in: Highlights - News | March 26, 2019 | by: Irham

QLED 8K TV Samsung Siap Meluncur di Tanah Air, Harga Tertinggi Rp. 1,5 Miliar

Di ajang Samsung Forum 2019, QLED 8K TV menjadi salah satu produk yang paling menarik perhatian pengunjung. Tentu saja ini karena ini adalah produk pertama dari Samsung yang menghadirkan resolusi 8K. Seiring meningkatnya demand akan TV dengan layar yang besar diatas 65 inci yang terus meroket, Samsung pun menghadirkan teknologi 8K pada line up QLED TV mereka.

Layar yang besar tentunya membutuhkan jumlah piksel yang lebih banyak untuk kerapatan piksel yang tetap tinggi dalam menghasilkan gambar yang tetap optimal. Teknologi 8K yang dihadirkan oleh Samsung menjadi solusi agar televisi dengan layar besar tetap dapat menampilkan gambar yang terbaik.

Teknologi QLED 8K TV dari Samsung ini memiliki teknologi AI dengan dibekali oleh prosesor Quantum 8K. Prosesor ini memiliki fitur AI yaitu untuk fitur AI Upscaling dan juga AI Sound. AI Up scaling memanfaatkan kinerja prosesor yang disebut Machine Learning Super Resolution, untuk mengubah konten asli yang belum menggunakan resolusi 8K dan ditampilkan dengan format 8K.

Secara otomatis AI Upscaling juga menyesuaikan tekstur objek, melakukan noise reduction dan merestorasi ketajaman pada gambar. Sebagaimana prosesor Quantum 8K ini memiliki kecerdasan buatan, prosesor ini menyimpan database gambar baik secara offline maupun update secara online untuk menampilkan gambar yang semakin baik. Sumber yang dapat di upscaling bisa dari berbagai media mulai dari file hardisk, konsol game, Blu-Ray player, dan lain-lain.

“Saat ini konten 8K sendiri masih sangat terbatas, untuk itulah fitur upscaling di QLED 8K TV ini dihadirkan. Agar dapat menghasilkan gambar dengan format standar menjadi kualitas 8K. idak akan sebagus konten originalnya memang. Tapi paling tidak konsumen bisa menikmati konten 8K dari sumber-sumber yang ada saat ini sekarang mulai dari SD, HD, FHD, UHD (4K). Semakin tinggi kualitas dari sumber asli, semakin bagus pula yang ditampilkan,” ujar Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV & Audio Visual Samsung Indonesia, saat Samsung Forum 2019 berlangsung.

Sedangkan fitur AI Sound, memungkinkan televisi pintar untuk menghadirkan profil suara secara otomatis yang sesuai dengan konten yang ditampilkan. Semisal pada siaran berita, suara pembicara akan terdengar lebih jelas. Sedangkan pada tayangan film, suara akan terdengar lebih megah. Pengguna tak perlu lagi repot mengatur profil suara untuk tayangan yang diinginkan.

Selain itu QLED 8K TV Samsung ini juga dibekali dengan teknologi DIrect Full Array. Dimana lampu pencahayaan LED dipancarkan langsung dari balik panel dengan jumlah yang banyak. Fungsinya agar panel layar mampu memberikan kontras pencahayaan yang lebih baik. Saat di demokan, memang terlihat QLED TV8K hampir menyamai kualitas kontras dari teknologi panel OLED. QLED juga memiliki keunggulan lebih daripada OLED dari sisi lifespan. 

Samsung memperkenalkan empat produk dari line-up QLED 8K TV. Yaitu mulai dari ukuran 65 inci, 75 inci, 82 inci dan 98 inci. Rencananya Samsung juga akan memboyong ke empat produk ini ke tanah air.

Teknologi Canggih, Harga Fantastis

Masing-masing dari keempat produk QLED 8K TV ini memiliki harga yang berbeda jauh satu sama lain. Untuk ukuran 65 inci, Samsung membanderol dengan kisaran harga Rp. Rp 85 juta. Kemudian ukuran 75 inci dijual Rp 120 juta, dan 82 inci dihargai Rp 166 juta. Sedangkan untuk ukuran yang paling besar, yaitu 98 inci, dijual dengan harga Rp 1,5 miliar.

“Ekonomi scale menentukan harga dari sebuah produk, semakin tinggi demand dan jumlah produksi, tentu harganya akan semakin rendah. Selain itu line-up produk yang lebih tinggi juga memiliki ekslusifitas lebih,” lanjut Ubay.

Samsung berencana meluncurkan produk QLED 8K TV ini ditanah air di bulan April mendatang. Yaitu untuk produk Q65, Q75, dan Q82, yang sudah dapat dipesan secara pre-order mulai tanggal 25 Maret- 4 April. Sedangkan untuk produk Q98 baru akan diboyong ke tanah air di bulan Mei mendatang.

Tags:

Share This: