in: News | March 27, 2019 | by: Irham

Tak hanya berteknologi IoT, Kulkas dan Mesin Cuci Samsung Ini Sudah Dibekali AI

Selain memamerkan produk televisi QLED 8K terbaru mereka, Samsung juga menghadirkan terobosan baru untuk produk elektronik rumah tangga seperti kulkas, AC, mesin cuci, dan beragam perangkat lain dalam sebuah ekosistem IoT. Samsung kembali memamerakan kulkas pintar “Family Hub” generasi terbaru, yang kini semakin interaktif dengan teknologi New Bixby.

Melalui Family Hub, semua perangkat eletronik yang ada di rumah seperti televisi, AC, mesin cuci, pemutar media hingga lampu dapat dikendalikan lewat satu akses berupa kulkas pintar. Family Hub memiliki layar interaktif dengan navigasi sentuh, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol semua perangkat elektronik dirumah, tentunya dengan koneksi nirkabel  Wi-Fi.

Pengguna bisa beraktivitas di dapur sambil menyaksikan tayangn video, memutar musik, atau pun mengontrol mesin cuci melalui Family Hub. Dengan adanya fitur Bixby yang dibenamkan pada Family Hub, pengguna juga bisa mengontrol hanya dengan menggunakan suara. Bixby generasi terbaru memungkinkan personalisasi suara hingga tiga pengguna.

Selain kulkas pintar Family Hub, Samsung juga menghadirkan teknologi terbaru pada line-up kulkas konvensial mereka seperti seri kulkas Side by Side Samsung RS5000.. Yang mana kini dibekali dengan teknologi seperti SpaceMax, dan juga Flex Zone. Space Max yang merupakan patent Samsung adalah fitur dimana kapasitas penyimpanan yang tersedia lebih besar dari pada kebanyakan kulkas saat ini. Samsung menghadirkan desain dengan dinding insulasi yang lebih tipis, sehingga mampu memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar, hingga 30 liter dibandingkan kulkas biasa.

Sedangkan Flex Zone adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur ruang pada tiap laci-laci kulkas, untuk bahan persediaan makanan yang berbeda. Seperti daging segar, minuman dingin, snack dan lain sebagainya dalam satu baki. Tak hanya mengatur tempat, suhu dari setiap jenis konsumsi juga bisa diatur. Untuk daging yaitu -1°C, minuman dingin 1°C, snack 3°C dan minuman beralkohol 5°C.

Beberapa kulkas konvensional (non- IoT) terbaru Samsung yang telah dibekali dengan teknologi Space Max dan Flex Zone juga telah mulai dipasarkan di tanah air. Apalagi demand lemari pendingin dengan kapasitas 600L keatas juga terus meningkat dari tahun-ketahun.

Tak cuma kulkas pintar terkoneksi, Samsung juga memamerkan produk mesin cuci pintar, QuikDrive WW7800M. Mesin ini didukung dengan fungsi AI “Q-rator” yang menyediakan tiga fitur pintar, yaitu Laundry Planner, Laundry Recipe, dan Homecare Wizard. Laundry Planner, berfungsi untuk mengatur waktu penyelesaian pencucian sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna.

Sedangkan untuk Laundry Recipe adalah rekomendasi otomatis untuk proses pencucian yang paling sesuai, berdasarkan informasi yang diberikan oleh pengguna. Seperti warna, jenis kain, dan tingkat kekotoran. Sedangkan HomeCare Wizard berfungsi untuk memantau mesin cuci dari jarak jauh. Fitur ini akan memberikan informasi kepada pengguna apabila terjadi potensi masalah dan solusi yang tepat.

Baik Family Hub dan QuickDrive sayangnya belum akan dipasarkan di tanah air. Pihak Samsung Indonesia mengklaim bahwa keterbatasan infrastruktur masih menjadi kendala untuk implementasi dari produk home applience berbasis IoT tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES