in: News | April 23, 2019 | by: Yufianto Gunawan

ASUS ROG Bawa Laptop Gaming Baru dengan Core 9th Gen. dan GeForce GTX 1660 Ti

Sekitar 1-2 jam lalu, Intel dan NVIDIA sama-sama mengumumkan produk terbaru mereka untuk perangkat mobile, khususnya laptop gaming. Intel mengumumkan prosesor Core 9th Gen. dan NVIDIA mengumumkan GeForce GTX 1650 dan GTX 1660 Ti untuk perangkat mobile. Menariknya, salah satu produsen laptop gaming ternama, ASUS ROG, langsung menyatakan bahwa produk baru mereka dengan dua komponen baru itu sudah siap, dan menampilkannya di Indonesia!

Galip, Country Marketing Manager dari ASUS, membuka acara perkenalan jajaran laptop ASUS ROG baru.

Bawa Laptop dengan Core 9th Gen. dan GeForce GTX 1660 Ti

Bertepatan dengan pengumuman hadirnya komponen baru dari Intel dan NVIDIA itu, ASUS ROG mengajak perwakilan media untuk berkenalan dengan produk laptop gaming baru mereka yang hadir setidaknya dengan mengusung salah satu komponen itu. Terdapat empat laptop gaming baru yang ditampilkan oleh ASUS ROG. Satu laptop berasal dari keluarga TUF Gaming, yaitu FX505DU, sementara tiga laptop lain merupakan anggota terbaru keluarga ROG Zephyrus.

Hendra Wijaya, Product Marketing ROG, menjelaskan keunggulan komponen baru yang digunakan di ROG Zephyrus dan TUF Gaming.

ROG Zephyrus: Perkenalkan Lini Baru

Tiga laptop keluarga ROG Zephyrus yang mengusung dengan Intel Core 9th Gen., NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti, atau keduanya hadir sebagai perwakilan tiga tipe di keluarga ini, yaitu Zephyrus S, Zephyrus M, dan Zephyrus G. Untuk Zephyrus G, tipe ini baru saja diperkenalkan sebagai varian ROG Zephyrus yang lebih terjangkau, diposisikan di bawah Zephyrus S dan Zephyrus M. Semua laptop ROG Zephyrus baru ini dibekali keyboard “standar”, bukan lagi keyboard khas lini ROG Zephyrus yang kita kenal selama ini.

ROG Zephyrus S GX502

Varian pertama yang diperkenalkan oleh ASUS ROG adalah ROG Zephyrus S GX502. Laptop ini hadir dengan layar G-Sync, dan diperkuat oleh prosesor Core i7-9750H serta GPU GeForce RTX 2070 dengan ROG Boost, yang memungkinkan GPU berjalan boost clock 1540 MHz, dengan graphics subsystem power hingga 115 Watt. Layar 15.6″ yang digunakan mengusung refresh rate 240 Hz, dengan response time 3 ms, serta dilengkapi dengan sertifikasi Pantone untuk akurasi warna sesuai standar industri.

ROG Zephyrus S GX502

Satu hal yang menarik, ASUS ROG menyebutkan bahwa walaupun laptop ini hadir dengan layar G-Sync, Zephyrus S baru tidak kehilangan fitur NVIDIA Optimus. Umumnya, agar dapat bekerja dengan layar G-Sync, fitur NVIDIA Optimus terpaksa dinonaktifkan, sehingga laptop akan selalu berjalan dengan GPU GeForce. Di Zephyrus S GX502 ini, ASUS menyertakan GPU Switch, yang memungkinkan pengguna tetap mendapat keunggulan dari layar G-Sync, tetapi dengan opsi untuk menggunakan IGP di prosesor Intel bila beban kerja GPU tidak terlalu berat.

ROG Zephyrus M GU502

Berikutnya, ASUS juga memperkenalkan ROG Zephyrus M GU502. Laptop ini hadir dengan Core i7-9750H serta opsi pengolah grafis GeForce RTX 2060 atau GeForce GTX 1660 Ti. Zephyrus M baru ini juga dibekali dengan ROG Boost, sehingga GPU yang digunakan bisa bekerja dengan graphics subsystem power hingga 90 Watt.

ROG Zephyrus M GU502

ASUS ROG menyebutkan bahwa laptop ini memiliki bodi magnesium alloy dengan ketebalan maksimal 18.9 mm dan bobot 1.9 kg. USB Type C charging juga didukung, sehingga pengguna bisa memanfaatkan adaptor USB Power Delivery dengan daya 60W untuk alternatif yang lebih ringkas ketika tidak membutuhkan laptop ini bekerja dalam kemampuan tertingginya. Sistem audio berbasis ESS Sabre juga disertakan untuk kualitas audio yang lebih baik.

ROG Zephyrus G GA502

Terakhir, untuk lini ROG Zephyrus, terdapat ROG Zephyrus G GA502. Varian ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 7 3750H dan GeForce GTX 1660 Ti Max-Q. Tentu saja, sebagai anggota keluarga Zephyrus, produk ini juga masih dibekali dengan bodi yang memiliki desain khas lini ROG Zephyrus. Harga dari perangkat ini disebut akan berada di bawah Zephyrus S dan Zephyrus M, membuatnya menjadi ROG Zephyrus yang paling terjangkau.

ROG Zephyrus G GA502

TUF Gaming dengan GeForce GTX 1660 Ti

ASUS juga membawa TUF Gaming FX505DU ke acara yang digelar di Lippo Mall Puri, Jakarta, mall di mana mereka baru saja meresmikan pusat penjualan produk mereka, ASUS Exclusive Store. Laptop yang satu ini ditujukan untuk yang mencari laptop gaming dengan harga relatif terjangkau, dengan set fitur sedikit di bawah produk ASUS ROG, tetapi dengan performa yang tetap memadai untuk gaming. Varian FX505DU ini hadir dengan GeForce GTX 1660 Ti serta prosesor Ryzen 7 3750H.

TUF Gaming FX505DU

Sayangnya, ASUS masih belum bisa memberikan informasi mengenai harga dari produk-produk baru mereka tersebut, karena acara ini memang hanya merupakan sesi perkenalan produk saja. Mereka menyebutkan bahwa mereka akan membawa produk-produk tersebut ke Indonesia. Harga resmi dari produk ROG Zephyrus dan TUF Gaming baru itu akan diumumkan di acara peluncuran masing-masing produk itu nanti.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES