in: Printer | March 11, 2019 | by: Friska Suryawinata

Hands-On Printer All-In-One HP Ink Tank 415

Memiliki sebuah printer tidaklah sama dengan memiliki perangkat mobile seperti smartphone. Umumnya, pengguna tidak akan sering berganti-ganti model printer jika printer yang dimiliki sudah sesuai dengan kebutuhan atau aktivitas sehari-harinya. Walau mungkin tidak semua orang pasti memiliki printer di rumahnya masing-masing, perangkat ini masih menjadi perangkat mendasar, terutama bagi mereka yang kesehariannya membutuhkan cetak dokumen dengan jumlah lumayan banyak.

Printer sendiri kini sudah mulai mengalami pergeseran tren, di mana dahulu tangki tinta lebih banyak dipasang di dalam printer itu sendiri, kini beberapa merk printer mulai menerapkan sistem tangki di luar printer untuk memudahkan penggunanya dalam mengatur maupun mengisi ulang sendiri isi tinta dalam tangki tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh HP terhadap printer seri Ink Tank miliknya, di mana tangki berada di samping printer dengan jaminan lebih efektif, efisien serta mudah dikontrol terutama ketika isi tinta mulai habis.

Salah satu produk Ink Tank dari HP, yakni HP All-In-One Ink Tank 415, telah hadir di Jagat Review untuk kami uji coba secara singkat. Selain menawarkan sistem Ink Tank yang tentunya lebih mudah dan tidak akan berantakan saat pengisian ulang berlangsung, HP juga menjamin bahwa printer ini mampu mencetak dalam volume tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Seperti apa performa dan kemampuan dari printer all-in-one yang satu ini?

Desain dan Spesifikasi

Dengan berdimensi sekitar 525 x 553.5 x 256.6 mm serta bobot 4,67 kg, HP Ink Tank 415 tergolong sebagai printer all-in-one yang cukup compact dan mudah untuk dipindahtempatkan. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah signifikan ketika ditaruh di ruangan terbatas.

Secara desain dan bentuknya, printer HP ini nampak seperti printer all-in-one pada umumnya, dengan kemampuan utamanya untuk melakukan pencetakan dokumen, tetapi juga dilengkapi dengan scanner tipe flatbed untuk fitur scan atau copy. Sayangnya, karena tipe scanner hanya memiliki tipe flatbed dan tidak memiliki tipe ADF (automatic document feeder), maka printer ini belum bisa mendukung cetak dokumen duplex atau bolak-balik.

Paper tray terdiri dari dua jenis, yakni tray input dan tray output, di mana tray input mampu menampung sekitar 60 lembar kertas dan tray output mampu menampung setidaknya 25 lembar kertas. Dukungan kertas yang bisa dicetak menggunakan printer ini terdiri dari ukuran kertas A4, B5, A6 serta amplop DL 22 x 11 cm, cukup untuk digunakan sebagai alat cetak, scan atau copy sehari-hari walau sayangnya belum bisa untuk mendukung ukuran kertas yang lebih besar lagi.

Pada bagian permukaan, tepat di sebelah posisi scanner, printer HP Ink Tank 415 memiliki panel kontrol utama yang terdiri dari 9 tombol fisik dan layar LCD untuk informasi terkait status printer. Display-nya sendiri bisa menunjukkan jumlah lembar cetakan/copy yang tersisa, status koneksi WiFi, status WiFi-Direct, status printhead, dan error. Sementara 9 tombol pada panel kontrol utama terdiri dari tombol untuk cancel, wireless, WiFi-Direct, Color Copy, resume, information, ePrint, dan Black Copy. Tombol power (ON/OFF) juga berada di panel kontrol yang sama.

Pada sisi kanan printer, merupakan tempat di mana tangki tinta (Ink Tank) berada. Tangkinya sendiri terdiri dari empat jenis warna, yakni warna hitam dengan kapasitas tinta 80ml, serta warna Cyan, Magenta, dan Yellow dengan kapasitas tinta 70ml. Dalam hal ini, printer bisa mencetak dokumen hingga maksimal 8000 halaman warna, serta 6000 halaman hitam putih.

Printer all-in-one HP Ink Tank 415 ini telah mendukung Wireless, sehingga pengguna bisa melakukan cetak dokumen atau file tertentu melalui aplikasi smartphone HP Smart App, atau bisa dengan ePrint di mana pengguna hanya perlu mengirimkan email kepada printer untuk kemudian printer bisa mencetak isi email yang dikirimkan tersebut. Konektivitas selain wireless yang juga terdapat pada printer terdiri dari konektor USB Type B dan konektor AC-Input untuk menghubungkan printer dengan listrik, juga menghubungkan printer dengan PC lewat USB.

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh HP Ink Tank 415 ini adalah tidak ada pembatasan cetak dokumen dengan counter, yang umumnya masih ada pada printer-printer sejenis. Pada printer ini, pengguna tidak perlu khawatir jika sudah mencapai batas cetak tertentu dan butuh di-reset, karena HP tidak memberikan pembatasan tersebut sehingga pengguna tetap bisa menggunakan printer, bahkan hingga tinta sudah berulang diisi kembali. Hal lain yang juga diperkenalkan oleh HP Ink Tank terbaru adalah Air Purger. Sistem ini memiliki fungsi untuk membuang udara dalam selang tinta sehingga mencegah terjadinya gelembung udara ketika proses mencetak dimulai, sehingga proses jalur tintanya akan jauh lebih cepat karenanya dan tidak perlu menunggu hingga gelembung udara tersebut hilang dengan sendirinya. Terakhir, printer HP Ink Tank sudah menggunakan sistem Vacuum, di mana sistem ini memungkinkan printer untuk tidak lagi memerlukan bak penyerap tinta untuk menampung sisa-sisa tinta yang terbuang saat pencetakan terjadi.

Dari segi kelengkapan paket penjualan, HP memberikan paket penjualan yang lengkap untuk printer yang satu ini. Dalam isi box, terdapat satu unit printer HP Ink Tank 415, empat botol tinta, dua printhead, kabel adapter, kabel USB, CD instalasi, petunjuk penggunaan serta kartu garansi.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES