in: Display | April 8, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Monitor: ViewSonic VX2458-C-mhd

The Monitor

ViewSonic merupakan salah satu produsen yang cukup berpengalaman di industri monitor. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, bukan hal yang sulit bagi ViewSonic untuk berinovasi dalam menghadirkan beragam monitor terbaru, seperti contohnya pada ViewSonic VX2458-C-mhd ini. Monitor ini menawarkan beragam fitur yang menjadi nilai jualnya, mulai dari desain layar serta fitur lainnya yang dapat mendukung kegiatan gaming penggunanya. Saat ditempatkan di atas meja, ViewSonic VX2458-C-mhd akan memakan ruang seluas 40.29 (H) x 54.59 (W) x 19.21 (D) lengkap dengan penopang kaki layarnya yang terpasang. Dengan ukuran layar 24”, monitor ini tergolong memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu mencapai 3.37kg.

ViewSonic VX2458-C-mhd memiliki ukuran layar 24”, namun dirancang dengan desain melengkung. Desain layar melengkung yang imersif pada monitor ViewSonic ini memiliki tingkat kelengkungan 1800R. Layar lengkung tersebut akan membuat jarak mata dan monitor LCD selalu sama/tidak berubah meskipun memandang sudut paling jauh di sisi kiri maupun kanan. Dengan jarak pandang tetap, mata tidak perlu melakukan pengaturan fokus secara berulang-ulang akibat perubahan jarak. Alhasil mata menjadi lebih nyaman terutama untuk pemakaian monitor LCD dalam jangka waktu berjam-jam. ViewSonic pun merancang layar LCD pada monitor ini dengan permukaan tidak mengilap. Hal ini dimaksud agar layar monitor tidak memiliki sifat memantul seperti cermin dimana hal ini membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

Berbeda dengan sisi depan yang berhadapan dengan pengguna, untuk sisi belakang ViewSonic VX2458-C-mhd dibalut warna black glossy. Warna tersebut memang memberikan kesan mewah pada penampilannya, tetapi akan menjadi magnet bagi debu dan juga bekas sentuhan. Sementara itu cukup disayangkan pada sisi belakang kami tidak menemukan dukungan VESA mount.

ViewSonic VX2458-C-mhd merupakan monitor LCD LED 24” dengan aspect ratio 16:9. Monitor LCD ini mendukung resolusi gambar 1920 x 1080 piksel dengan tingkat refresh rate mencapai 144 Hz. Dukungan refresh rate yang tinggi membuat monitor baru dari ViewSonic dapat ditujukan juga bagi para gamer profesional. Kombinasi ukuran layar dan resolusi gambar seperti itu membuat ViewSonic VX2458-C-mhd memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 91 PPI (Pixels per Inch).

ViewSonic VX2458-C-mhd menggunakan tipe panel VA (Vertical Alignment). Tipe panel ini bisa dikatakan menawarkan sejumlah keunggulan seperti kualitas reproduksi warna lebih baik beserta viewing angle yang lebih luas dibandingkan TN (Twisted Nematic). Tidak hanya itu berkat tingkat contrast ratio lebih tinggi membuat monitor LCD dengan panel VA mampu menampilkan warna hitam dan putih lebih baik. ViewSonic mengklaim bawah monitor ini memiliki kemampuan menghasilkan color gamut 85% NTSC dengan viewing angle mencapai sudut 178° baik horizontal maupun vertikal. Sementara untuk tingkat response time pun tergolong tinggi yaitu sebesar 1 miliseconds. Kemampuan response time yang dimiliki monitor ini tergolong tinggi, bahkan sudah memenuhi syarat sebagai monitor gaming.

Monitor ViewSonic VX2458-C-mhd ini juga datang dengan keistimewaan lainnya dengan dukungan teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi VSync. Alhasil kualitas tampilan pada saat bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearing. Tidak hanya itu, gejala input lag dan stuttering juga dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali sehingga game menjadi lebih responsif saat dimainkan.

20° ke arah belakang
5° ke arah depan

Penopang layar ViewSonic VX2458-C-mhd mengijinkan pengaturan untuk kemiringan monitor LCD hingga sudut 20° ke arah belakang dan 5° ke arah depan. Sayangnya pengaturan ketinggian dan kemiringan ke arah kanan/kiri tidak didukung oleh penopang layar seperti ini.

 

ViewSonic VX2458-C-mhd dilengkapi konektor 1x Display Port 1.2a, 1x HDMI 1.4a, 1x D-Sub, headphone jack, dan DC-IN. Variasi konektor display pada monitor ini tergolong lengkap mulai dari tipe analog hingga digital. Menariknya pada monitor LCD ini, fitur FreeSync dapat digunakan baik saat menggunakan konektor Display Port maupun HDMI.

ViewSonic VX2458-C-mhd menyediakan lubang kengsington security lock untuk mengamankan dari dipindahkan.

Desain kaki penyangga ViewSonic VX2458-C-mhd melintang lebar. Desain penyangga tersebut mampu membuat posisi monitor kokoh dan tidak mudah bergoyang.

Operasional menu pada ViewSonic VX2458-C-mhd mengandalkan satu tombol joystick pada sisi belakang kanan layar. Penggunaan tombol joystick menjadi keunggulan dari monitor ini. Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersebunyi monitor. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick ke empat arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick ini juga berfungsi sebagai tombol power on/off.

Pada sisi belakang layar ViewSonic VX2458-C-mhd terdapat dua lubang ventilasi dengan komponen speaker dibaliknya. Masing-masing speaker memiliki kekuatan 3W.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES