in: Highlights - Storage Devices | March 29, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: WD Black SN750 NVMe SSD 1 TB

Kesimpulan

WD Black SN750 NVMe SSD hadir dalam form factor M.2 2280. SSD bisa Anda sematkan pada sistem PC, baik desktop maupun laptop yang sudah mendukung slot M.2 2280. Meski datang sebagai generasi ketiga, SSD besutan WD ini bisa dikatakan datang dengan performa yang tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Perbedaan yang dapat dilihat antara WD Black SN750 NVMe SSD ini terlihat pada ketersediaan pilihan lain yang disertai dengan heatsink besutan EK. Tidak hanya itu, WD Black SN750 NVMe SSD ini tersedia dalam pilihan kapasitas hingga 2 TB.

Soal performa yang ditawarkan, WD Black SN750 NVMe SSD ini memang menunjukkan kemampuan sequential Write hingga 3000 MB/s, meningkat sedikit dibandingkan WD Black NVMe SSD 2018 yang hanya mencapai 2800 MB/s. Namun secara keseluruhan, performa WD Black SN750 NVMe SSD tergolong cukup tinggi dan tentunya dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan performa, termasuk pada sistem PC gaming. Berbasiskan chip 3D NAND, daya tahan yang ditawarkan WD Black SN750 NVMe SSD mencapai 600 TBW untuk kapasitas 1 TB. Sedangkan untuk yang berkapasitas 2 TB mencapai hingga 1200 TBW.

WD Black SN750 NVMe SSD kini sudah tersedia di pasar Indonesia dan tersedia dalam empat varian kapasitas, di antaranya 250 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB. Dilihat dari paket penjualannya mungkin terlihat minim. Namun melalui website pribadinya, WD menyediakan beberapa dukung software yang dapat diunduh secara gratis, mulai dari WD SSD Dashboard dan Acronis True Image WD Edition Software. Meski menggunakan protokol NVMe, sayangnya pihak WD belum memiliki dukungan driver NVMe buatan sendiri. Untuk WD Black SN750 NVMe SSD berkapasitas 1 TB ini, WD membanderolnya dengan harga sekitar Rp. 4.288.000 dan memiliki garansi selama 5 tahun. Meski masih tergolong cukup tinggi jika dibandingkan SSD NVMe entry-level, harga yang ditawarkan SSD ini tergolong cukup terjangkau jika dibandingkan dengan SSD pesaing di kelas dan kapasitas yang sama.

Kelebihan:

  • Dukungan software lengkap
  • Performa kencang
  • Garansi 5 tahun
  • Tersedia pilihan dukungan heatsink
  • Tersedia kapasitas hingga 2 TB

Kekurangan:

  • Harga masih tergolong tinggi dibanding SSD NVMe entry-level

Data Teknis

Produsen Western Digital
Info http://www.wdc.com
Harga Rp. 4.288.000
Distributor Astrindo Senayasa & WPG Indonesia
Garansi 5 Tahun
Endurance 600 TBW
Kapasitas 1 TB
Interface M.2 PCIe Gen3 x4

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES