in: Notebook / Laptop | March 4, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Laptop AMD Ryzen: Lenovo Yoga 530-14ARR

Battery Life

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 50% | Speaker Volume – 25 % | Airplane Mode – On (Video Playback) | WiFi On & Bluetooth Off (YouTube)

 

 

Untuk ukuran laptop AMD Ryzen “Raven Ridge”, daya tahan baterai sekitar 4-5 jam dapat dikatakan normal. Sejumlah laptop yang pernah kami uji memperlihatkan karakteristik daya tahan baterai yang mirip. Memang untuk ukuran laptop non-gaming dengan prosesor Low Power daya tahan baterai seperti itu tidak tergolong hebat.

Perlu diperhatikan daya tahan baterai di atas menggambarkan penggunaan laptop secara terus-menerus tanpa henti. Untuk skenario penggunaan sesungguhnya dimana pengguna akan melakukan istirahat beberapa kali saat menggunakan laptop, daya tahan baterai Lenovo Yoga 530-14ARR seharusnya dapat bertahan lebih lama lagi. Setting tingkat kecerahan lebih rendah seharusnya juga dapat membuat baterai bertahan lebih lama lagi.

Kesimpulan

Ryzen 5 2500U (CPU) – Performa unit CPU Ryzen 5 2500U di Lenovo Yoga 530-14ARR sukses mengejutkan kami. Tidak disangka laptop 13,3 inci dengan tebal bodi setipis itu mampu menyuguhkan performa unit CPU Ryzen 5 2500U yang tidak hanya kencang tetapi juga cukup stabil. Konfigurasi Dual Channel Memory di kecepatan 2400 MHz serta sistem pendingin yang mumpuni mengatasi panas tampaknya menjadi kunci mengapa performa unit CPU Ryzen 5 2500U di Lenovo Yoga 530-14ARR akan sebaik itu. Laptop pun didukung SSD PCIe yang membuat laptop gesit sekaligus responsif saat digunakan dan tidak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan data. SSD PCIe pun membuat Loading data ukuran puluhan GigaBytes pun berlangsung cepat.

 

Radeon RX Vega 8 Graphics – Walaupun laptop ini tidak dirancang untuk skenario gaming yang intens, kartu grafis Radeon RX Vega 8 Graphics membuat Lenovo Yoga 530-14ARR masih mampu diajak memainkan game masa kini dengan lumayan lancar. Terlebih laptop ini didukung penggunaan konfigurasi Dual Channel Memory DDR4-2400 MHz yang membuat kartu grafis RX Vega 8 Graphics mampu mengerahkan kemampuan terbaik yang dimilikinya. Memang untuk mendapatkan tingkat Frame Rate yang nyaman dimainkan, dibutuhkan pengaturan Setting kualitas grafis. Temperatur kerja saat memainkan game pun masih dapat dijaga tidak terlampau tinggi.

 

Overall – Laptop Lenovo Yoga 530-14ARR saat ini dijual pada kisaran harga 11-12 Juta Rupiah dengan menyertakan sistem operasi Windows 10. Jika Anda mengincar laptop AMD Ryzen 5 2500U dengan harga jual paling murah, sayang sekali Lenovo Yoga 530-14ARR mungkin bukan jodoh Anda. Akan tetapi jika Anda mengincar laptop Convertible/2-in-1 AMD Ryzen dengan harga paling murah, pilihan Anda tampaknya akan jatuh ke Lenovo Yoga 530-14ARR.

Untuk aktivitas harian yang tidak membutuhkan komputasi terlampau berat, performa yang ditawarkan Lenovo Yoga 530-14ARR dengan Ryzen 5 2500U sebenarnya sudah tergolong mencukupi, bahkan di skenario gaming ringan sekalipun. Bahkan jika memang terpaksa diajak meladeni komputasi berat seperti Rendering 3D, Lenovo Yoga 530-14ARR pun sangat siap dengan prosesor 8-Thread di dalamnya dengan sistem pendingin yang sangat mumpuni dalam menangani panas. Laptop 2-in-1 inipun datang dengan kelengkapan seperti 3X USB 3.1 Gen 1, HDMI, Stylus Pen, konektivitas Wi-Fi ac, dan tentu saja bodi alumunium yang membuat Build Quality laptop Convertible ekonomis ini tetap terasa premium.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES