in: News | May 8, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Cray dan AMD Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Cray, perusahaan supercomputer asal Amerika, baru saja mengumumkan kerja sama dengan AMD untuk membangun komputer tercepat di dunia. Informasi tersebut diumumkan oleh US Dept. of Energy awal minggu ini. Rencananya, komputer ini akan mulai dioperasikan pada tahun 2021 mendatang.

Komputer yang rencananya akan diberi nama “Frontier” ini diprediksi akan mampu melakukan komputasi hingga 1.5 exaflops, di atas potensi kemampuan Aurora, supercomputer berbasis teknologi dari Intel yang memiliki kemampuan komputasi hingga 1 exaflops. Jika dibandingkan dengan Summit, supercomputer tercepat saat ini, yang memiliki performa hingga 200 petaflops, Frontier memiliki performa hingga tujuh kali lipat.

AMD menjelaskan bahwa Frontier akan menggunakan arsitektur supercomputer Shasta dari Cray dengan Radeon Instinct yang telah dioptimalkan untuk AI. Supercomputer ini juga akan menggunakan CPU EPYC, juga dari AMD. Supercomputer ini menggunakan perbandingan 4:1 untuk jumlah GPU ke CPU-nya, dengan Infinity Fabric berkecepatan tinggi, memori HBM, dan ROCm untuk hardware dari AMD.

Kontrak ini bernilai hingga USD 600 juta dari perkembangan sistem dan teknologinya. Hingga saat ini belum diketahui berapa banyak CPU dan GPU yang akan digunakan pada Frontier. Frontier kedepannya akan digunakan untuk prakiraan cuaca, kemajuan riset medis, dan berbagai simulasi yang membutuhkan komputasi tingkat tinggi, seperti supercomputer pada umumnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES