in: News | March 5, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Spesifikasi Awal USB 4 Baru Saja Diumumkan

Tidak lama setelah pengumuman terkait spesifikasi resmi USB 3.2, yang disertai “penambahan sebutan” bagi USB 3.0 dan USB 3.1, sebuah pengumuman penting kembali muncul terkait USB. Kali ini, USB Promoter Group mengumumkan spesifikasi awal dari standar baru, USB 4. Standar ini terbilang menarik, karena menawarkan kecepatan bahkan hingga dua kali lipat dari “USB 3.2 Gen 2×2”, dengan basis yang berbeda dari USB sebelumnya tetapi tetap menawarkan backward compatibility.

Gunakan Basis Thunderbolt 3

USB 4 ini disebut menggunakan basis Thunderbolt 3, di mana Intel, sebagai pihak yang mengembangkan Thunderbolt 3, memang baru saja memberikan akses ke teknologi tersebut ke USB Promoter Group. Standar baru tersebut disebut bisa menawarkan dua lane data dengan menggunakan kabel USB Type C yang ada saat ini. Karena itu, kecepatan yang bisa ditawarkan pun meningkat, menjadi sekitar 40 Gbps.

Selain kecepatan yang meningkat, USB 4 ini juga mengusung kapabilitas berbagi jalur antara data dengan display, seperti yang ditawarkan Thunderbolt 3. USB 4 ini nantinya juga bisa digunakan untuk display out, kemungkinan besar sesuai dengan standar Display Port. Namun, pihak USB Promoter Group menjanjikan bahwa implementasi jalur display di USB 4 akan lebih optimal.

Masih Dukung Backward Compatibility ke USB 2.0

Walaupun mengusung beberapa hal baru, USB Promoter Group menjanjikan bahwa USB 4 ini masih menawarkan backward compatibility. Hal ini berarti pengguna perangkat USB dengan standar lama masih bisa memasang perangkat mereka, baik secara langsung ataupun melalui konverter, ke port yang sudah mendukung USB 4. Backward compatibility akan ditawarkan untuk Thunderbolt 3, USB 3.0/3.1/3.2, dan bahkan hingga USB 2.0.

Saat ini, spesifikasi final dari USB 4 baru akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan. Puluhan perusahaan yang tergabung ke USB Promoter Group disebut masih mendiskusikan spesifikasi akhir dari USB 4 tersebut. Kemungkinan besar, pengumuman berikutnya terkait USB 4 ini akan diberikan di USB Developer Day 2019, di paruh kedua tahun 2019 ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES