in: Direct Release | March 21, 2019 | by: Jagat Review

Direct Release: VMware Dukung Akselerasi Transformasi Digital di Asia Tenggara, Optimalkan Potensi Ekonomi dari Industri 4.0

Updates dari portofolio VMware Cloud serta peluncuran VMware Cloud on AWS membawa perubahan berarti bagi perusahaan dalam mengoptimalkan datangnya gelombang pertumbuhan ekonomi di Asia

 

Jakarta, INDONESIA – 21 Maret 2019 – VMware, Inc. (NYSE: VMW), hari ini mengumumkan sejumlah peningkatan kapabilitas atas solusi VMware Cloud sebagai Fondasi Digital yang esensial untuk perusahaan dalam mengkapitalisasi hadirnya gelombang Industri 4.0 yang tengah melanda kawasan Asia. Peningkatan kapabilitas ini berlaku untuk VMware Cloud Foundation, VMware vCloud Director, dan CloudHealth by VMware. VMware juga memperluas akses untuk layanan cloud melalui VMware Cloud yang berbasis di Singapura, serta berkomitmen untuk meningkatkan kemitraan global dengan mitra-mitra baru VMware Cloud Verified.

Konvergensi teknologi-teknologi baru dengan sistem mesin otomasi mendorong menjamurnya smart factory di Asia, seiring dengan perkembangan Industri 4.0 yang membawa angin segar bagi industri manufaktur. Di kawasan Asia Tenggara, gelombang Industri 4.0 diperkirakan akan membawa arus kapital senilai US$216 miliar hingga US$637 miliar setahun pada tahun 2025.

Salah satu komponen dari Industri 4.0 adalah Cloud, dimana Cloud menjadi fondasi untuk komponen lain seperti AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan), Big Data, dan Data Science.

Banyak perusahaan memulai perjalanan multi cloud dalam membangun kemampuan bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Perjalanan ini didukung dengan dua strategi utama Cloud: Hybrid Cloud dan Native Public Cloud.  Kedua jalur ini digunakan untuk membuka peluang bisnis baru dengan cara yang unik dan berbeda, membantu perusahaan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi yang cepat di kawasan ini.

“Pelaku bisnis di Asia Tenggara sadar betul dengan dampak ekonomi yang luar biasa dari Industri 4.0. Untuk itulah mereka semakin sigap dan gencar dalam mengupayakan terwujudnya transformasi digital, sehingga para pelaku bisnis cepat meraih peluang yang ada di depan mata,” tutur Sanjay K. Deshmukh, vice president dan managing director, Asia Tenggara dan Korea, VMware. Sanjay melanjutkan, “VMware berkomitmen untuk menghadirkan sebuah fondasi digital yang tepat dalam rangka mendukung perusahaan-perusahaan meraih sukses di kancah revolusi Industri 4.0. Serangkaian peningkatan kapabilitas terhadap portofolio Cloud milik VMware, serta mulai tersedianya solusi VMware Cloud on AWS di Singapura diharapkan akan turut memacu kesuksesan penerapan strategi multi-cloud di setiap perusahaan, seiring dengan makin pesatnya pertumbuhan bisnis mereka.”

 

VMware Cloud Foundation, Solusi untuk Hybrid Cloud

VMware Cloud Foundation merupakan solusi terkemuka yang ada di industri saat ini untuk hybrid cloud. Solusi ini merupakan pengejawantahan dari sebuah infrastruktur hyperconverged (HCI), dengan merangkai seluruh kapabilitas infrastruktur cloud yang esensial, seperti komputasi, storage, jaringan, serta pengelolaan cloud secara terintegrasi.

VMware Cloud Foundation merupakan satu-satunya solusi full-stack yang menyediakan infrastruktur dan operasional secara konsisten sehingga mampu mendukung proses modernisasi data center, serta migrasi aplikasi dan seluruh data center ke cloud dengan cepat. Solusi ini mendukung diterapkannya strategi scale on demand dalam penerapan strategi disaster recovery di lingkungan IT perusahaan. Solusi tersebut mampu memenuhi kebutuhan perusahaan, di saat mereka melakukan ekspansi, ataupun pengembangan-pengembangan terhadap aplikasi-aplikasi terdepan (next-generation applications) di data center yang modern.

VMware mengumumkan bahwa VMware Cloud Foundation 3.7 akan tersedia di DellEMC VxRail mulai Q1FY20. VMware Cloud Foundation merupakan stack infrastruktur hybrid cloud pertama di industri, hasil joint-engineering antara VMware dan DellEMC. Solusi tersebut terintegrasi dengan arsitektur full stack HCI yang fleksibel dan siap untuk mendukung aplikasi-aplikasi tradisional dan modern. VMware Cloud Foundation on VxRail memberikan kesempurnaan terpadu antara fitur-fitur teknologi DellEMC dengan VMware. Fitur-fitur istimewa ini mendukung sistem operasional yang efisien, menghadirkan pengelolaan lifecycle full stack secara end-to-end, dan pengelolaan hardware-through-software-nya yang terpadu.

Cloud Foundation on VxRail memberikan performa yang optimal, tingkat skalabilitas yang tinggi, serta penghematan total cost of ownership (TCO), dengan mengurangi biaya kapital dan operasional. Solusi ini hadir dengan tingkat resiliensi dan prediktabilitas yang tinggi, serta kemudahan deployment.

Co-engineering dan integrasi teknologi antara DellEMC VxRail dengan VMware Cloud Foundation menunjukkan keunggulan dari Dell Technologies yang berbeda dengan solusi infrastruktur vendor lain yang dijalankan di atas VMware Cloud Foundation,” tutur Gil Shneorson, senior vice president dan general manager, Dell EMC VxRail. “Dengan integrasi ini, kami mampu memberikan solusi tercepat, termudah, dan bebas kendala dalam penggunaan Hybrid Cloud dengan VMware.

VMware Cloud Foundation 3.7 kini telah mendukung fully automated deployment VMware Horizon 7 virtual desktop infrastructure (VDI) yaitu proses instalasi Horizon 7, App Volumes, User Environment Manager, hingga Unified Access Gateway.

VMware Cloud Foundation merupakan fondasi layanan cloud infrastructure-as-a-service (IaaS) dari VMware dan mitra VMware Cloud Verified, serta untuk model layanan baru seperti VMware managed SDDC as-a-service untuk on-premises dan edge computing.

VMware juga mengumumkan ekspansi layanan-layanan VMware berbasis Cloud Foundation dari VMware beserta mitra-mitranya, meliputi:

  • Penambahan region untuk VMware Cloud on AWS: VMware Cloud on AWS didukung oleh Cloud Foundation, dan dihadirkan oleh VMware beserta seluruh mitranya. Dengan mulai dibukanya layanan AWS APJ (di Singapura), kini VMware Cloud on AWS telah tersedia secara luas di 13 kawasan AWS di seluruh dunia. VMware bersama dengan AWS menyatakan komitmen bersama dalam menghadirkan layanan ke seluruh kawasan-kawasan utama AWS di dunia pada akhir tahun kalendar 2019.
  • Penambahan mitra cloud menawarkan layanan VMware Cloud on AWS: lebih dari 60 mitra VMware yang saat ini tengah membangun atau menyuguhkan layanan terkelola untuk VMware Cloud on AWS. Lebih dari 280 mitra telah meraih VMware Cloud on AWS Solution Competency, dalam waktu kurang dari satu tahun sejak diluncurkannya program kemitraan VMware Cloud on AWS.
  • Penambahan mitra yang bergabung dalam VMware Cloud Verified Partners: VMware saat ini memiliki 35 mitra yang tergabung dalam VMware Cloud Provider Program yang telah ber-status Cloud Verified. Mitra-mitra VMware Cloud Verified merupakan mitra strategis VMware dalam menghadirkan penawaran-penawaran layanan VMware SDDC as a service maupun layanan nilai tambah dengan menggunakan Cloud Foundation. Logo yang tertera pada Cloud Verified menjadi ukuran tingkat kepercayaan perusahaan bahwa penyedia layanan telah dibekali dengan teknologi-teknologi canggih dan terlengkap dari VMware, dengan bangunan infrastruktur dan sistem operasi yang konsisten di seluruh cloud.

 

Peningkatan Layanan VMware Cloud Provider Program (VCPP)

Mitra-mitra yang tergabung dalam VCCP kini telah melayani lebih dari 150.000 pelanggan secara kolektif melalui jutaan VM. Pelanggan menerima manfaat secara optimal dari diferensiasi cloud kelas enterprise yang tangguh melalui inovasi-inovasi mutakhir dari VMware yang memberikan kemudahan dalam pengadopsian dan pengelolaan hybrid cloud di atas infrastruktur yang konsisten dan disertai dengan layanan cloud mutakhir.

Rilis VMware vCloud Director 9.7 terbaru mampu mendukung diferensiasi layanan hybrid cloud mitra VCPP, dengan menghadirkan layanan baru oleh penyedia layanan cloud melalui sistem pengelolaan cloud global yang terpusatkan. VMware vCloud Director 9.7 kini hadir dengan skalabilitas yang kian tinggi, serta framework ekstensibilitas yang kian canggih. Platform vCloud Director akan menggabungkan skema pengelolaan private cloud dengan multi-tenant cloud di seluruh footprint lingkungan berbasis VMware yang dihadirkan oleh penyedia layanan cloud global. Langkah ini mendukung proses pemonitoran dan pengelolaan beragam lingkungan, dari lingkungan vSphere on-premise hingga multi-tenant provider clouds, mejadi kian simpel.

Framework ekstensibilitas tersebut juga mampu mendukung para penyedia layanan cloud dalam menghadirkan layanan mutakhir yang terdiferensiasikan di platform multi-tenant yang dibangun dari solusi-solusi yang diusung oleh pihak ketiga mitra ekosistem, seperti Cohesity, Dell EMC dan Rubrik.

Rilis VMware vCloud Availability 3.0 yang terbaru akan mampu memadukan beragam layanan, seperti onboarding, migrasi, serta disaster recovery ke dan antar masing-masing multi-tenant clouds, sehingga memungkinkan dihadirkannya layanan availability mutakhir secara ekonomis. Proses integrasi yang dilakukan secara native melalui vCloud Director dan antarmuka modern mempermudah pengguna dalam menyelenggarakan layanan dan manajemen dengan lebih cepat.

 

CloudHealth By VMware Percepat Kesuksesan Penyelenggaraan Cloud

Banyak perusahaan telah beralih ke cloud dikarenakan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya:  Agility, aman, dan strategi time-to-market yang lebih cepat. Namun, biaya yang tinggi menjadi kendala bagi pelaku bisnis dalam mengkapitalisasi seluruh potensi cloud dalam menunjang terselenggaranya transformasi digital. Dengan lebih dari 4.000 pelanggan, CloudHealth by VMware mampu mendukung pelanggan dalam mengelola, mengoperasikan, serta menerapkan perlindungan keamanan pada lingkungan multi cloud mereka.

Dengan CloudHealth, pelanggan dapat mengkolaborasikan seluruh lini bisnis dalam membuat keputusan terkait pengelolaan biaya, penerapan keamanan, dan tata kelola, sekaligus mendukung dalam meningkatkan skalabilitas lingkungan multi cloud. CloudHealth memberikan kapabilitas next-generation cost management yang dapat meningkatkan return on investment (ROI) atas penggunaan cloud, dengan cara menunjukkan area yang memakan banyak biaya, aplikasi-aplikasi yang mengkonsumsi banyak sumber daya, serta cara untuk melakukan right sizing dan optimalisasi.

Fitur-fitur mutakhir CloudHealth meningkatkan kapabilitas dan fungsionalitas pengelolaan biaya yang lebih canggih, termasuk fitur pelaporan multi cloud, pelaporan multidimensi, pelaporan workspace, amortisasi canggih, otomatisasi convertible Reserved Instance (RI) exchanger, container cluster visibility, hingga cross-family rightsizing untuk Amazon EC2.

Platform CloudHealth kini juga telah terintegrasi dengan Wavefront by VMware, platform cloud analitik dan monitoring. Melalui integrasi ini, pelanggan CloudHealth dapat mengakses metriks performa cloud Wavefront melalui CloudHealth untuk optimalisasi performa dan rightsizing dari kaca mata bisnis. Perpaduan ini memungkinkan CloudHealth untuk mengoptimalkan kapabiitas Wavefront, termasuk metriks penggunaan infrastruktur multi cloud (AWS, Azure, GCP) secara granular dan real time. Pelanggan juga disuguhi dengan sejumlah rekomendasi yang tepat dalam menerapkan penghematan biaya.

 

Referensi

Simak selalu informasi terbaru dari VMware Cloud melalui platform media sosial Facebook, LinkedIn, Twitter, dan YouTube

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES