in: Highlights - Storage Devices | March 29, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: WD Black SN750 NVMe SSD 1 TB

WD (Western Digital) sebagai salah satu produsen storage ternama dunia, kembali menambah keluarga baru produk SSD (Solid State Drive) yang masuk ke dalam keluarga WD Black Series. SSD yang dirancang untuk performance PC ini diberi nama WD Black SN750 NVMe SSD dan kini sudah resmi hadir di pasar Indonesia. Mau tahu lebih lengkap mengenai WD Black SN750 NVMe SSD ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak belakang

Paket penjualan di dalam box WD Black SN750 NVMe SSD ini hanya tersedia unit SSD dan sebuah buku petunjuk garansi.

WD Black SN750 NVMe SSD

WD kembali berinovasi dengan menghadirkan SSD baru yang lebih bertenaga dari WD Black Series. SSD ini boleh dibilang sebagai generasi ketiga dari WD Black SSD sebelumnya. Namun SSD yang diberi nama WD Black SN750 NVMe SSD ini hadir dalam dua pilihan desain yang berbeda, dimana salah satunya dilengkapi dengan heatsink besutan produsen ternama, yaitu EK. Untuk WD Black SN750 NVMe SSD tampaknya lebih ditujukan untuk pengguna PC desktop.  

Sebagai SSD terbaru, tentu harapan dari konsumen adalah peningkatan performa yang ditawarkan. Akan tetapi, WD Black SN750 NVMe SSD ini memiliki spesifikasi kurang lebih sama dengan generasi sebelumnya. SSD ini masih berbasiskan chip 3D NAND TLC SanDisk 64-layer dan dipadu dengan kontroler besutan WD sendiri yaitu Western Digital in-house.

Meski memiliki spesifikasi yang sama, WD Black SN750 NVMe SSD menawarkan performa sequential Write yang berbeda. Seperti WD Black SN750 NVMe SSD berkapasitas 1 TB yang mampir di meja pengujian kami ini menawarkan kecepatan sequential Read hingga 3400 MB/s dan 3000 MB/s. Sedangkan WD Black NVMe SSD 2018 di kapasitas yang sama memiliki kecepatan sequential Read 3400 MB/s dan 2800 MB/s untuk sequential Write. Kemampuan yang ditawarkan SSD terbaru dari WD Black ini tentunya berkat memanfaatkan jalur M.2 PCIe Gen3 x4 dan dukungan teknologi protokol NVMe.

Selain tersedia dalam pilihan disertai heatsink, WD Black SN750 NVMe SSD ini kini tersedia dalam pilihan kapasitas yang lebih lapang. Jika WD Black NVMe SSD 2018 hanya tersedia hingga pilihan kapasitas 1 TB, untuk SSD baru dari WD ini tersedia hingga pilihan kapasitas 2 TB. Untuk kemampuan daya tahannya, WD Black SN750 NVMe SSD berkapasitas 1 TB ini memiliki daya tahan 600 TBW, sama seperti WD Black NVMe SSD 2018 di kapasitas yang sama.

Meski dalam paket penjualan terlihat sangat sederhana, pihak WD ternyata memberikan dua bonus di antaranya tools software WD Black SSD Dashboard dan Acronis True Image WD Edition. Kedua software tersebut dapat di download secara gratis melalui situs resmi WD. Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami lakukan pada WD Black SN750 NVMe SSD ini? Berikut hasil pengujiannya kami hadirkan untuk Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES