in: News | May 28, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Computex 2019: Intel Perkenalkan Core 10th Gen

Awal tahun ini, Intel menyebutkan 3 keluarga prosesor mereka yang akan hadir dengan fabrikasi 10 nm. Salah satunya adalah Ice Lake. Kini, di Computex 2019, kurang lebih 5 bulan setelah pengumuman awal tahun ini, Intel akhirnya resmi memperkenalkan jajaran prosesor Ice Lake!

Pertama di Dua Bidang

Prosesor Ice Lake ini menggunakan fabrikasi 10 nm. Namun, sebenarnya Ice Lake bukan prosesor 10 nm pertama Intel untuk segmen consumer. Sebelumnya, Intel telah memiliki Core i3-8121U, prosesor 10 nm consumer mereka.

Intel memamerkan wafer chip Ice Lake.

Walaupun begitu, Ice Lake tetap jadi yang pertama untuk beberapa hal. Prosesor ini merupakan yang pertama yang mengusung arsitektur core “Sunny Cove”. Selain itu, ada juga graphics engine Gen 11, pertama kali digunakan Intel di prosesor mereka. Kedua hal tersebut tentu saja membuat Ice Lake menarik untuk ditunggu.

Gen 11: Iris Plus di Ice Lake

Graphics Engine Gen 11 dari Intel akhirnya hadir dalam wujud Iris Plus di Ice Lake. IGP baru ini menawarkan performa hingga 2x lipat dari pendahulunya, Whiskey Lake U, di beban tertentu, termasuk di game. Iris Plus ini disebut bisa beroperasi dengan graphics frequency hingga 1.1 GHz

Iris Plus ini juga disebut mampu membawa content creation profesional ke perangkat dengan ukuran ringkas. Pengolah grafis ini menawarkan kapabilitas 2 kali lipat untuk HEVC encode. Selain itu, dukungan untuk 4K HDR juga tersedia.

Akselerasi AI dan Konektivitas Terkini

Ice Lake disebut Intel dibangun dengan salah satu fokusnya adalah high-performance AI di PC, lebih spesifik, di laptop. Prosesor baru ini hadir dengan DL Boost, Gaussian Network Accelerator, serta akselerasi berbasis vector compute dari pengolah grafis terintegrasi. Di laptop atau 2-in-1 berbasis prosesor baru ini, berbagai aktivitas bisa diproses lebih cepat dengan bantuan AI, hingga 2.5x lipat yang ditawarkan pendahulunya.

Sementara untuk konektivitas, Ice Lake hadir dengan WiFi 6 terintegrasi. Hal ini membuat perangkat dengan prosesor Ice Lake punya kemampuan gigabit class wireless. Ada juga dukungan Thunderbolt 3 terintegrasi di Core 10th Gen ini.

Core i3/i5/i7 10th Gen

Ice Lake ini akan hadir pertama kali di laptop dan 2-in-1, dalam wujud prosesor Core i3, i5, dan i7, 10th Generation. Keluarga prosesor baru ini akan mengusung hingga 4 core & 8 thread, dengan clock hingga 4.1 GHz untuk Max. Turbo Frequency. Varian awal dari Ice Lake ini akan menggantikan posisi prosesor Whiskey Lake.

Produk yang segera datang dengan Ice Lake.

Terdapat 11 varian prosesor Ice Lake di awal debutnya ini, terbagi menjadi Ice Lake U dan Ice Lake Y. Informasi lengkap mengenai spesifikasi dari masing-masing prosesor akan kami update ketika informasi sudah mulai dibagikan Intel.

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES