rank. IC yang digunakan memiliki kapasitas 8Gbit/1 GB, sehingga untuk mencapai kapasitas per modul 8 GB, dibutuhkan 8 buah IC. Sebagai informasi tambahan, terdapat moduk Dominator Platinum RGB dengan kapasitas 16 GB, yang berarti modul itu akan menggunakan konfigurasi yang berbeda dengan modul yang kami terima ini.

SPD di modul RAM ini mengusung kecepatan DDR4-2133, dengan timing 15-15-15-36 1T. Hal tersebut tentu saja harus menjadi perhatian tersendiri bagi pengguna, karena tanpa mengaktifkan XMP, pengguna hanya akan mendapatkan kecepatan DDR4 yang tergolong rendah. Sementara untuk XMP, RAM ini hanya dilengkapi 1 konfigurasi XMP, yaitu dengan kecepatan DDR4-3200 14-14-14-34 2T, dengan voltase 1.35 Volt.

Informasi lebih lanjut terkait Dominator Platinum RGB ini bisa dilihat di situs resmi Corsair: Dominator Platinum RGB

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…