in: News | April 10, 2019 | by: Friska Suryawinata

Mozilla Uji Coba Fitur Blokir Crypto Mining di Firefox

Beberapa waktu lalu ketika crypto mining tengah marak, salah satu hal yang mungkin cukup membuat resah adalah fakta bahwa beberapa situs mulai diinjeksi script untuk crypto mining, di mana hal ini membuat para pengguna PC tidak sadar bahwa injeksi script tersebut membuat perangkat PC miliknya menjalankan mining tanpa persetujuan maupun ijin dari si pemilik PC.

Untuk menanggulangi hal tersebut, ada beberapa cara yang telah dilakukan baik oleh si pengguna maupun para pengembang browser internet. Mozilla Firefox adalah salah satu yang nantinya akan memberikan fitur blokir otomatis untuk script crypto mining tanpa ijin tersebut, dan tengah diuji coba lewat browser Nightly dan Beta miliknya.

Sebagai tambahan dari fitur blokir crypto mining tersebut, Mozilla juga memberikan fitur blokir script fingerprint, di mana script ini akan mengambil beragam screenshot dari konfigurasi komputer yang bisa disalahgunakan untuk tracking pemakaian internet, walau pengguna sudah membersihkan cookies sekalipun.

Fitur ini sendiri berdasarkan dari kolaborasi Mozilla bersama dengan Disconnect, di mana pihaknya mengumpulkan data domain yang menggunakan script crypto mining dan fingerprint tersebut. Saat ini, fitur ini baru tersedia untuk browser Firefox Nightly versi 68 dan Firefox Beta versi 67, tetapi tidak menutup kemungkinan akan hadir untuk browser Mozilla Firefox standar di kemudian hari.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES