in: Storage Devices | February 28, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: HDD Seagate IronWolf 14TB

Pengujian

Meski Seagate IronWolf memang lebih ditujukan untuk perangkat NAS, kami tetap menguji HDD ini dengan dua buah software sintetis serta pengujian real world dengan melakukan proses transfer file besar dan kecil berkapasitas 40 GB. Seperti biasa, kami menyertakan HDD dengan kecepatan 7200 RPM hanya semata-mata sebagai pembanding saja. Dan berikut adalah hasil pengujian dari Seagate IronWolf 14 TB.

HD Tune

Pada hasil pengujian pertama melalui software sintetis HD Tune, Seagate IronWolf 14 TB menampilkan performa yang lebih menjanjikan dibanding HDD pembanding.

CrystalDisk Mark

Begitu pula pada pengujian software sintetis CrystalDisk Mark, sequential Read dan Write yang ditampilkan oleh Seagate IronWolf 14 TB ini menunjukkan skor yang sama.

Tes Transfer File 40 GB

Dengan performa Read dan Write mencapai hingga 260 MB/s, pada hasil pengujian real world dengan melakukan tes transfer file besar dan kecil yang masing-masing berkapasitas 40 GB, HDD ini menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dibanding HDD pembanding.

Kesimpulan

Dalam beberapa bulan terakhir, persaingan HDD yang ditujukan untuk perangkat NAS bisa dikatakan makin meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari makin dibutuhkannya perangkat NAS untuk perusahaan menengah dan kecil, bahkan NAS untuk rumahan. Selain itu, produsen HDD juga tengah rajin dalam menawarkan HDD untuk NAS dengan kapasitas yang semakin besar, termasuk Seagate. HDD Seagate IronWolf kini ditawarkan dengan banyak pilihan kapasitas, mulai dari 1 TB, 2 TB, 3 TB, 4 TB, 6 TB, 8 TB, 10 TB, 12 TB dan 14 TB. Sepintas, Seagate IronWolf ini memang terlihat seperti HDD biasa yang ada di pasaran, bahkan performa yang ditawarkan tergolong mirip dengan Seagate BarraCuda Pro 14 TB yang sempat kami ulas bulan lalu.

Namun dengan adanya beberapa fitur khusus yang dihadirkan seperti IronWolf Health dan RV Sensor yang membuat HDD dari Seagate ini memang memiliki peran yang lebih dikhususkan untuk perangkat NAS. Fitur IronWolf Health dapat berfungsi untuk memantau kondisi dari HDD Seagate IronWolf. Sehingga Anda dapat melakukan pencegahan apabila muncul adanya gejala awal kerusakan, sehingga Anda pun bisa melakukan penyelamatan data-data penting. Sedangkan RV Sensor dapat mengatasi potensi bahaya dari getaran yang dihasilkan oleh beberapa HDD yang bekerja bersamaan di dalam NAS.

Jika Anda membutuhkan sebuah media penyimpanan berkapasitas besar untuk perangkat NAS serta memiliki ketangguhan yang baik, maka Seagate IronWolf 14 TB ini bisa menjadi solusi pilihan Anda. Harga yang ditawarkan Seagate IronWolf 14 TB ini adalah Rp. 8.835.000. Memang harga yang tergolong cukup tinggi mengingat kapasitasnya yang lapang serta kegunaannya untuk perangkat NAS yang biasa digunakan untuk menyimpan data-data penting. Terlebih lagi bagi Anda yang berprofesi sebagai konten kreator video profesional yang membutuhkan media penyimpanan berkapasitas lapang, HDD dari Seagate yang satu ini memang layak untuk Anda pilih.

 

Kelebihan:
  • Kapasitas Lapang
  • Performa kencang
  • Dirancang untuk NAS

Kekurangan:

  • Harga tergolong tinggi
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES