in: Printer | March 11, 2019 | by: Friska Suryawinata

Hands-On Printer All-In-One HP Ink Tank 415

Uji Coba Singkat

Pengujian Print dokumen B/W (hitam putih) ukuran kertas A4 dengan kualitas Draft secara Simplex (satu sisi), hasil menunjukkan bahwa printer mampu menghasilkan 13 ipm. Sementara untuk pengujian Print dokumen Color (berwarna) ukuran kertas A4 kualitas Draft secara Simplex, printer mampu menghasilkan sebanyak 8 ppm.

Untuk uji Copy, printer menghasilkan sebanyak 8 ipm dalam kondisi kertas A4 kualitas normal dan hitam putih. Sementara untuk warna, printer mampu melakukan copy sebanyak 4 ppm dengan kertas ukuran A4 kualitas normal.

Melihat kualitas hasil cetaknya, HP Ink Tank 415 memiliki kerapatan hasil cetak yang cukup baik, untuk hitam putih maupun warnanya. Tinta hitamnya menggunakan tinta pigmen yang mampu membuat hasil cetak dokumen teks atau hitam putih tidak mudah luntur atau “bleber“, tinta juga cepat kering tidak lama setelah hasil cetak dokumen selesai diproses oleh printer. Sementara untuk hasil kualitas cetak warnanya juga tidak buruk, dengan kerapatan warna termasuk baik terutama jika hendak menggunakan printer ini untuk mencetak foto warna. Dari hasil uji, hasil cetak foto cepat kering juga dan tidak mudah luntur, terlebih ketika hasil cetak tidak sengaja tertumpah percikan air dan tintanya tidak mudah luntur selama penggunanya tidak menggosok media terlalu keras untuk mengeringkan hasil cetak tersebut.

Kesimpulan

Dalam mengelola sebuah printer, hal yang selalu dipermasalahkan oleh penggunanya adalah masalah pengisian ulang tintanya. Dengan HP Ink Tank 415 yang sudah dilengkapi dengan teknologi Ink Tank tersebut, pengisian ulang tinta tidak akan jadi kendala besar lagi karena selain tidak mudah bocor, pengisian ulang juga tergolong lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola mengingat tangki tinta kini berada di luar produk printer. Kapasitas atau volume tinta yang diberikan juga cukup besar, dengan kemampuan cetak bisa mencapai 8.000 halaman untuk warna, serta 6.000 halaman untuk hitam putih hanya dengan bergantung kepada jumlah tinta yang diberikan di paket penjualan awal. Dengan sistem Ink Tank ini, pengguna tidak perlu repot untuk mengisi ulang tinta lagi dan hanya perlu membeli botol tinta isi ulang yang bisa dengan mudah didapatkan secara resmi, tentunya dengan harga cukup terjangkau.

Namun demikian, harus diakui bahwa printer HP Ink Tank 415 ini sayangnya tidak memiliki kemampuan cetak dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi untuk bisa menunjang kebutuhan cetak dokumen yang lebih banyak, walaupun paper tray-nya sendiri memiliki besar input setidaknya 60 lembar kertas. Dukungan cetak duplex juga belum tersedia dalam printer ini. Scanner hanya tersedia dalam jenis flatbed, bukan ADF, sehingga hasil copy tidak bisa dalam bentuk duplex (bolak-balik) secara langsung.

Mengesampingkan beberapa kekurangannya, harus diakui bahwa printer HP Ink Tank 415 ini memiliki fitur yang tergolong lengkap dan sudah mumpuni untuk menunjang kebutuhan personal, rumahan, hingga bisnis kecil. Harga tintanya sendiri untuk isi ulang warna yang bervolume 70 ml dihargai Rp 100.000 per botolnya, sementara isi ulang hitam ukuran 135 ml dihargai Rp 120.000. Artinya, pengguna hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20 hingga Rp 30-an saja untuk bisa mencetak satu halaman penuh dan harga per halaman ini sendiri tergolong cukup hemat. Satu unitnya sendiri dibanderol seharga Rp 2.650.000, membuat printer all-in-one HP Ink Tank 415 Wireless ini cukup terjangkau dengan keragaman fitur dan teknologinya.

Key Spec:

Platform All-In-One
Metode Cetak HP Thermal Inkjet
Effective Print Resolution 4800 x 1200 optimized dpi color
Kecepatan Cetak B/W (draft) 19 ppm
Kecepatan Cetak Warna (draft) 15 ipm ppm
Konektivitas

USB, Wireless

Jaringan Available
Input Tray #1 60 sheet
Compatible Media Sizes A4, B5, A6 serta amplop DL 22 x 11 cm
Copier Function Available
Scanner Function Available (flatbed)
Dimensi Produk 525 x 553.5 x 256.6 mm
Berat Produk 4.67 Kg
Harga Rp 2.650.000
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES