in: News | March 12, 2019 | by: Friska Suryawinata

Adobe Shockwave Player akan Hentikan Operasinya April 2019

Sebelumnya, sempat ada kabar bahwa Adobe Flash akan menutup layanannya mulai tahun 2020 mendatang, dengan saat ini beberapa situs mulai beralih ke teknologi baru yang nantinya akan menggantikan peran Adobe Flash tersebut. Nampaknya, Adobe juga akan sekaligus menghentikan satu layanannya lagi yakni Adobe Shockwave Player, di mana penutupan layanan akan dimulai 9 April 2019 mendatang.

Layanan tersebut akan berhenti untuk sistem operasi Windows, di mana layanannya pada Mac telah lebih dulu berhenti dua tahun lalu. Tentunya, bagi konsumen enterprise yang masih terikat kontrak, layanan ini baru akan berhenti total di tahun 2022 mendatang.

Penghentian layanan dari Adobe ini sama sekali bukan hal yang mengejutkan, mengingat beberapa situs kini telah mengadopsi teknologi baru seperti HTML5 yang nantinya akan menggantikan fungsi Showckwave player tersebut. Beberapa pengembang situs saat ini juga sudah mulai meninggalkan Shockwave sehingga mereka takkan mengalami masalah atau bug pada situs yang mereka kembangkan untuk ke depannya. Hanya saja, jika situs lama masih menggunakan Shockwave, tentunya hal ini akan menjadi masalah besar dan pemilik situs perlu mengganti atau mengadopsi teknologi yang lebih baru.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES