in: Storage Devices | February 28, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: HDD Seagate IronWolf 14TB

Seagate saat ini tengah agresif dalam menawarkan produk HDD (Hard Disk Drive) di pasaran dengan kapasitas yang semakin masif. Beberapa waktu lalu, kami sempat menguji salah satu koleksi HDD milik Seagate yang memiliki kapasitas besar, 14 TB, yakni Seagate BarraCuda Pro. Kali ini, kami kedatangan kembali HDD Seagate dengan kapasitas yang sama, namun dengan nama seri yang berbeda, Seagate IronWolf. Umumnya, desain antara Seagate IronWolf dan BarraCuda Pro memang sama, bahkan termasuk juga ditawarkan dengan kapasitas yang sama. Akan tetapi, Seagate IronWolf ini lebih ditujukan untuk penggunaan perangkat NAS (Network Attached Storage). Ingin tahu lebih lengkap mengenai HDD Seagate IronWolf 14 TB yang mampir ke meja pengujian kami ini? Berikut pembahasan lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda!

Paket Penjualan

Seagate IronWolf 14 TB yang datang ke meja pengujian kami hadir dalam paket yang sangat sederhana. HDD ini miliki masa garansi selama 5 tahun. Akan tetapi, Seagate menawarkan paket perlindungan optimal berupa “Rescue Data Revovery Services” selama 2 tahun apabila HDD mengalami kerusakan mekanis, ketidaksengajaan atau bencana alam. Dan pastikan bahwa produk HDD Seagate memiliki stker hologram MFI (Made For Indonesia).

The Storage

Sebagai perangkat penyimpanan yang ditujukan untuk NAS, Seagate IronWolf memiliki form factor 3.5 inch. Untuk Seagate IronWolf 14 TB ini merupakan kapasitas yang paling tinggi di kelasnya. Seagate merancang HDD ini menggunakan 8 platter (piringan) tipe PMR yang terpasang secara rapat dan tertutup serta mengusung teknologi Helium. Oleh karena Seagate IronWolf dirancang untuk perangkat NAS yang biasanya selalu digunakan dalam 7x 24 jam, tentunya media penyimpanan ini memiliki ketahanan terhadap “siksaan”.

Siksaan yang kami maksud disini adalah agar bisa awet bekerja di lingkungan NAS yang biasanya bekerja secara non-stop, Seagate membekali HDD seri IronWolf ini dengan Rotational Vibration (RV) Sensor yang mendukung HDD itu untuk bisa mengatasi potensi bahaya dari getaran yang dihasilkan oleh beberapa HDD yang bekerja bersamaan di dalam NAS.

Selain itu, Seagate IronWolf juga turut dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan perangkat NAS dapat melakukan analisis terhadap kesehatan HDD Seagate IronWolf. Fitur tersebut bernama IronWolf Health Management. Melalui fitur ini, pengguna nantinya bisa juga bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum masalah terjadi, sehingga kehilangan data bisa diatasi.

Kecepatan rotasi yang ditawarkan Seagate IronWolf 14 TB ini adalah 7200 RPM. Seagate IronWolf turut dilengkapi dengan DRAM Cache sebesar 256 MB. HDD ini juga diklaim memiliki MTBF mencapai 1 juta jam. Konsumsi daya yang dibutuhkan Seagate IronWolf 14 TB ini pada mode operasi hanya membutuhkan daya 7.9 W saja. Pada waktu idle hanya memakan daya 5.3 W. Mau tahu seperti apa hasil performa yang kami uji pada Seagate IronWolf 14 TB ini? Simak hasil pengujiannya lebih lanjut pada halaman berikut.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Motherboard Z270
  • RAM DDR4 16GB (4x 4GB)
  • SSD NVMe
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU 550 watt
  • Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES