in: Computex 2019 | May 31, 2019 | by: Gatot Tri Yuwono

Computex 2019: Gigabyte Aorus Pamerkan 6 Motherboard Untuk AMD Ryzen 3rd Gen

AMD sukses menjadi pusat perhatian pada gelaran Computex 2019 kali ini. Mereka akhirnya mengumumkan prosesor Desktop terbaru mereka, Ryzen 3rd Gen. Pengumuman ini memang sangat ditunggu oleh kalangan media IT ataupun pengguna PC dari seluruh dunia. Tentunya karena selain menawarkan performa komputasi lebih kencang, prosesor Desktop Ryzen 3rd Gen ini juga menawarkan harga jual tergolong miring dengan spesifikasi mewah. Terlebih prosesor Desktop Ryzen 3rd Gen ini juga telah mengadopsi arsitektur CPU terbaru “Zen 2” dengan proses fabrikasi lebih canggih 7 nm.

Pengumuman prosesor Desktop Ryzen 3rd Gen pun dibarengi mulai dipamerkannya motherboard pendukungnya di area pameran Computex 2019. Kami sendiri menjumpai nyaris semua produsen utama motherboard sudah siap dengan produk andalannya seperti Gigabyte Aorus. Produsen PC asal Taiwan ini setidaknya sudah memamerkan enam produk motherboard Chipset AMD X570 untuk prosesor Desktop Ryzen 3rd Gen.

Berbeda dengan pendahulunya dimana varian tertinggi menggunakan konfigurasi 8-Core, pada lini prosesor Desktop Ryzen 3rd Gen kini menawarkan konfigurasi hingga 12-Core. Dengan jumlah Core semasif itu, pasokan daya listrik dari motherboard harus mencukupi dan juga stabil. Pada motherboard Chipset AMD X570 mereka, Gigabyte Aorus mengimplementasikan desain sirkuit VRM terbaru – Direct Phase Power Design. Pada desain terbaru ini, tidak ada lagi komponen Phase Doubler. Biasanya, motherboard mengunakan komponen Phase Doubler untuk menciptakan 16-Phase Power Design dengan menggunakan 8-Phase PWM.

Direct Phase Power Design ini diklaim mampu menyediakan pasokan daya listrik sangat mencukupi untuk prosesor Desktop AMD Ryzen 3rd Gen. Setiap MOSFET mampu mengalirkan arus hingga 70 A untuk setiap Phase nya. Ini berarti di konfigurasi tertinggi yaitu 16-Phase, motherboard ini mampu mengalirkan arus hingga 1120 A.

Dibandingkan Parallel Phase Power Design yang menggunakan Phase Doubler, Direct Phase Power Design menawarkan efisiensi daya listrik hingga 4% lebih baik.

Peningkatan dari implementasi Direct Phase Power Design memang tidak terasa signifikan. Akan tetapi dari pengujian internal Gigabyte, desain terbaru itu membuat temperatur komponen bekerja dengan temperatur lebih rendah. Bahkan saat diukur tanpa menggunakan Heatsink, area sirkuit VRM memiliki temperatur kerja 16 °C lebih rendah. Tentunya dengan Aorus Total Thermal Solution temperatur dapat turun lebih jauh lagi hingga 36 °C lebih rendah dibandingkan motherboard dengan 8-Phase Parallel Design.

X570 Aorus Extreme – Kelas tertinggi motherboard X570 dari Gigabyte ini menggunakan konfigurasi 16-Phase Direct Phase Power Design. Permukaan PCB tampak diselubungi Thermal Reactive Armor yang memberikan pendinginan maksimal ke seluruh komponen. Motherboard ini dilengkapi tiga slot PCIe 4.0 x16 yang bekerja pada kecepatan x16, x8, dan x4. Terdapat pula tiga slot M.2 PCIe 4.0/3.0 x4 dengan Heatsink pendingin di atasnya.

X570 Aorus Master – Motherboard ini menghadirkan desain sirkuit VRM lebih ringan dengan 14-Phase Direct Phase Power Design. Fitur Thermal Reactive Armor tidak dijumpai pada versi ini tetapi motherboard tetap dilengkapi pendingin mumpuni untuk komponen vital seperti VRM, Chipset, dan SSD M.2. Motherboard ini tetap menghadirkan tiga slot PCIe 4.0 x16 yang bekerja pada kecepatan x16, x8, dan x4 serta tiga slot M.2 PCIe 4.0/3.0 x4.

X570 Aorus Ultra – Tipe ini tampak mirip dengan dengan X570 Aorus Master. Ia tetap menggunakan 14-Phase Direct Phase Power Design dengan tiga slot PCIe 4.0 x16 (Run @x16 | x8 | x4) dan juga tiga slot M.2 PCIe 4.0 x4. Hanya saja komponen tertentu yang tidak terlampau penting menghilang disini seperti Debug LED dan sejumlah Onboard Switch.


X570 Aorus Pro – Berbeda dengan tiga varian di atas, tipe ini menggunakan Heatsink Chipset dengan komponen kipas yang terlihat. Tiga varian sebelumnya tetap menggunakan kipas tetapi tidak tampak dari luar. Motherboard ini menggunakan 14-Phase Direct Phase Power Design. Tipe slot ekspansi PCIe tetap sama seperti varian-varian di atas tetapi jumlah slot M.2 PCIe 4.0 x4 tampak dikurangi menjadi dua buah.

X570 Aorus Elite – Tipe yang satu ini tampak merupakan versi lebih ekonomis dari X570 Aorus Pro. X570 Aorus Elite juga menggunakan 14-Phase Direct Phase Power Design. Hanya tersedia satu slot PCIe 4.0 x16 yang bekerja di kecepatan x16. Slot PCIe 4.0 x16 kedua hanya memiliki kecepatan x4. Jumlah slot M.2 PCIe 4.0 x4 tetap tersedia dua buah hanya saja hanya ada satu Heatsink untuk SSD M.2. Logam penguat slot Memory dan slot PCIe juga absen pada versi ini.

X570 I Aorus Pro WIFI – Untuk Anda yang ingin membangun PC Desktop mungil dengan menggunakan prosesor AMD 3rd Ryzen motherboard ini adalah jawabannya. Hadir dalam Form Factor Mini-ITX, motherboard ini tampak padat dengan komponen. Tampak motherboard ini menggunakan Heatsink Chipset yang tergolong lumayan tebal/tinggi. Tidak seperti varian dengan Form Factor ATX, keterbatasan area PCB membuat motherboard ini menggunakan 8-Phase Direct Phase Power Design. Untuk slot ekspansi tersedia satu slot PCIe 4.0 x16 yang bekerja di kecepatan penuh. Tentu saja slot M.2 PCIe 4.0 x4 tetap disediakan pada motherboard mungil ini. Slot Memory dan PCIe juga tampak dilengkapi logam penguat sehingga tetap kokoh selama penggunaan terlebih jika menggunakan kartu grafis dengan ukuran bongsor.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES