Hands-On Review NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit

Reading time:
April 12, 2019

Pemasangan ke Monitor 24″ – Part 2

Setelah controller terpasang, kita bisa melanjutkan ke pemasangan LED Strip ke sisi belakang monitor. Kami memasang LED Strip sesuai dengan yang dianjurkan oleh NZXT, yaitu menggunakan 2 LED Strip 200 mm dan 4 LED Strip 250 mm. Untuk menghubungkan 2 LED Strip, kita hanya perlu menghubungkan pin yang ada di salah satu ujung strip dengan konektor di strip lain. Sementara untuk bagian sudut monitor, kita bisa menggunakan L-Shape Connector untuk menghubungkan 2 LED Strip dengan sudut 90°. Ingat, pastikan pangkal dari setiap LED Strip paling awal di setiap channel berada di sudut yang dekat dengan controller.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 19
Sebelum menempelkan LED Strip, atur terlebih dahulu posisi LED Strip di sisi belakang monitor

LED Strip yang disertakan NZXT dilengkapi dengan perekat di sisi belakang. Jadi, untuk menempelkan LED Strip ke monitor, kita hanya perlu melepas pelindung perekat itu dan menempelkan strip ke sisi belakang monitor. Namun, sebelum menempelkan LED Strip ke monitor, ada baiknya kita memposisikan LED Strip di sisi belakang monitor terlebih dahulu untuk mencari tempat pemasangan yang paling pas, tanpa membuka pelindung perekat.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 20

Berdasarkan pengalaman kami selama memasang LED Strip dari HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ini ke monitor, pemasangan paling mudah dilakukan dengan merekatkan terlebih dahulu L-Shape Connector ke sudut monitor, dengan Double Side Adhesive Tape yang disertakan. Setelah konektor terpasang, baru pasang LED Strip ke konektor, lepas pelindung perekat, dan tempelkan LED Strip ke sisi belakang monitor.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 23

Berikutnya, kita bisa menghubungkan LED Strip paling awal di masing-masing channel ke controller dengan kabel yang disertakan NZXT. Cukup pasang ujung konektor ke port yang ada di controller, dan pin di ujung yang lain ke konektor di LED Strip. Setelah kedua channel terhubung ke controller, kita bisa merapikan kabel dengan cable tie yang digunakan untuk mengikat kabel di dalam kemasan paket penjualan bila dirasa dibutuhkan untuk menjaga kerapian tampilan.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 25

Terakhir, kita perlu memasang konektor dari adapter ke DC-In di controller, serta kabel dari PC ke Micro USB. Sebuah LED di samping controller akan menyala, menandakan controller beroperasi dengan bail. LED di LED Strip seharusnya juga akan menyala saat PC dinyalakan. Namun, bila di PC belum ter-install aplikasi NZXT CAM, LED Strip hanya akan menampilkan warna putih saja tanpa efek apapun.

Penggunaan

Agar bisa menggunakan HUE2 Ambient RGB Lighting Kit sebagaimana mestinya, kita harus meng-install NZXT CAM. CAM sendiri merupakan aplikasi monitoring PC dan kontrol untuk periferal dari NZXT. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menampilkan informasi seperti suhu operasi dan load prosesor, tingkat pengunaan RAM, dan lain sebagainya. Tersedia juga opsi untuk pemantauan framerate dalam game, serta tentu saja, yang terkait dengan artikel kali ini, pengaturan RGB LED di HUE2 Ambient RGB Lighting Kit.

Screenshot 2019 04 12 CAM Free PC Monitoring Software NZXT

Saat pertama menjalankan CAM, aplikasi akan mendeteksi HUE2 Ambient RGB Lighting Kit bila kita telah menghubungkan kabel USB yang terhubung ke controller ke PC. Setelah terdeteksi, kita bisa mengatur warna dan efek yang ditampilkan dari aplikasi tersebut. Tersedia beberapa jenis efek, serta preset efek, yang telah disiapkan oleh NZXT. Kita bisa melakukan pengaturan warna dan kecepatan efek untuk beberapa preset yang ada.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”Fixed” active=”active”]

NZXT CAM 01
NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 26
Fixed dengan warna sama untuk kedua channel
NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 28
Fixed dengan warna berbeda untuk kedua channel.

[/tab]
[tab title=”Wings”]

NZXT CAM 02

[/tab]
[tab title=”Spectrum Wave”]

NZXT CAM 03 NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 27

[/tab]
[tab title=”Breathing”]

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 29

[/tab]
[/tabs]

Selain preset yang umum seperti fixed color, breathing, marquee, pulse, spectrum wave, dan rainbow flow, tersedia juga efek-efek yang dikelompokkan NZXT ke dalam kelompok Smart, Audio, dan Game. Untuk Audio, efek yang tersedia akan menggambarkan kondisi saat sistem mengeluarkan suara dari sistem audio. Efek yang tersedia adalah Level, Bass, Gain, dan Sync. Sementara untuk Game, saat ini baru tersedia untuk game CS:GO, yang bisa memberikan efek tampilan untuk C4 Arming, Health, serta Grenade Effect.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”Audio” active=”active”]

NZXT CAM 06

[/tab]
[tab title=”Game”]

NZXT CAM 05

[/tab]
[tab title=”Custom”]

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 30
Opsi “Custom” untuk pengaturan warna dan efek berbeda untuk setiap node LED juga tersedia.

[/tab]
[/tabs]

Hal yang terbilang menarik, untuk kami, ada di tab Smart. Di sini, tersedia opsi untuk pengaturan warna secara otomatis sesuai dengan kondisi tertentu, seperti CPU Temp. dan GPU Temp. Kita bisa mengatur agar LED Strip menampilkan warna tertentu sesuai suhu operasi dari CPU atau GPU, sehingga kita bisa mengetahui kondisi aktual sistem dengan cepat. Karena kedua channel yang didukung HUE2 Ambient Controller bisa diatur secara terpisah, kita bisa membuat satu channel merepresentasikan CPU Temp. dan channel yang lain untuk GPU Temp. Tersedia juga opsi untuk penggantian warna secara otomatis sesuai framerate yang kita dapatkan di game.

NZXT CAM 04
NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 32
Saat suhu masih di kisaran 50 °C, LED Strip akan menampilkan warna biru
NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 33
Warna berubah menjadi oranye saat suhu sudah di atas 60 °C.

Efek Ambience yang tersedia di kelompok Smart juga terbilang menarik. Saat efek ini dipilih, kita harus “membantu” CAM terlebih dahulu mengenali posisi LED Strip di sekeliling monitor. Mengapa hal itu dibutuhkan oleh CAM? Karena dengan efek ini, kita bisa mendapatkan warna di sekeliling monitor sesuai dengan tampilan di monitor di area tersebut. Karena itu, NZXT menyebut efek ini sebagai Ambience.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 31
Kita perlu memberitahu CAM terkait posisi LED Strip yang terhubung ke HUE2 Ambient Controller

 

Kami sempat mencoba efek Ambience ini dengan beberapa jenis video. Memang, saat memutar video, kita akan merasakan hasil dari efek ini, di mana LED akan menampilkan warna sesuai yang ada di layar, di bagian LED berada, yang bisa memperkuat tampilan. Satu hal yang perlu diingat, hal itu tidak selalu terjadi. Kadang warna yang ditampilkan masih kurang sesuai dengan ambient dari scene di layar, sehingga menurut kami justru sedikit mengganggu, terutama bila scene dominan dengan warna gelap. Hal ini seharusnya bisa ditingkatkan lagi melalui update untuk CAM.

[tabs class=”yourcustomclass”]
[tab title=”Contoh Efek Ambient 1″ active=”active”]

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 34 NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 35

[/tab]
[tab title=”Contoh Efek Ambient 2″]

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 37 NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 36

[/tab]
[tab title=”Contoh Efek Ambient 3″]

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 39 NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 38

[/tab]
[/tabs]

Sedikit catatan terkait HUE2 Ambient RGB Lighting Kit dan NZXT CAM. Sepanjang beberapa waktu mencoba perangkat ini, kami beberapa kali mendapati LED Strip hanya menampilkan warna putih tanpa efek apapun, seperti yang ditampilkan perangkat secara standar ketika controller dihubungkan ke PC yang belum dilengkapi dengan NZXT CAM. Hal tersebut terjadi dalam kondisi NZXT CAM telah terbuka, dan saat berusaha mengganti efek melalui dashboard CAM, tidak ada respon perubahan warna atau efek sama sekali. LED Strip baru menampilkan warna dan efek yang sesuai saat CAM ditutup dan dibuka kembali.

Penutup

(+)

  • Paket penjualan lengkap, mengusung LED Strip yang bisa mengakomodasi pemasangan di monitor sesuai dengan informasi di paket penjualan
  • Pemasangan tidak terlalu sulit
  • Tersedia banyak preset efek
  • Mode “Ambient”

(-)

  • Aplikasi CAM masih belum kurang mumpuni
  • Perekat di LED Strip kurang kuat
NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 04

Bila Anda ingin menambah semarak tampilan PC Anda dengan RGB di sekeliling monitor, perangkat dari NZXT yang satu ini, HUE2 Ambient RGB Lighting Kit, merupakan paket menarik yang bisa dipilih. Hadir dalam paket lengkap untuk pemasangan di sisi belakang monitor, kita bisa langsung menggunakan apa saja yang ada di dalam paket ini, tanpa perlu membeli perlengkapan tambahan lagi, untuk ukuran monitor sesuai di keterangan di paket penjualan. Selain itu, NZXT juga menyediakan adaptor daya dengan jack yang bisa diganti, sehingga paket ini bisa langsung digunakan di manapun tanpa harus mencari konverter untuk jack di adaptor.

Pemasangan HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ke monitor terbilang mudah bila kita mengikuti petunjuk pemasangan yang diberikan NZXT. Namun, itu bukan berarti kami tidak menjumpai kendala apapun saat mencoba memasang perangkat ini ke monitor yang kami gunakan. Karena desain sisi belakang monitor yang kami gunakan tidak datar, diperlukan beberapa improvisasi untuk mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Satu contoh yang bisa kami sebutkan, 3M Dual Lock untuk memasang controller ke belakang monitor memang akan bekerja dengan baik bila digunakan di permukaan datar, tetapi di permukaan tidak datar, fungsinya akan berkurang jauh dari yang diharapkan.

Terkait intensitas cahaya dari LED Strip di paket ini, kami mendapati bahwa intensitasnya terbilang baik. Warna cahaya masih dapat terlihat dengan baik, sekalipun kami menggunakan monitor ini bukan di ruangan gelap. Memang, jarak antara monitor dengan bidang di belakangnya tidak bisa terlalu jauh, karena secara umum LED Strip seperti ini memang tidak didesain untuk intensitas tinggi yang membuatnya bisa mencapai bidang yang jauh. Selain itu, untuk tampilan terbaik, kita tentu saja membutuhkan bidang warna putih di belakang monitor.

NZXT HUE2 Ambient RGB Lighting Kit 22

Melalui aplikasi CAM, NZXT menawarkan berbagai efek RGB LED untuk HUE2 Ambient RGB Lighting Kit ini. Efek yang disertakan pun bukan sebatas efek-efek standar sistem RGB LED pada umumnya, melainkan ada juga efek menarik, termasuk Ambient Mode, yang menurut kami memang bisa memberikan pengalaman berbeda saat menikmati konten. Memang, Ambient Mode ini masih belum benar-benar sempurna, kami masih sempat mendapati munculnya warna yang kurang sesuai dengan tampilan di layar, atau sistem terlihat seperti bingung menentukan warna yang sesuai. Refresh rate dari Ambient Mode ini pun belum setinggi yang diharapkan untuk bisa mengikuti tampilan frame rate tinggi di PC, tetapi untuk sebatas video standar 30 fps, sudah terbilang memadai.

Aplikasi CAM sendiri terlihat masih belum stabil. Kami beberapa kali mendapati LED Strip tidak menampilkan warna dan efek sesuai yang sudah dipilih. Menutup dan membuka CAM bisa mengatasi hal itu, tetapi alangkah baiknya bila NZXT memperbaiki masalah stabilitas aplikasi ini, sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan. Sementara untuk mode “Game”, pilihan game yang ditawarkan juga masih sangat terbatas, hanya untuk CS:GO saja. Semoga ke depan NZXT bisa menambahkan dukungan untuk lebih banyak game lain.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan, perekat di LED Strip dari HUE2 Ambient RGB LED Lighting Kit ini juga masih kurang kuat. Setelah 2 hari, kami menjumpai ada bagian dari LED Strip yang terlepas dari posisinya, dan karena perekat yang disertakan merupakan jenis sekali pakai, akan cukup sulit untuk menempelkannya kembali. Walaupun ini tidak terjadi di seluruh LED Strip yang kami gunakan, ada baiknya ketika memasang LED Strip kita menambahkan perekat lain yang memiliki daya rekat lebih baik, sehingga LED Strip tidak mudah lepas dari posisinya, yang tentunya akan mengganggu.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…