QLED 8K TV Samsung Siap Meluncur di Tanah Air, Harga Tertinggi Rp. 1,5 Miliar

Author
Irham
Reading time:
March 26, 2019

Di ajang Samsung Forum 2019, QLED 8K TV menjadi salah satu produk yang paling menarik perhatian pengunjung. Tentu saja ini karena ini adalah produk pertama dari Samsung yang menghadirkan resolusi 8K. Seiring meningkatnya demand akan TV dengan layar yang besar diatas 65 inci yang terus meroket, Samsung pun menghadirkan teknologi 8K pada line up QLED TV mereka.

1 QLED 8K TV

Layar yang besar tentunya membutuhkan jumlah piksel yang lebih banyak untuk kerapatan piksel yang tetap tinggi dalam menghasilkan gambar yang tetap optimal. Teknologi 8K yang dihadirkan oleh Samsung menjadi solusi agar televisi dengan layar besar tetap dapat menampilkan gambar yang terbaik.

Teknologi QLED 8K TV dari Samsung ini memiliki teknologi AI dengan dibekali oleh prosesor Quantum 8K. Prosesor ini memiliki fitur AI yaitu untuk fitur AI Upscaling dan juga AI Sound. AI Up scaling memanfaatkan kinerja prosesor yang disebut Machine Learning Super Resolution, untuk mengubah konten asli yang belum menggunakan resolusi 8K dan ditampilkan dengan format 8K.

4 QLED 8K TV

Secara otomatis AI Upscaling juga menyesuaikan tekstur objek, melakukan noise reduction dan merestorasi ketajaman pada gambar. Sebagaimana prosesor Quantum 8K ini memiliki kecerdasan buatan, prosesor ini menyimpan database gambar baik secara offline maupun update secara online untuk menampilkan gambar yang semakin baik. Sumber yang dapat di upscaling bisa dari berbagai media mulai dari file hardisk, konsol game, Blu-Ray player, dan lain-lain.

2 QLED 8K TV

“Saat ini konten 8K sendiri masih sangat terbatas, untuk itulah fitur upscaling di QLED 8K TV ini dihadirkan. Agar dapat menghasilkan gambar dengan format standar menjadi kualitas 8K. idak akan sebagus konten originalnya memang. Tapi paling tidak konsumen bisa menikmati konten 8K dari sumber-sumber yang ada saat ini sekarang mulai dari SD, HD, FHD, UHD (4K). Semakin tinggi kualitas dari sumber asli, semakin bagus pula yang ditampilkan,” ujar Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV & Audio Visual Samsung Indonesia, saat Samsung Forum 2019 berlangsung.

3 QLED 8K TV

Sedangkan fitur AI Sound, memungkinkan televisi pintar untuk menghadirkan profil suara secara otomatis yang sesuai dengan konten yang ditampilkan. Semisal pada siaran berita, suara pembicara akan terdengar lebih jelas. Sedangkan pada tayangan film, suara akan terdengar lebih megah. Pengguna tak perlu lagi repot mengatur profil suara untuk tayangan yang diinginkan.

Selain itu QLED 8K TV Samsung ini juga dibekali dengan teknologi DIrect Full Array. Dimana lampu pencahayaan LED dipancarkan langsung dari balik panel dengan jumlah yang banyak. Fungsinya agar panel layar mampu memberikan kontras pencahayaan yang lebih baik. Saat di demokan, memang terlihat QLED TV8K hampir menyamai kualitas kontras dari teknologi panel OLED. QLED juga memiliki keunggulan lebih daripada OLED dari sisi lifespan. 

Samsung memperkenalkan empat produk dari line-up QLED 8K TV. Yaitu mulai dari ukuran 65 inci, 75 inci, 82 inci dan 98 inci. Rencananya Samsung juga akan memboyong ke empat produk ini ke tanah air.

Teknologi Canggih, Harga Fantastis

Masing-masing dari keempat produk QLED 8K TV ini memiliki harga yang berbeda jauh satu sama lain. Untuk ukuran 65 inci, Samsung membanderol dengan kisaran harga Rp. Rp 85 juta. Kemudian ukuran 75 inci dijual Rp 120 juta, dan 82 inci dihargai Rp 166 juta. Sedangkan untuk ukuran yang paling besar, yaitu 98 inci, dijual dengan harga Rp 1,5 miliar.

5 QLED 8K TV

“Ekonomi scale menentukan harga dari sebuah produk, semakin tinggi demand dan jumlah produksi, tentu harganya akan semakin rendah. Selain itu line-up produk yang lebih tinggi juga memiliki ekslusifitas lebih,” lanjut Ubay.

Samsung berencana meluncurkan produk QLED 8K TV ini ditanah air di bulan April mendatang. Yaitu untuk produk Q65, Q75, dan Q82, yang sudah dapat dipesan secara pre-order mulai tanggal 25 Maret- 4 April. Sedangkan untuk produk Q98 baru akan diboyong ke tanah air di bulan Mei mendatang.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…