in: Notebook / Laptop | March 4, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Laptop AMD Ryzen: Lenovo Yoga 530-14ARR

The Notebook

Dari skema penamaan, Lenovo Yoga 530-14ARR masuk di kelas Mainstream lini laptop Yoga Series. Akan tetapi siapa menyangka jika bodi Lenovo Yoga 530-14ARR tetap dibuat dari material logam alumunium seperti Yoga 700 Series dan Yoga 900 Series. Membuat bodi terasa kokoh dan terasa seperti produk kelas premium. Untuk warna bodi, unit pengujian kami hadir dibalut warna Onyx Black.

Tidak seperti laptop AMD Ryzen lain yang umumnya menggunakan layar 14 inci, Lenovo Yoga 530-14ARR tampil istimewa dengan layar 13,3 inci. Membuat ukuran bodi kecil dan ringkas dengan dimensi panjang x lebar hanya sebesar 32,8 x 22,9 cm serta ketebalan 1,76 cm saat layar ditutup. Bobot unit laptop pun tidak terlampau berat hanya sekitar 1,5 kg saja meskipun menggunakan material logam.

Lenovo Yoga 530-14ARR dilengkapi layar TouchScreen ukuran 13,3 inci dengan tingkat resolusi 1920 x 1080 piksel/Full HD. Tipe panel yang digunakan adalah IPS, membuat tampilan layar lebih kaya warna dengan Viewing Angle luas. Bingkai layar dirancang tidak terlalu tebal sehingga tidak membuat ukuran bodi “membengkak”.

Lenovo Yoga 530-14ARR tidak hanya dapat dioperasikan pada mode konvensional tetapi juga Display Mode, Tent Mode, serta Tablet Mode berkat engsel layar yang dapat diputar sejauh 360°.

Pembelian Lenovo Yoga 530-14ARR menyertakan sebuah Stylus Lenovo Active Pen yang akan memudahkan pengguna saat melakukan aktivitas menggambar atau menulis catatan.

Cukup disayangkan, laptop ini tidak menyediakan tempat penyimpanan khusus untuk Stylus tersebut. Tempat penyimpanan Stylus harus di pasang pada slot USB yang masih cukup mudah terlepas.

Kelengkapan konektor pada Lenovo Yoga 530-14ARR mencakup 1X DC-IN, 1X HDMI, 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X Type-C USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan 1X Headphone Microphone Jack.

Sementara pada sisi kanan dapat dijumpai Tombol Power On/Off, 1X SD Card Reader, 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan Security Lock.

Keyboard khas Lenovo di laptop ini terasa nyaman saat kami gunakan mengetik. Tombol terasa empuk saat ditekan dan senyap saat beroperasi. Luas penampang tombol dibuat besar yang terasa pas untuk pengguna dengan ukuran jari tidak kecil. Area TouchPad pun ditempatkan sejajar dengan tombol Spacebar membuat mengetik makin nyaman. Keyboard pun dilengkapi lampu Backlit putih yang membantu mengetik dalam kondisi gelap.

Penampang sisi bawah Lenovo Yoga 530-14ARR. Laptop ini dilengkapi dua buah Harman Speaker dengan teknologi Dolby Audio Premium yang ditempatkan pada sisi bawah-samping laptop. Tampak pula deretan lubang ventilasi dimana sistem pendingin menarik udara segar ke dalam bodi laptop.

Sistem pendingin Lenovo Yoga 530-14ARR membuang udara panas ke arah belakang. Untunglah desain lubang Exhaust milik Lenovo Yoga 530-14ARR membuat arah pembuangan udara panas sedikit sekali mengenai layar.

Perangkat catu daya Lenovo Yoga 530-14ARR mampu menyalurkan daya listrik ke laptop hingga 65 Watt. Kami sendiri sangat menyukai bentuk Charger seperti ini yang ringkas dan tidak merepotkan seperti Charger Smartphone.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES