in: News | April 4, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Intel Perkenalkan Prosesor Cascade Lake

Jajaran prosesor baru Intel, yang dikenal dengan kode Cascade Lake, diperkenalkan beberapa waktu lalu. Bukan untuk PC, Cascade Lake didesain sebagai prosesor untuk platform data center, dengan fokus utama di bidang skalabilitas, yang memang dibutuhkan di data center modern. Tentu saja, jajaran prosesor yang hadir sebagai keluarga Xeon Scalable 2nd Gen. ini mengusung beberapa peningkatan dari generasi Xeon Scalable sebelumnya.

Peningkatan dari Generasi Sebelumnya

Intel menyebutkan bahwa peningkatan yang ditawarkan Xeon Scalable 2nd Gen. ini di antaranya adalah dukungan untuk Intel Optane DC Persistent Memory. Ini memungkinkan sistem menawarkan memori hingga 36 TB, kombinasi dari DRAM dengan Intel Optane DC Persistent Memory. Selain itu, ada juga dukungan untuk DDR4-2933, yang merupakan peningkatan dari DDR4-2666 yang didukung oleh pendahulunya.

Fitur Speed Select Technology juga dihadirkan untuk fleksibilitas konfigurasi infrastruktur, untuk mengakomodasi beban kerja yang berbeda. Speed Select Technology memungkinkan konfigurasi jumlah core dan clock speed berbeda untuk suatu prosesor, dengan hingga tiga opsi untuk setiap prosesor. Misalnya, prosesor bisa dikonfigurasi untuk mengaktifkan lebih banyak core di clock yang relatif rendah, atau lebih sedikit core di clock yang relatif tinggi. Kemampuan pengaturan tersebut tentu saja akan membawa keuntungan, terutama dari sisi efisiensi.

Hingga 56 Core

Cascade Lake ini masih diproduksi dengan fabrikasi 14 nm. Namun, Intel bisa menawarkan jumlah core lebih banyak untuk Xeon Scalable 2nd Gen. ini, hingga 56 core/112 thread. Ini merupakan peningkatan hingga 2x lipat, mengingat di generasi sebelumnya Intel hanya menawarkan prosesor Xeon Scalable hingga 28 core saja.

Xeon Scalable 2nd Gen. ini sendiri dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu Xeon Platinum 9200 Series, Xeon Platinum 8200 Series, Xeon Gold 6200 Series, Xeon Gold 5200 Series, Xeon Silver 4200 Series, serta Xeon Bronze 3200 Series. Berikut ini adalah perbedaan dari kelas-kelas prosesor itu:

Xeon Platinum Xeon Platinum Xeon Gold Xeon Gold Xeon Silver Xeon Bronze
9200 Series 8200 Series 6200 Series 5200 Series 4200 Series 3200 Series
# of Core 56 28 24 18 12 8
Max. Memory Channel 12 6 6 6 6 6

 

Kelas tertinggi di Xeon Scalable 2nd Gen. ini, Xeon Platinum 9200, ditujukan untuk high-performance computing, sistem untuk analisis, atau pendukung artificial intelligence, yang memang membutuhkan kemampuan proses sangat tinggi. Intel menyebutkan bahwa Xeon Platinum 9200 Series akan menawarkan rating FLOPS tertinggi untuk sistem dengan arsitektur dari Intel di dalamnya. Spesifikasi lengkap jajaran prosesor Xeon Scalable 2nd Gen. bisa dilihat di halaman berikut ini: 2nd Generation Intel Xeon Scalable Processors

Jajaran prosesor baru ini disebut Intel juga menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap lubang keamanan. Perlindungan terhadap lubang keamanan berbasis hardware disediakan Intel di Xeon Scalable 2nd Gen. ini. Hal tersebut diharapkan membantu melindungi penggunanya dari potensi masalah yang bisa disebabkan oleh Spectre atau Meltworn.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES