in: Display | April 8, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Monitor: ViewSonic VX2458-C-mhd

Kesimpulan

Monitor LCD dengan layar lengkung memberikan sensasi dan pengalaman berbeda untuk penggunanya tidak terkecuali kepada kami saat menguji ViewSonic VX2458-C-mhd. Layar lengkung membuat penggunanya terasa menyatu dengan apa yang ditampilkan oleh monitor LCD seperti saat menonton film atau bermain game. Meskipun monitor ini tidak menggunakan panel IPS, monitor terbaru dari ViewSonic ini sukses memanjakan kami dengan tampilan yang kaya warna. Panel VA yang digunakan ViewSonic VX2458-C-mhd ini memiliki kemampuan reproduksi warna lebih baik sekaligus viewing angle lebih luas dibanding menggunakan panel TN.

Untuk kalangan gamer tampaknya tidak luput dari perhatian ViewSonic pada produknya yang satu ini. Teknologi AMD FreeSync siap membuat pengalaman bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearingstuttering, dan input lag. Untuk mengaktifkan fitur dynamic refresh rate tersebut, dibutuhkan graphics card AMD Radeon dan dapat diaktifkan dengan menggunakan konektivitas Display Port 1.2 atau HDMI 1.4a. Tingkat response time di atas rata-rata yaitu 1 ms dan refresh rate mencapai 144Hz, ViewSonic VX2458-C-mhd siap menampilkan berbagai adegan cepat dalam game dengan sempurna tanpa gejala image ghosting.

ViewSonic VX2458-C-mhd datang dengan sejumlah color preset untuk pengaturan cepat tampilan sesuai dengan skenario penggunaan tertentu. Monitor ini sendiri memiliki pengaturan tergolong lengkap pada menu internal sehingga kemampuan LCD monitor ini dapat dioptimalkan lebih jauh lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penggunaan satu tombol joystick juga membuat penggunaan menu juga menjadi sangat menyenangkan dibandingkan mengandalkan tombol konvensional.

Dari segi konektivitas, ViewSonic VX2458-C-mhd menghadirkan tiga tipe konektor display yang siap mengakomodir konektivitas lawas D-Sub hingga modern HDMI dan Display Port. Tersedianya konektor display seperti itu membuat monitor ViewSonic ini dapat digunakan dari PC modern hingga PC lawas sekalipun. Tiga konektor display tersebut juga membuat ViewSonic VX2458-C-mhd ini siap dihubungkan dengan tiga perangkat sekaligus sehingga tidak perlu repot lagi melakukan cabut pasang kabel.

Dengan kisaran harga jual sekitar 3,8 juta rupiah, ViewSonic VX2458-C-mhd adalah salah satu pilihan menarik untuk monitor LCD 24 inci resolusi Full HD dengan layar melengkung. Monitor ini pun dikemas tidak hanya mampu untuk mengakomodir kalangan pengguna pada umumnya tetapi juga kalangan gamer dengan sejumlah fitur gaming di dalamnya. Memang masih ditemukan sejumlah kekurangan pada ViewSonic VX2458-C-mhd tetapi menurut kami masih dapat diabaikan.

Kelebihan

(+) Panel VA

(+) Response time 1 ms di atas rata-rata

(+) Refresh Rate 144Hz

(+) AMD FreeSync dapat menggunakan Display Port atau HDMI

(+) Tiga tipe konektor display

(+) Menu OSD mudah dimengerti

(+) Tombol joystick memudahkan pengoperasioan menu OSD

(+) Permukaan layar tidak memantulkan bayangan

(+) Konektor headphone jack

(+) Dilengkapi speaker bawaan

(+) Irit daya

Kekurangan

(-) Permukaan mengilap di beberapa bagian memiliki resiko cepat kotor

(-) Tidak dilengkapi dukungan VESA mount

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES