in: Display | April 18, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor: LG 27UK850

The Monitor

LCD LG 27UK850 merupakan monitor LCD LED 27 inci yang memiliki resolusi gambar 4K UHD maksimal sebesar 3840 x 2160 piksel dengan tingkat response time yang tergolong cukup tinggi untuk sebuah monitor LCD dengan panel IPS, yaitu 5 milisecond (Grey-To-Grey). Penggunaan panel IPS pada monitor LCD ini membuatnya memiliki sudut penglihatan hingga 178° baik sudut horizontal maupun vertikal, tanpa menghasilkan perubahan warna berarti. Tingkat reproduksi warna terbaik yang ditampilkan tidak hanya berkat penggunaan panel IPS, sang produsen ternyata menyematkan teknologi 99% sRGB Color Gamut yang mampu menampilkan warna lebih kaya. Dengan dukungan teknologi color gamut tersebut, LG mengklaim kalau monitornya ini ditujukan bagi para konten kreator, seperti fotografer, videografer dan desain grafis.

Salah satu fitur yang diunggulkan LG 27UK850 ini adalah fitur HDR tipe HDR10. Dengan kombinasi LCD LED beresolusi 4K dan HDR10, memungkinkan para pengguna untuk menikmati ketepatan tingkat akurasi warna dan detail yang sangat baik. Menikmati film atau bermain game dengan fitur HDR10 pada monitor ini akan memberikan sensasi unik dan berbeda. Anda bisa menyimak perbedaan gambar di bawah ini saat HDR10 diaktifkan dan dinonaktifkan. Gambar di bawah dihasilkan dengan memotret layar dengan menggunakan kamera sehingga ada kemungkinan jika Anda melihat secara langsung hasil yang ditangkap mata Anda akan berbeda.

HDR On
HDR Off

Monitor HDR seperti LG 27UK850 ini tampak mampu menghasilkan warna hitam yang lebih hitam berkat standar black level lebih rendah dibandingkan monitor konvensional. Tingkat brightness monitor pun berada di atas rata-rata monitor standar. Warna yang dihasilkan pun lebih hidup berkat standar HDR10 yang mengizinkan tingkat kedalaman warna hingga 10-bit.

Untuk mengaktifkan fitur HDR pada platform PC dibutuhkan setidaknya sistem operasi Windows 10 Anniversary Update atau versi setelahnya. Tentu saja dibutuhkan pula konten video atau game yang mendukung teknologi HDR. Konten video dan game dengan teknologi HDR memang saat ini jumlahnya masih sedikit tetapi dikemudian hari bukan tidak mungkin akan menjadi semakin banyak. Anda dapat saja memaksakan teknologi HDR untuk aktif di konten video atau game non-HDR tetapi hasilnya tidak sebaik jika dukungan teknologi HDR telah ada secara native.

LG pun turut menghadirkan dukungan teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync pada LG 27UK850 ini. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi VSync. Alhasil kualitas tampilan pada saat bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearing. Tidak hanya itu, gejala input lag dan stuttering juga dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali sehingga game menjadi lebih responsif saat dimainkan.

Desain kaki penopang dari monitor LG ini dinamakan ArcLine Stand. Dipadu dengan layar borderless frame di ketiga sisi layar (atas, kiri dan kanan), sukses menampilkan kesan virtual dari monitor ini. Paduan warna black matte dan white pada sisi depan monitor ini juga semakin menguatkan kesan yang didapatkan. Penopang layar LG 27UK850 memungkinkan pengaturan ketinggian saat akan digunakan. Monitor ini juga mengijinkan Anda untuk melakukan pengaturan kemiringan monitor ke depan 20 derajat dan ke belakang -5 derajat.

 

Bahkan Anda juga dapat menggunakan monitor ini secara vertical, sehingga cocok buat yang mungkin hobi dengan coding atau membaca dokumen. Cukup disayangkan engsel penopang layar LG ini tidak mengijinkan pengaturan posisi layar ke arah kanan atau kiri.

Saat ingin merakit maupun melepas penopang layar LG 27UK850 ini tergolong sangat mudah, bahkan pengguna tak perlu menggunakan bantuan alat seperti obeng. Dengan menggeser sebuah tombol putih seperti terlihat pada gambar di bawah. Terdapat empat baut untuk menempatkan perangkat VESA-mount dengan ukuran 10 x 10 cm sehingga monitor LCD ini dapat ditempatkan di dinding.

Monitor ini turut disertakan sebuah klip yang berfungsi sebagai cable management. Dengan penggunaan klip ini, kabel-kabel yang terhubung ke monitor dapat terlihat lebih rapi. Klip tersebut juga mudah untuk dipasang maupun dilepas.

LG 27UK850 menghadirkan ragam konektivitas seperti port DC-IN, audio jack 3,5 mm, dua port HDMI 2.0, satu port Display Port 1.2, dua port USB 3.0 Type-A, satu port USB Type-C. Konektor HDMI 2.0 dan Display Port 1.2 memastikan monitor LCD siap menampilkan resolusi gambar Ultra HD/4K sekaligus memanfaatkan teknologi AMD FreeSync. Keunggulan lain dari monitor LG ini telah didukung teknologi HDCP (High Bandwidth Digital Content Protection) 2.2. Teknologi yang disematkan pada monitor ini akan memungkinkan Anda untuk menampilkan konten video 4K dari layanan streaming, konsol game dan player Ultra HD Blu-ray.

LG menyertakan dua buah speaker yang terletak di bagian sisi bawah layar (kanan-kiri). Speaker yang memiliki daya 5 watt.
Kengsington Security Lock dan Tombol Power

Operasional menu pada LG 27UK850 kembali mengandalkan satu tombol joystick pada sisi bawah tengah layar. Penggunaan tombol joystick memang menjadi keunggulan dari monitor LG seri lainnya. Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersebunyi monitor. Anda hanya cukup mengarahkan tombol joystick ke-empat arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick ini juga berfungsi sebagai tombol power on/off.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES