in: Tools | April 12, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit

Kali ini, tim Jagat Review kedatangan sebuah paket produk dari NZXT. Produsen periferal PC ternama ini selama ini banyak dikenal melalui produk mereka, terutama untuk casing dan sistem pendingin. Namun, kali ini produk NZXT yang hadir di lab. Jagat Review bukan berasal dari lini casing atau sistem pendingin milik perusahaan dari California, AS tersebut. Produk yang datang adalah HUE2 Ambient RGB Lighting Kit.

Sesuai dengan namanya, HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ini berguna untuk menghadirkan ambient lighting di PC yang kita gunakan. Khusus untuk produk yang satu ini, NZXT menyebutkan bahwa fungsinya adalah untuk menambahkan ambient light berbasis RGB ke monitor yang digunakan. Ya, produk ini bisa dipasang ke sisi belakang monitor kita, dan akan menghadirkan tata cahaya RGB ke sekeliling monitor. Mari kita mulai pembahasan produk yang satu ini!

Paket Penjualan

NZXT mengirimkan HUE2 Ambient RGB Lighting Kit dalam paket penjualan lengkapnya. Kemasan paket penjualan perangkat ini hadir dengan warna yang cukup khas dengan NZXT, yaitu putih dan ungu. Berikut ini adalah isi dari paket penjualan perangkat ini:

  • HUE2 Ambient Controller
  • 1x Micro USB Cable 2.5 m
  • 2x RGB Connection Cable 150 mm
  • 2x L-Shape Connector
  • 2 set 3M Dual Lock
  • 2x Double Side Adhesive Tape
  • Wet/Dry Wipe
  • 1 set Adapter Daya
  • Quick Guide

Tentu saja, terdapat beberapa LED Strip dari NZXT di paket penjualan HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ini. Namun, variasi LED Strip yang disertakan akan tergantung pada paket yang dipilih. NZXT menyediakan dua paket untuk perangkat ini, yaitu untuk monitor 21″ ~ 25″ dan 34″ ~ 35″ UltraWide serta untuk monitor 26″ ~ 32″. Kit yang kami terima untuk pengujian kali ini adalah yang ditujukan untuk monitor 21″ ~ 25 dan 34″ ~ 35″ UltraWide. LED Strip yang kami dapatkan di paket penjualan ini adalah:

  • 2x 300 mm
  • 4x 250 mm
  • 2x 200 mm
LED Strip di paket yang digunakan untuk review ini.

Sebagai informasi tambahan, paket yang ditujukan untuk 34″ ~ 35″ juga berisi 8 LED Strip, tetapi terbagi menjadi 4x 300 mm dan 4x 250 mm. Perbedaan itu dimaksudkan untuk mengakomodasi ukuran monitor, NZXT sudah mengatur agar LED Strip yang disertakan benar-benar bisa mengakomodasi ukuran monitor sesuai yang mereka sebutkan di paket penjualan. NZXT juga menyertakan satu panduan pemasangan LED Strip untuk berbagai ukuran monitor sesuai yang didukung masing-masing paket penjualan.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit

Sebelum membahas pemasangan dan penggunaan dari paket perangkat ini, kami akan membahas terlebih dahulu komponen dari HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ini. Komponen utama dari paket perangkat ini adalah HUE2 Ambient Controller. Dengan dimensi 76 x 100 x 15 mm, komponen ini dilengkapi dengan 1 port DC-In, 1 port Micro USB untuk koneksi ke PC, serta 2 port kabel RGB.

Karena hanya memiliki 2 port untuk kabel RGB, controller ini hanya mendukung dua channel LED Strip saja. Namun, karena secara keseluruhan paket ini ditujukan untuk penggunaan di belakang monitor, 2 channel RGB memang sudah mencukupi. Controller ini membutuhkan daya dari adapter, melalui port DC-In, dan terhubung ke PC untuk kontrol tata cahaya, melalui port Micro USB.

Untuk adapter daya, NZXT menyediakan adapter 12V/2A. Adapter yang disertakan merupakan adapter dengan plug yang bisa diganti sesuai dengan jenis stop kontak yang tersedia. NZXT menyediakan empat plug, sesuai dengan standar EU, UK, US, dan AU. Hal ini membuat NZXT tidak perlu melakukan penyesuaian adapter dengan standar stop kontak di mana paket tersebut akan dijual.

Koneksi ke LED Strip menggunakan konektor jenis 4-pin. Tersedia kabel untuk menghubungkan konektor di HUE2 Ambient Controller dengan LED Strip. Sementara LED Strip yang tersedia merupakan jenis yang bisa dihubungkan satu sama lain, yang mendukung pengguna untuk memasang LED Strip dari HUE2 Ambient RGB Lighting Kit di sekeliling sisi belakang monitor yang digunakan, dengan mengkombinasikan beberapa LED Strip yang disertakan. Setiap channel di HUE2 Ambient Controller bisa mengatur hingga 32 LED.

Pemasangan ke Monitor 24″ – Part 1

Untuk melihat hal apa yang bisa ditawarkan oleh HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ini, kami tentu saja harus memasangnya ke monitor. Kami memasang perangkat tersebut ke salah satu monitor 23″ yang banyak kami gunakan untuk pengujian di lab. kami, yaitu Dell S2340L. Prosedur pemasangan yang kami lakukan mengikuti anjuran NZXT, sesuai informasi dari Quick Guide yang ada di paket penjualan. Tentunya, bila dirasa diperlukan, bersihkan terlebih dahulu seluruh sisi belakang monitor dengan Wet Wipe dan Dry Wipe yang ada di paket penjualan untuk memastikan komponen-komponen paket ini terpasang dengan baik.

Untuk monitor dengan sisi belakang yang tidak datar, pemasangan mungkin akan sedikit “menantang”

Pertama, kami memasang terlebih dahulu HUE2 Ambient Controller ke sisi belakang monitor, dekat dengan salah satu sudut. Pemasangan sesuai yang dianjurkan oleh NZXT adalah dengan menggunakan 3M Dual Lock yang disertakan dalam paket penjualan. 3M Dual Lock ini sendiri memiliki konsep seperti velcro, tetapi dengan desain khusus dari 3M. Kita hanya perlu merekatkan kedua sisi 3M Dual Lock, menempelkan salah satu sisinya ke unit controller, dan menempelkan sisi berlawanan ke belakang monitor. Hal tersebut akan membuat unit controller terpasang ke bagian belakang monitor.

Sedikit catatan, cara ini memang sesuai dengan yang dianjurkan NZXT. Namun, cara ini belum tentu bisa digunakan di semua monitor, karena lebih cocok untuk monitor dengan sisi belakang rata. Karena monitor yang kami gunakan memiliki lekukan di sisi belakang, kami cukup sulit menempelkan controller ke sisi belakang monitor dengan cara ini. Kami akhirnya memilih untuk menempelkan controller dengan cara lain.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES